Destinasi Wisata Dunia yang Terdampak Virus Corona

Virus Corona merupakan sejenis virus yang sejenis dengan virus infeksi saluran pernafasan (SARS, influenza, dll). Virus Corona menyebabkan terjadinya penyakit pernafasan Co-Vid 19 dengan gejala seperti demam, batuk, pilek, sakit tenggorokan, hingga sesak nafas akut yang bisa berujung pada kematian.

Awalnya, Virus Corona ini diduga berasal dari Wuhan, Cina dan saat ini sudah menyebar ke lebih dari 100 negara di dunia di berbagai benua. Asia, Eropa, Amerika, Afrika, hingga Australia semuanya merupakan wilayah yang telah terjangkit oleh Virus Corona. Tak heran jika World Health Organization (WHO) telah menetapkan kasus Virus Corona ini sebagai pandemi karena penyebarannya telah meluas ke berbagai belahan dunia.

Akibatnya, sejumlah negara di dunia melakukan lockdown dan penutupan tempat-tempat dengan potensi keramaian, salah satunya tempat wisata. Banyak tempat dan destinasi wisata yang tutup guna mencegah penyebaran virus Corona. Berikut ini adalah destinasi wisata di dunia yang terdampak oleh virus Corona. Simak ulasannya berikut ini.

Merlion Singapura

Destinasi wisata dunia yang terdampak oleh virus Corona adalah Merlion Singapura. Destinasi wisata yang terletak di negara tetangga Indonesia ini terdampak oleh virus Corona. Singapura tidak melakukan kebijakan lockdown, tetapi Singapura membatasi keluar-masuk orang dari dan menuju Singapura. Hal ini menyebabkan turunnya kunjungan wisatawan ke Singapura. Singapura yang biasanya ramai sebagai destinasi wisata dunia menjadi sepi. Apalagi Singapura juga menjadi salah satu negara di dunia yang telah terjangkit oleh virus Corona.

Petronas Twin Tower Kuala Lumpur Malaysia

Destinasi wisata dunia yang terdampak oleh virus Corona berikutnya adalah Petronas Twin Tower di Kuala Lumpur, Malaysia. Menara yang pernah dinobatkan sebagai gedung tertinggi di dunia ini juga terdampak oleh adanya virus Corona di Malaysia. Apalagi Malaysia juga menerapkan kebijakan lockdown akibat virus Corona sehingga otomatis orang-orang hampir semuanya beraktivitas di rumah dan tidak ada orang dari luar Malaysia yang melakukan kunjungan wisata ke Malaysia.

Grand Palace Bangkok Thailand

Destinasi wisata dunia lainnya yang juga terdampak oleh virus Corona adalah Grand Palace Bangkok, Thailand. Bangkok, Thailand yang biasanya ramai dipadati wisatawan dari berbagai negara di dunia karena keindahan kotanya menjadi sepi semenjak adanya virus Corona. Thailand tidak menerapkan lockdown, tetapi karena kasus virus Corona di Thailand cukup tinggi membuat banyak orang yang memutuskan untuk membatalkan kunjungan wisatanya ke Thailand, termasuk Bangkok.

Baca Juga :  Lagu Terakhir Didi Kempot “Ojo Mudik”, Pesan Didi Kempot agar Tidak Mudik di Tengah Virus Corona

Angkor Wat Siem Rap Kamboja

Destinasi wisata dunia yang juga turut terdampak oleh virus Corona adalah Angkor Wat di Siem Reap, Kamboja. Destinasi wisata kelas dunia yang juga menjadi salah satu UNESCO World Heritage Site ini juga tidak terlalu ramai dikunjungi oleh wisatawan. Padahal biasanya banyak yang berkunjung ke destinasi wisata ini untuk menyaksikan keindahan mahakarya candi peninggalan Kerajaan Angkor masa lalu. Kamboja tidak memiliki terlalu banyak kasus virus Corona. Walau demikian, wisatawan juga banyak yang lebih waspada dengan tidak bepergian ke tempat-tempat wisata.

Forbidden City Beijing Cina

Forbidden City di Beijing Cina juga menjadi salah satu destinasi wisata dunia yang terdampak oleh virus Corona. Forbidden City Beijing yang biasanya ramai oleh wisatawan menjadi sepi, bahkan diberi pagar pembatas agar orang-orang tidak masuk ke dalamnya. Sebagai negara yang menjadi negara pertama dengan kasus Virus Corona dengan jumlah kasus yang banyak, tentunya membuat destinasi-destinasi wisata kelas dunia yang ada di Cina terdampak. Terlebih lagi Cina juga memberlakukan lockdown sehingga otomatis tidak ada yang bisa keluar masuk Cina dengan leluasa.

Sydney Opera House Australia

Sydney Opera House Sydney di Australia juga menjadi salah satu destinasi wisata dunia yang terdampak oleh virus Corona. Destinasi wisata yang terkenal di dunia ini juga cukup sepi oleh kunjungan turis yang biasanya banyak berfoto-foto dan duduk di depannya. Sejumlah pertunjukan opera/seni

Disneyland

Destinasi wisata di dunia yang juga terkena dampak virus Corona adalah Disneyland. Siapa sih yang tidak tahu Disneyland? Taman bermain paling terkenal di seantero dunia ini memang sudah lama menjadi salah satu destinasi wisata favorit di dunia, terutama untuk mereka penggemar Disney dan anak-anak.

