Kebun Teh Lawang yang Bikin Hati Jadi Sayang

Siapa bilang Malang hanya punya agrowisata apel? Kami ajak Sweet Couple berkunjung ke Kebun Teh Lawang. Kebun Teh ini dikenal juga sebagai Kebun Teh Wonosari Lawang. Tempat ini terkenal sebagai salah satu sentra penghasil teh terbesar dan tertua di Jawa Timur loh.

Kebun Teh Lawang ini menghadirkan wisata yang sarat akan nilai edukasi terutama bagi Anda yang tertarik dengan teh. Tak hanya sekadar edukasi, Anda pun akan dimanjakan dengan pemandangan alam kebun teh yang membentang bagaikan permadani hijau. Benar-benar menyegarkan mata.

Kira-kira seperti apa ya sejarah, suasana, dan aktivitas yang bisa dilakukan di sini? Daripada berlama-lama, yuk simak informasi lengkap mengenai destinasi wisata di Malang ini!

Gunakan aplikasi Sweetrip Indonesia untuk membaca resep lebih mudah
Unduh

Artikel Terkait:

Sejarah Kebun Teh Lawang

Kebun Teh Lawang atau Kebun Teh Wonosari Lawang ini sudah lama berdiri di Indonesia. Perjalanan hidupnya dimulai sejak 1910 atau saat Belanda masih menjajah Indonesia. Bisa dibilang, tempat ini tergolong legendaris.

Awalnya, kebun teh pertama di Jawa Timur ini bernama NV. Culture Maathappy. Pada mulanya, kebun ini ditanami teh dan kina. Sempat diganti menjadi kebun tanaman pokok pada masa penjajahan Jepang dan kembali menjadi kebun teh lagi usai Indonesia merdeka.

Saat ini, Kebun Teh Lawang dikelola oleh PT Perkebunan Nusantara XII (PTPN XII) yang menangani produksi teh. Hasil produksi yang terkenal yakni Teh Rolas dan sudah banyak dijual di pasaran.

Lokasi Kebun Teh Lawang

Sebagai kebun teh, tentu saja tempat ini berada di wilayah dataran tinggi. Kebun Teh Lawang berlokasi di kaki Gunung Arjuno, tepatnya di Desa Tirtomoyo, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur. Jadi, walaupun bernama Kebun Teh Wonosari Lawang, tetapi lokasinya justru masuk wilayah Singosari.

Berada di ketinggian 1250 mdpl dan memiliki luas area hingga 1.144 hektar, tak heran bila udaranya tergolong segar dengan cuaca yang sejuk. Di sini, Anda bisa melihat pesona Gunung Arjuno, Gunung Welirang, Gunung Penanggungan, Gunung Kawi, Gunung Bromo, dan Gunung Semeru. Sungguh tempat yang indah untuk menikmati panorama alam.

Cara Menuju Kebun Teh Lawang

Untuk menuju Kebun Teh Lawang, ada beberapa cara yang bisa ditempuh:

Baca Juga :  3 Rekomendasi Penginapan Dekat Kebun Teh Lawang

Naik Kendaraan Pribadi

Dari Surabaya, gunakan Jalan Raya Surabaya-Malang. Sesampainya di Lawang, ambil jalan ke arah kanan dan ikuti petunjuk jalan menuju Kebun Teh Wonosari Lawang.

Dari Malang, gunakan Jalan Raya Malang-Surabaya sampai sejauh 30 km jelang Lawang. Setelah itu, ambil jalan ke arah kiri dan ikuti petunjuk jalan menuju arah kebun teh.

Naik Bus/Angkutan Umum

Dari Surabaya, naik bus jurusan Terminal Bungurasih-Malang dan turun di Lawang/Terminal Bus Lawang. Kemudian, Anda menyambung dengan angkutan umum berkode SLKW menuju Kebun Teh Wonosari Lawang.

Dari Malang, naik bus/angkutan umum ke arah Surabaya dan turun di Terminal Lawang. Kemudian, berganti menggunakan angkutan umum dengan kode SLKW yang mengarah ke kebun teh.

Naik Kereta Api

Dari Surabaya, naik kereta api dari Stasiun Surabaya Kota/Surabaya Gubeng jurusan Malang/Blitar via Malang dan turun di Stasiun Lawang. Selanjutnya, naik angkutan umum/ojek menuju arah kebun teh.

