Inilah 5 Fakta Sirkuit Mandalika Lombok

Sweet Couple berencana ke Lombok? Jangan lupa kunjungi kawasan Mandalika Lombok ya. Berlokasi di kawasan Pantai Kuta, Kabupaten Lombok Tengah, Pulau Lombok, Provinsi Nusa Tenggara Barat, tempat ini tengah bersolek apalagi dengan kehadiran Sirkuit Mandalika Lombok yang berkelas internasional.

Semenjak menjadi salah satu destinasi wisata superprioritas dan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, tempat ini menjadi semakin naik daun. Bukan hanya karena keindahan wisata alam dan wisata pantai yang luar biasa, kawasan ini juga akan makin dikenal di kancah internasional dengan akan diadakannya perhelatan balap motor bergengsi Moto GP pada Maret 2022.

Pastinya Sweet Couple jadi makin tertarik dong untuk mengunjungi kawasan Mandalika terutama sirkuit Mandalika. Apalagi bagi pecinta motor dan Moto GP, rasanya ingin sekali bisa bertandang ke sini. Benar-benar dreams come true bila bisa ke sini dan menonton Moto GP.

Gunakan aplikasi Sweetrip Indonesia untuk membaca resep lebih mudah
Unduh

Artikel Terkait:

Sebelum ke sini, simak dulu yuk 5 fakta Sirkuit Mandalika Lombok berikut ini biar makin kenal lebih dalam dengan kawasan ini.

Fakta Sirkuit Mandalika 1: Berasal dari Nama Seorang Putri

Tahukah Sweet Couple bahwa nama Mandalika ternyata berasal dari nama seorang putri? Ya, nama Mandalika merupakan nama putri kerajaan setempat. Menurut legenda, kecantikannya tersohor ke seantero negeri hingga banyak lelaki yang datang meminangnya. Akibatnya, sering terjadi pertikaian yang berakhir dengan pertumpahan darah.

Karena sang putri berhati baik dan tak ingin ada lagi nyawa yang hilang gara-gara memperebutkan dirinya, maka ia pun memutuskan untuk mengorbankan dirinya dengan menceburkan dirinya ke dalam laut. Ajaibnya, ia pun berubah menjadi cacing-cacing warna-warni yang biasa datang tiap waktu tertentu. Masyarakat setempat menyebutnya sebagai Nyale dan momen tersebut dirayakan dalam tradisi Bau Nyale.

Ternyata nama Mandalika bukan sembarang nama ya Sweet Couple. Jadi makin paham nih dengan sejarahnya.

Fakta Sirkuit Mandalika 2: Berkonsep Street Circuit

Fakta menarik berikutnya dari kawasan Sirkuit Mandalika yakni sirkuit ini menerapkan konsep street circuit. Apa sih street circuit itu? Street Circuit artinya kawasan jalan area sirkuit bisa digunakan oleh masyarakat umum ketika tidak ada pertandingan balapan yang berlangsung. Publik bisa mengaksesnya dengan leluasa.

Walau demikian, trek utama sirkuit sepanjang 4,32 kilometer tetap tidak boleh dimasuki sembarangan ya. Jadi, gunakan trek yang memang sudah diperbolehkan untuk umum ya.

Baca Juga :  Manta Point Komodo, Sambil Menyelam Lihat Manta

Fakta Sirkuit Mandalika 3: Berada di Kawasan Destinasi Wisata Super Prioritas Mandalika

Kalau fakta Sirkuit Mandalika yang satu ini sih pasti sudah banyak diketahui oleh Sweet Couple. Sirkuit ini berada di dalam Destinasi Wisata Super Prioritas dan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika Lombok yang dicanangkan oleh pemerintah. Karena super prioritas dan khusus, maka memperoleh perlakuan spesial. Akses lokasi diperbagus dan dipermudah, fasilitas sekitarnya pun turut ditata sedemikian rupa agar siapapun nyaman kala berada di salah satu tempat wisata Lombok ini.

Menariknya lagi, kawasan ini juga memiliki sejumlah Tempat Wisata berupa wisata pantai selatan Lombok yang sangat cantik. Sebut saja Pantai Kuta, Pantai Seger, Pantai Tanjung Aan, dan Pantai Mawun. Kapan lagi bisa menyaksikan balap motor dengan pemandangan alam pantai yang menakjubkan selain di sini?

Fakta Sirkuit Mandalika 4: Bertaraf Internasional

Semua pasti tahu jika Sirkuit Mandalika ini bertaraf internasional. Bagaimana tidak? Sirkuit ini dirancang dengan panjang mencapai 4,3 kilometer dan mampu menampung 150-200ribu orang di tribunnya. Aspalnya pun tergolong canggih dengan menggunakan teknologi Building Information Modelling (BIM). Pastinya akan ada banyak ajang internasional bergengsi di sirkuit ini termasuk Moto GP.

Walau bertaraf internasional, tetapi tetap ada sentuhan kearifan lokal pada Sirkuit Mandalika yakni adanya hiasan motif batik pada area run off sirkuit. Motif tersebut terinspirasi dari kain tenun Suku Sasak. Keren banget ya!

Baca Juga :  Pantai Pandawa Bali Super Fenomenal Favorit Wisatawan Lokal

Fakta Sirkuit Mandalika 5: Berhasil Meraih 3 Rekor MURI sekaligus

Fakta Sirkuit Mandalika yang mungkin tidak banyak diketahui banyak orang yakni sirkuit ini berhasil meraih 3 rekor MURI sekaligus. Apa sajakah itu? Pertama, sebagai sirkuit yang pengaspalannya menggunakan teknologi Building Information Modelling (BIM) dengan volume terbanyak. Kedua, sirkuit pertama yang pembangunannya berstandar Federation Internationale de Motorcyclisme (FIM). Ketiga, sebagai lintasan sirkuit tercepat.

Tak hanya itu, pit buildingnya dirancang nonpermanen dengan menggunakan produk dalam negeri yang dikerjakan dalam waktu 1,5 bulan saja. Benar-benar luar biasa ya!

Itulah 5 Fakta Sirkuit Mandalika Lombok yang layak untuk Anda ketahui. Benar-benar mencenangkan ya. Tak menyangka Indonesia berhasil punya sirkuit dengan kualitas internasional. Kita berharap semoga selalu terawat dan terjaga ya.

Pastinya, kita juga berharap agar pertandingan Moto GP bisa segera diadakan di kawasan ini ya. Semoga persiapannya lancar hingga hari H pertandingan.

Jadi, kapan mau nonton Moto GP di Sirkuit Mandalika Lombok?

Ingin membaca artikel kami yang lainnya? Download aplikasi Sweetrip Indonesia dengan klik di sini

Artikel disadur dari kabar24.bisnis.com dan liputan6.com