Namun, karena adanya virus Corona maka memaksa Disneyland untuk menutup taman bermain, hotel, resort, restoran, dan atraksi wisata lainnya. Mulai dari Disneyland Park, Disney California Adventure, Disney Cruise Line, Disney World Florida, Disneyland Paris, Disneyland Shanghai, Disneyland Hong Kong, Tokyo Disneyland dan Tokyo Disney Sea, semua tutup karena terdampak virus Corona. Akibatnya suasana menjadi sepi, padahal biasanya destinasi wisata ini selalu ramai dipadati wisatawan.

Baca Juga :  10 Rekomendasi Aktivitas Honeymoon Di Rumah Selama Wabah Virus Corona

Taj Mahal India

Destinasi wisata dunia lainnya yang juga terdampak oleh virus Corona adalah Taj Mahal India. India yang baru beberapa hari lalu menerapkan kebijakan lockdown di negaranya karena virus Corona, otomatis juga menutup sejumlah tempat wisata kelas dunia yang ada di India, salah satunya Taj Mahal India.

Salah satu bangunan terindah dan termegah di dunia ini menjadi sepi oleh wisatawan selama masa lockdown karena virus Corona di India. Taj Mahal yang biasanya ramai kini menjadi lebih tenang dan sepi. Semoga tidak berlangsung lama ya.

Venice Canal Italia

Destinasi wisata dunia lainnya yang juga terdampak oleh virus Corona adalah Venice Canal di Italia. Sebagai negara dengan kasus virus Corona terparah dan tertinggi di dunia, Italia menerapkan kebijakan lockdown di negaranya.

Kebijakan lockdown ini otomatis juga menutup sejumlah tempat wisata kelas dunia yang ada di Italia, salah satunya Venice Canal. Kota yang menjadi UNESCO World Heritage Site ini menjadi sepi oleh wisatawan selama masa lockdown karena virus Corona di Italia.

Venice Canal yang biasanya ramai oleh perahu dan sampan gondola kini menjadi lebih tenang dan sepi. Tak hanya itu, tingkat polusi air di Venice Canal juga berkurang sehingga membuat sejumlah hewan mulai berdatangan dan muncul di Venice Canal Italia ini.

Piazza Duromo Milan Italia

Destinasi wisata dunia lainnya yang juga terdampak oleh virus Corona adalah Piazza Duromo Milan Italia. Sebagai negara dengan kasus virus Corona terparah dan tertinggi di dunia, Italia menerapkan kebijakan lockdown di negaranya.

Kebijakan lockdown ini otomatis juga menutup sejumlah tempat wisata kelas dunia yang ada di Italia, salah satunya Piazza Duromo. Apalagi Milan dan wilayah Italia Utara merupakan salah satu wilayah di Italia yang terdampak paling parah dari kasus Virus Corona.

Piazza Duromo Milan yang biasanya ramai oleh lalu lalang pejalan kaki, wisatawan, dan orang yang berfoto serta burung-burung kini menjadi lebih tenang dan sepi. Sungguh suatu hal yang langka di Milan Italia ini.

Baca Juga :  Lagu Barat tentang Rindu buat Kalian yang LDR karena Wabah Virus Corona

Eiffel Tower Paris Perancis

Destinasi wisata dunia lainnya yang juga terdampak oleh virus Corona adalah Eiffel Tower atau Menara Eiffel di Paris, Perancis. Perancis juga menjadi salah satu negara di dunia yang telah menerapkan kebijakan lockdown di negaranya karena adanya kasus virus Corona yang cukup tinggi.

Kebijakan lockdown ini otomatis juga menutup sejumlah tempat wisata kelas dunia yang ada di Perancis, salah satunya Menara Eiffel. Menara Eiffel yang digadang-gadang menjadi salah satu destinasi wisata paling romantis di dunia ini menjadi sepi dan tidak seramai biasanya.

Menara Eiffel yang biasanya ramai oleh wisatawan dan orang yang berfoto serta yang hanya sekadar menikmati keindahannya kini menjadi lebih tenang dan sepi. Semoga bisa kembali seperti semula ya.

Candi Borobudur Magelang Indonesia

Indonesia juga tak luput dari dampak virus Corona. Destinasi wisata dunia di Indonesia yang juga turut terdampak oleh virus Corona adalah Candi Borobudr di Magelang, Jawa Tengah, Indonesia. Destinasi wisata kelas dunia yang juga menjadi salah satu UNESCO World Heritage Site dan pernah masuk dalam 7 keajaiban dunia ini sudah tidak ramai dikunjungi wisatawan.

Padahal biasanya banyak yang berkunjung ke destinasi wisata ini untuk menyaksikan keindahan mahakarya candi peninggalan Kerajaan Mataram Kuno, terutama untuk mereka pemburu Borobudur Sunrise. Namun, karena adanya virus Corona membuat pihak pengelola untuk membatasi kunjungan wisatawan bahkan menutup destinasi wisata ini untuk sementara waktu.

Itulah sejumlah destinasi wisata di dunia yang terdampak oleh virus Corona. Sebenarnya masih ada banyak lagi destinasi wisata di dunia yang sepi bahkan tutup karena terdampak oleh virus Corona.

Memang masa-masa ini cukup sulit bagi mereka yang berjibaku dengan dunia pariwisata, tetapi itu semua perlu dilakukan demi mencegah semakin meluasnya pandemi virus Corona. Dengan penutupan destinasi wisata ini, diharapkan bisa mengurangi keramaian orang-orang dan tempat wisata tersebut juga bisa menjalani sejumlah perawatan. Semoga hal ini tidak berlangsung lama dan kita semua bisa kembali jalan-jalan ke destinasi wisata lainnya ya!

Leave a Reply