Harga Tiket Masuk Kebun Teh Lawang

Untuk menikmati keindahan Kebun Teh Lawang ini, Sweet Couple tak perlu merogoh kocek mahal. Harga tiket masuk tempat ini hanya Rp8.000,00 per orang untuk Weekdays. Sedangkan, saat weekend dan hari libur menjadi Rp12.000,00 per orang. Jadi Anda tak usah khawatir soal ongkos masuk ke dalam objek wisata ini. Gak bakal bikin kantong jebol kok.

Jam Operasional Kebun Teh Lawang

Agrowisata Kebun Teh Wonosari Lawang ini memiliki jam operasional dari pukul 07.00 hingga pukul 17.00 WIB setiap harinya. Jadi, pastikan Anda tidak terlalu sore berkunjung ke sini karena Anda akan terburu-buru menikmati setiap sudut tempat ini.

Fasilitas Kebun Teh Lawang

Sebagai agrowisata yang sudah dikelola sejak lama, ada banyak fasilitas yang tersedia di Kebun Teh Lawang. Jangan salah loh, fasilitas yang disediakan tergolong memadai.

Ada fasilitas penginapan untuk Sweet Couple yang ingin bermalam di kawasan ini. Mulai dari wisma, hotel, villa, hingga cottage, semuanya ada di sini. Soal tempat ibadah seperti Masjid pun tersedia. Tak hanya itu, tersedia juga tempat untuk berolahraga, rekreasi, dan juga restoran. Benar-benar lengkap.

Mau update status di media sosial? Tak usah risau! Tersedia fasilitas dan jaringan internet Wifi di area Kebun Teh Wonosari Lawang ini.

Aktivitas dan Objek Wisata Kebun Teh Lawang

Sebagai salah satu destinasi wisata yang terkenal di Jawa Timur, banyak aktivitas dan objek wisata yang bisa Anda sambangi selama berada di Kebun Teh Lawang. Apa saja itu?

Baca Juga :  7 Tempat Wisata Dekat Hotel Niagara Lawang Bernuansa Alam

Melihat proses pengolahan teh

Namanya saja kebun teh, tentu saja tidak afdol bila berkunjung ke sini tanpa melihat dan mempelajari proses pengolahan teh. Di Kebun Teh Wonosari Lawang, Sweet Couple bisa menyaksikan proses pengolahan teh mulai dari pemetikan daun teh sampai menjadi teh siap seduh.

Anda bisa mempelajari prosesnya dari awal daun teh dipetik, diterima, dilayukan, difermentasi, dikeringkan, sampai dikemas menjadi barang konsumsi yang siap pakai. Tak hanya sekadar melihat dan mempelajari, Anda juga bisa membeli dan membawa teh yang sudah diolah loh.

Sebagai informasi saja, hasil produksi teh di Kebun Teh Lawang banyak yang dikirim keluar pulau Jawa bahkan diekspor hingga mancanegara. Hal itu menandakan hasil produksinya bagus, berkualitas, dan banyak diminati orang-orang. Luar biasa sekali ya.

Untuk menikmati proses pengolahan teh ini, maka Sweet Couple harus berkunjung ke sini saat hari kerja kala para karyawan kebun teh bekerja. Pasalnya saat weekend dan hari libur, tidak ada proses produksi dan pengolahan yang berlangsung.

Mengikuti paket agrowisata

Sebagai kawasan wisata perkebunan, Kebun Teh Lawang memiliki sejumlah paket edukasi agrowisata. Paket-paket tersebut menawarkan wisata edukasi, camping, staycation, outbound, bahkan hingga meeting dan gathering. Tak heran jika banyak instansi, lembaga, ataupun per orangan yang berminat melakukan kegiatan di kawasan ini.

Namun, paket yang paling banyak diminati adalah paket edukasi agrowisata. Banyak pelajar dan mahasiswa dari berbagai tempat yang mengambil paket ini untuk kegiatan study tour, field trip, ataupun karyawisata sekolah. Apa saja paketnya?

