12 Destinasi Traveling Aman untuk Perempuan di Indonesia

Indonesia sudah lama dikenal sebagai salah satu destinasi wisata untuk traveling yang terkenal di dunia. Oleh karena itu, tak heran jika banyak wisatawan dari berbagai penjuru dunia yang memutuskan untuk traveling ke Indonesia termasuk para perempuan. Di balik beberapa kasus kejahatan dan kriminal yang kerap kali menimpa sejumlah perempuan saat traveling di Indonesia, nyatanya masih ada kok destinasi traveling yang aman untuk perempuan di Indonesia. Kira-kira di mana saja ya destinasi traveling aman untuk perempuan yang ada di Indonesia? Yuk simak ulasannya berikut ini!

Solo

Destinasi traveling di Indonesia yang aman untuk perempuan pertama adalah Solo. Kota terbesar kedua di Provinsi Jawa Tengah ini memang gak diragukan lagi keamanannya. Suasana kota yang rileks, santai, dengan trotoar pejalan kaki yang memadai, ditambah keramahan masyarakat Solo membuat siapapun merasa aman dan nyaman selama traveling di Solo, termasuk para perempuan.

Solo juga dikenal sebagai destinasi traveling yang patut untuk dikunjungi karena kekentalan budaya dan tradisi Jawa, seperti adanya Kraton Kasunanan, Puro Mangkunegaran, dan sejumlah kampung wisata Batik di Solo. Kulinernya pun juga lezat, beragam, dan terjangkau banget. Gak salah kalau Solo menjadi destinasi traveling aman untuk perempuan di Indonesia.

Jogja

Destinasi traveling di Indonesia yang aman untuk perempuan selanjutnya adalah Jogja alias Yogyakarta. Siapapun pasti setuju bahwa Jogja merupakan destinasi traveling yang aman di Indonesia, termasuk para perempuan. Penduduknya yang ramah, masyarakat yang sudah sadar wisata, pilihan destinasi wisata yang lengkap, dan biaya hidup yang ramah di kantong membuat siapapun betah berlama-lama di Jogja.

Budaya Jawa yang masih kental di Jogja karena adanya pengaruh kraton membuat masyarakat Jogja menjunjung tinggi unggah-ungguh, tepa selira, dan keramahtamahan sehingga membuat Jogja unggul sebagai destinasi traveling yang aman terutama untuk para perempuan. Gak usah ragu untuk ke sini ya!

Semarang

Masih berada di Jawa Tengah dan sekitarnya, Semarang juga termasuk sebagai salah destinasi wisata yang aman untuk perempuan. Walau berada di tepi laut Jawa dan memiliki suhu panas, tetapi Semarang ternyata unggul sebagai destinasi yang aman dan termasuk dalam kota layak huni di Indonesia.

Baca Juga :  10 Ide Outfit Traveling untuk Perempuan

Semarang juga dikenal sebagai kota dengan tingkat toleransi yang tinggi dengan keharmonisan masyarakatnya yang majemuk dan saling menghormati. Selain itu, fasilitas transportasi umum Bus Trans Semarang dan Trans Jateng yang ada di Semarang juga termasuk layak dan aman. Jadi gak khawatir kan buat traveling ke Semarang?

Malang

Masih di pulau Jawa, destinasi traveling di Indonesia yang aman untuk perempuan lainnya adalah Malang. Sebagai salah satu kota pelajar di Indonesia, Malang tentunya banyak mengakomodir kebutuhan para pelajar seperti sekolah dan perguruan tinggi berkualitas. Tak hanya itu, biaya hidup di Malang termasuk sangat murah di Indonesia karena statusnya sebagai kota pelajar tersebut. Dengan banyaknya pelajar di Malang, tentunya kalian yakin dengan keamanan kota Malang. Bagaimana orang-orang tidak senang belajar di Malang jika kotanya tidak aman?

Banyuwangi

Satu lagi destinasi traveling di Indonesia yang aman untuk perempuan, Banyuwangi, Jawa Timur. Lokasinya yang berada di ujung timur Jawa tak membuatnya dikucilkan. Justru Banyuwangi banyak bersolek dan membangun fasilitas serta infrastruktur guna menunjang kebutuhan wisata di Banyuwangi. Tak hanya itu, Banyuwangi juga dikenal sebagai wilayah yang padat dengan agenda kegiatan dan festival di sepanjang tahun di Indonesia sehingga kalian tak akan pernah bosan saat berada di Banyuwangi.

Posisi Banyuwangi yang bertetangga dengan Bali juga mampu membuat Banyuwangi kecipratan rejeki kedatangan traveler dari dan menuju Bali. Oleh karena itu ga usah heran kalau banyak wisatawan mancanegara di Banyuwangi karena mereka terpukau dengan keindahan Banyuwangi dan merasa aman saat di Banyuwangi.

Bali

Destinasi traveling yang aman untuk perempuan di Indonesia selanjutnya adalah Bali. Bali memang dikenal sebagai destinasi wisata yang aman, walau dulu sempat diguncang oleh aksi terorisme mengerikan yang tak bertanggung jawab. Namun jangan khawatir karena Bali sudah jauh lebih aman dan nyaman untuk dikunjungi sekarang.

