Curug Cilember, Menyusuri 7 Air Terjun Terindah

Curug Cilember memiliki daya tarik yang tinggi di mata para wisatawan karena tidak hanya menampilkan keindahan air terjun, tetapi memiliki kawasan wisata alam yang indah dan dilengkapi dengan berbagai objek wisata yang unik.

Curug Cilember diresmikan pada tahun 2000 dan sampai saat ini termasuk salah satu tempat wisata air terjun terpopuler di Bogor. Curug ini sangat digandrungi oleh para wisatawan, terutama anak-anak muda.

Tempat wisata ini sangat terkenal dengan 7 air terjunnya yang selalu menarik perhatian masyarakat dari berbagai daerah, khususnya Jakarta, Bandung, dan lain sebagainya. Mari simak ulasan air terjun Cilember selengkapnya, mulai dari harga tiket masuk hingga objek wisata yang menarik.

Gunakan aplikasi Sweetrip Indonesia untuk membaca resep lebih mudah
Unduh

Lokasi

Tempat wisata air terjun ini terletak di Desa Cilember, Jl. Raya Puncak KM 15, Cisarua, Megamendung, Bogor. Curug Cilember memang tidak terlalu jauh dari pusat kota sehingga rute aksesnya cukup mudah. Curug Cilember berada pada area seluas 7 hektar yang didominasi dengan kawasan hutan pinus merkusi.

Baca Juga :  Tempat Wisata di Jawa Barat yang Paling Recommended untuk Liburan

Jam Operasional

Jam operasional bagi para wisatawan dan pengunjung dimulai dari pukul 06.00 sampai 17.00 WIB. Namun, jam operasional ini beberapa kali mengalami perubahan sejak pandemi Covid-19. Bahkan, tempat wisata ini ditutup untuk sementara waktu dalam rangka mengikuti aturan pemerintah berupa PPKM.

Harga Tiket Masuk

Harga tiket untuk wisatawan lokal dan wisatawan asing berbeda. Wisatawan lokal dikenakan tarif sebesar Rp25.000, sedangkan wisatawan mancanegara harus membayar tiket Rp75.000.

Beberapa fasilitas dan wahana wisata lain juga memiliki tarif yang terpisah dengan harga tiket yang telah disebutkan. Tempat wisata ini memang memiliki pengelolaan dan pengembangan yang baik. Oleh karena itu, tarif tiketnya terkesan lebih mahal daripada tempat wisata air terjun lainnya.

Aktivitas dan Objek Wisata

Gambar diambil dari instagram.com/bogorkeun/

Keunggulan dan keunikan utama Curug Cilember adalah keberadaan 7 air terjun yang tersebar di beberapa tempat. Curahan air terjun yang tertinggi mencapai 40 meter.

Jarak antara 1 air terjun dengan air terjun lainnya sekitar 200 sampai 800 meter. Curug yang paling ramai dikunjungi adalah curug ketujuh karena berdekatan dengan pintu masuk utama.

Berikut ini adalah aneka rekomendasi dan objek wisata yang bisa dieksplorasi saat Sweet Couple berkunjung ke tempat wisata di Puncak, Bogor ini.

Baca Juga :  Pantai Sambolo, Destinasi Wisata Pantai di Anyer

1. Menyusuri Tujuh Curug dengan Hiking Ringan

Curug yang pertama kali ditemukan oleh para pengunjung ketika masuk ke kawasan wisata ini adalah curug ketujuh. Anda mulai melewati tanjakan dan bebatuan saat menuju curug kelima.

Kemudian kondisi jalan cukup terjal saat menuju curug 3, 2, dan 1. Biasanya para wisatawan mengunjungi sampai ke curug 2 karena rute menuju curug 1 cukup sulit.

Situasi perjalanan dalam menelusuri tujuh curug ini tidak berbeda jauh ketika Anda mendaki gunung ringan. Oleh karena itu, tempat wisata di Bogor ini sangat cocok bagi Anda yang memiliki jiwa petualang.

2. Berenang dan Bermain Air di Kolam Bawah Air Terjun

Beberapa di antara 7 curug ini memiliki kolam di bawah aliran airnya. Area kolam tersebut dapat digunakan oleh wisatawan untuk berenang dan bermain air.

Salah satu tujuan para pengunjung berlibur ke curug adalah mencari ketenangan melalui segarnya air terjun. Oleh karena itu, berenang di kolam air terjun merupakan kegiatan utama yang tidak terlewatkan oleh kebanyakan pengunjung.

3. Berpose di Spot Foto yang Estetik

Ingin menghasilkan berbagai foto terbaik dengan konsep alam terbuka yang asri dan sejuk? Selain berpose dengan latar air terjun, Sweet Couple juga bisa mengambil potret di tengah pepohonan pinus yang tertata rapi.

Baca Juga :  Pantai Soge, Pesona Pantai di Jalur Lintas Selatan

Tingginya berbagai jenis pepohonan membuat suasana semakin teduh. Bagi wisatawan yang berasal dari perkotaan, mereka akan merasakan langkanya udara yang sejuk dan bebas dari polusi selama berada di kawasan wisata Cilember.

4. Mengeksplorasi Keindahan Taman Kupu-Kupu

Kawasan Curug Cilember tidak hanya mempesona dari ketujuh air terjunnya saja. Saat berlibur ke tempat ini, Anda akan menemukan penangkaran kupu-kupu.

Butterfly Park di Curug Cilember tidak hanya menyajikan panorama satwa yang indah, tetapi sebagai sarana edukasi kepada wisatawan dalam menyaksikan sekitar 12 spesies kupu-kupu. Area ini terdiri dari kubah jaring raksaksa yang menyerupai green house.

5. Berkemah di Kawasan Curug

Selain menikmati kesegaran air terjun dan keindahan Butterfly Park, Sweet Couple harus mencoba sensasi keseruan berkemah di camping ground yang tersedia. Ada 3 camping ground yang tersedia di kawasan Curug Cilember, yaitu  Camp Lembah Pakis, Camp Curug 7, dan Camp Curug 5.

Itulah ulasan lengkap mengenai keunikan dan pesona Curug Cilember, mulai dari keindahan air terjun hingga objek wisata lainnya yang jarang dimiliki oleh tempat wisata lainnya. Selamat berlibur!

Ingin membaca artikel kami yang lainnya? Download aplikasi Sweetrip Indonesia dengan klik di sini

Artikel disadur dari travelspromo.com