  1. Paket 1 (Untuk 20 orang. Fasilitas yang didapat yakni tour kebun, tour pabrik dengan pemandu, snack, dan teh. Harga Rp38.000,00 per orang.)
  2. Paket 2 (Untuk 20 orang. Fasilitas yang didapat yakni tour kebun, tour pabrik dengan pemandu, snack, makan siang, dan teh. Harga Rp50.000,00 per orang.)
  3. Paket 3 (Untuk 20 orang. Fasilitas yang didapat yakni tour kebun, tour pabrik dengan pemandu, kereta kelinci, snack, makan siang, dan teh. Harga Rp55.000,00 per orang.)
  4. Paket 4 (Untuk 50 orang. Fasilitas yang didapat yakni tour kebun, tour pabrik dengan pemandu, kereta kelinci, flying fox, kolam renang, snack, makan siang, dan teh. Harga Rp90.000,00 per orang.)
  5. Paket 5 (Untuk 50 orang. Fasilitas yang didapat yakni tour kebun, tour pabrik dengan pemandu, kereta kelinci, flying fox, wall climbing, snack, makan siang, dan teh. Harga Rp100.000,00 per orang.)
  6. Paket 6 (Untuk 50 orang. Fasilitas yang didapat yakni tour kebun, tour pabrik dengan pemandu, kereta kelinci, fun outbound, snack, makan siang, dan teh. Harga Rp130.000,00 per orang.)
Baca Juga :  5 Rekomendasi Pantai di Malang yang Super Wajib Kamu Kunjungi

Mengelilingi kawasan kebun teh

Ke kebun teh tanpa berkeliling kawasan kebun teh bagaikan ke Pantai tanpa bermain air. Tidak afdol! Ya, inilah salah satu aktivitas yang wajib Anda lakukan kala berkunjung ke Kebun Teh Wonosari Lawang.

Dengan udara yang bebas polusi, sejuk, dan masih asri, rasanya benar-benar menenangkan jiwa dan raga. Anda bisa berjalan kaki menyusuri kawasan kebun teh yang luas ini. Jangan lupa untuk berfoto sembari mengabadikan keindahan di setiap sudut kawasan ini.

Bagi yang lelah dan malas berjalan kaki, tak usah risau karena tersedia fasilitas kereta kelinci yang bisa Anda gunakan. Namun, nikmatnya keliling kebun teh tentu saja dengan berjalan kaki. Lebih sehat dan lebih seru pastinya.

Mencoba permainan outbound

Bagi pecinta petualangan, Anda bisa mencoba permainan outbound di Kebun Teh Wonosari Lawang ini. Ada arena outbound yang menyediakan fasilitas permainan seru seperti flying fox, wall climbing, paint ball, dan camping. Semuanya patut dicoba apalagi tempatnya yang menyatu dengan alam seperti ini. Dijamin makin menyenangkan.

Mengendarai ATV

Ingin mencoba sensasi berbeda untuk berkeliling Kebun Teh Lawang? Cobalah mengendarai ATV. Kendaraan model off road ini membuat kegiatan berkeliling kebun teh menjadi lebih menantang dan seru. Rasanya seperti tengah berkendara menaklukan medan-medan yang sulit. Ditambah lagi dengan pemandangan kebun teh yang indah membuat mata semakin segar.

Menunggangi Kuda

Tidak lengkap rasanya jika tidak naik kuda saat berada di kawasan pegunungan, seperti di Kebun Teh Wonosari Lawang ini. Anda bisa menyewa jasa kuda yang ditawarkan di tempat ini. Dengan berkuda, Anda akan merasa seperti putri-putri dan noni-noni Belanda masa lampau yang tengah berplesir di kawasan ini. Pastinya, naik kuda juga tetap bisa merasakan desiran angin pegunungan yang sejuk.

Kontak Kebun Teh Lawang

Bila Sweet Couple tertarik untuk berkunjung ke Kebun Teh Lawang, berikut ini adalah kontak yang bisa dihubungi:

No.HP: 08113637198

Bagaimana? Kebun Teh Wonosari Lawang ini memang layak untuk dikunjungi sebagai destinasi wisata Anda berikutnya. Dengan segala keindahan dan nilai sejarah yang dimiliki, tak salah rasanya bila tempat ini mampu memikat hati banyak orang.

Bila berniat ke sini dan mencari penginapan terdekat, maka Anda bisa mencoba di Hotel Niagara Lawang yang legendaris.

Ingin membaca artikel kami yang lainnya? Download aplikasi Sweetrip Indonesia dengan klik di sini

Artikel disadur dari jejakpiknik.com, dolanyok.com, dan travelspromo.com