Siapapun yang datang ke Bali pasti terpukau dengan ramahnya masyarakat Bali, penduduk yang sudah siap dan sadar wisata, infrastruktur wisata yang sudah sangat menunjang, ditambah pula dengan kekayaan alam dan budaya Bali yang luar biasa indah. Tak heran jika banyak traveler betah berlama-lama di Bali, termasuk para traveler perempuan. Apalagi di sini traveler perempuan boleh bebas dalam berpakaian dan tak perlu takut dianggap aneh. Toleransi tinggi dari penduduk Bali lah yang membuat Bali aman untuk dikunjungi.

Baca Juga :  Tips Traveling Aman untuk Perempuan

Lombok

Lombok juga termasuk dalam salah satu destinasi traveling aman untuk perempuan. Sebagai destinasi wisata, Lombok meraih penghargaan sebagai salah satu world’s best halal tourism destination atau destinasi wisata halal terbaik di dunia. Wah, sudah tidak diragukan lagi kan keamanan selama traveling di Lombok?

Tak hanya layak sebagai destinasi wisata halal, tetapi Lombok juga cocok buat para traveler wanita pecinta pantai dan laut karena Lombok menawarkan banyak sekali destinasi wisata pantai dan laut yang sangat cantik untuk dikunjungi. Kapan lagi bisa santai sunbathing di pantai dengan rasa nyaman dan aman kalau bukan di Lombok?

Manado

Destinasi traveling aman di Indonesia lainnya untuk para perempuan adalah Manado. Kota di Sulawesi Utara ini tak hanya terkenal dengan pemandangannya dan perempuannya yang cantik, tetapi juga terkenal sebagai destinasi wisata yang aman untuk dikunjungi. Masyarakat Manado terkenal sangat toleran, bahkan tak jarang Manado dijuluki sebagai kota paling toleran dan kota toleransi di Indonesia. Penduduknya hidup berdampingan dengan harmonis walau berbeda latar belakang suku dan agama.

Sangat jarang ada konflik berbau SARA di sini karena Manado dan Sulawesi Utara mempunyai motto “Torang Samua Basudara” atau “Kita Semua Bersaudara” dan benar-benar diterapkan dalam kehidupan nyata. Tak salah jika Manado layak disebut sebagai destinasi traveling aman untuk perempuan dan juga siapapun di Indonesia.

Palembang

Kota di Sumatera Selatan ini juga termasuk dalam destinasi traveling aman untuk perempuan di Indonesia. Ya, Palembang, kota yang terkenal dengan hidangan kuliner lezat seperti Pempek, Tekwan, dan Mie Celor ini termasuk salah satu kota paling nyaman dan layak huni berdasarkan Kementerian Agraria dan Tata Ruang RI loh! Transportasi umum yang ada di Palembang pun termasuk memadai seperti bus kota dan LRT. Tak salah memang jika Palembang ini aman untuk traveling, termasuk untuk para perempuan.

Baca Juga :  Tempat Wisata di Indonesia yang Menyediakan Wisata Virtual selama Virus Corona

Belitung

Tak terlalu jauh dari Palembang, destinasi ini juga termasuk destinasi traveling yang aman dikunjungi oleh perempuan di Indonesia. Belitung, yang terkenal dengan pantai-pantai dengan bebatuan eksotis raksasa ini belum terlalu touristy sehingga masih sangat nyaman untuk keliling traveling di sini. Selain itu, masyarakatnya juga termasuk ramah dan sigap membantu.

Buat para traveler, terutama perempuan, pantai-pantainya termasuk nyaman dan aman untuk dikunjungi karena karakteristik pantainya yang cenderung dangkal dan tidak berombak besar. Cocok banget kan kalo Belitung tergolong aman sebagai destinasi traveling di Indonesia?

Banjarmasin

Banjarmasin yang dikenal sebagai kota seribu sungai ini ternyata juga menjadi salah satu destinasi traveling yang aman untuk perempuan di Indonesia loh! Banjarmasin, Kalimantan Selatan ini dinilai sebagai kota dengan aspek keamanan terbaik di seluruh Indonesia sehingga sudah pasti tingkat keamanan kota ini sangat tinggi dan berkualitas. Selain itu, di Banjarmasin kalian juga bisa menemukan keramahtamahan penduduk setempat terutama saat mengunjungi pasar terapung yang menjadi ciri khas Banjarmasin.

Balikpapan

Balikpapan juga termasuk dalam destinasi traveling yang aman untuk perempuan di Indonesia. Nama Balikpapan semakin mencuat saat adanya rencana pemindahan ibukota baru Indonesia ke wilayah dekat kota Balikpapan, Kalimantan Timur. Tentunya dengan adanya rencana pemindahan ibu kota pemerintahan Indonesia dari Jakarta ke Balikpapan menandakan bahwa Balikpapan adalah tempat yang aman karena tak mungkin lokasi tersebut dipilih untuk ibukota negara jika tidak aman. Tak hanya itu, Balikpapan juga termasuk kota yang dikenal akan kebersihannya loh. Yakin nih gak mau traveling di Balikpapan?

Itulah rekomendasi destinasi traveling yang aman untuk perempuan di Indonesia. Rasa aman memang hak milik siapa saja, termasuk para perempuan. Semoga akan ada lebih banyak lagi destinasi di Indonesia yang aman untuk para traveler perempuan ya!

Leave a Reply