10 Kuliner Lombok Super Maknyus Wajib Coba

Berencana ke Lombok? Jangan cuma nonton Moto GP Mandalika 2022 atau sekadar wisata pantai di Lombok. Sweet Couple juga harus mencoba kuliner Lombok yang terkenal super maknyus!

Ya, Lombok dikenal memiliki wisata kuliner yang menawarkan kelezatan luar biasa. Apalagi beberapa di antaranya otentik khas Lombok dan punya citarasa pedas. Biasanya, masakan Lombok di luar Lombok gak akan seenak yang versi aslinya di Lombok. Jadi, Anda wajib mencobanya kala bertandang ke sini.

Apa saja sih kuliner Lombok yang wajib dicoba? Pastinya bingung dong ya apalagi kalau belum pernah ke Lombok. Jadi, kami berikan 10 rekomendasi kuliner khas Lombok yang harus banget Sweet Couple coba selama berada di Lombok.

Gunakan aplikasi Sweetrip Indonesia untuk membaca resep lebih mudah
Unduh

Artikel Terkait:

Yuk langsung saja simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Kuliner Lombok 1: Ayam Taliwang

Gambar diambil dari instagram.com/iheart.idn

Kalau membicarakan kuliner Lombok, maka tak afdol tanpa menyebut ayam Taliwang. Ya, ayam ini adalah ayam paling terkenal se-Lombok sekaligus kuliner paling terkenal di seantero Lombok. Sudah pasti kalau ke Lombok, wajib mencoba Ayam Taliwang ini. Belum ke Lombok jika belum mencoba Ayam Taliwang.

Ayam Taliwang ini berasal dari Taliwang, Mataram, Lombok dan memiliki citarasa yang sangat khas, benar-benar otentik Lombok. Ayamnya biasanya dibakar dan diolesi dengan bumbu khas Lombok yang pedas. Aroma smokey hasil pembakaran ditambah bumbu yang meresap hingga tulang membuat siapapun jatuh cinta kala menyantapnya.

Tertarik? Langsung saja kunjungi Lombok untuk menikmatinya! Sweet Couple juga bisa loh membuat resep Ayam Taliwang ini di rumah jika belum bisa ke Lombok. Menarik kan?

Kuliner Lombok 2: Ayam Rarang

Gambar diambil dari instagram.com/rhmawatibadrus

Siapa bilang kuliner Lombok yang ayam hanya ada Ayam Taliwang? Ada juga loh kuliner yang bernama Ayam Rarang. Pasti belum pernah mendengar kan? Padahal soal citarasa, ayam ini tak kalah lezat loh dengan Ayam Taliwang. Wah jadi penasaran ya.

Baca Juga :  Asal Usul Legenda Putri Mandalika Lombok

Ayam Rarang ini berasal dari Desa Rarang, Kabupaten Lombok Timur, NTB. Walau demikian, mudah juga ditemukan di Kota Mataram. Mau bikin resepnya sendiri di rumah? Juga bisa loh karena resepnya tidak terlalu sulit.

Walau tampilannya terlihat pedas dengan banyaknya cabai rawit dan sambal yang merah, tetapi hidangan ini memiliki citarasa yang tidak sepedas Ayam Taliwang. Selain itu, bumbu rempahnya juga lebih berasa karena bumbu yang digunakan lebih banyak. Wah kalau seperti ini sih kayaknya bakal mencoba Ayam Rarang saat berada di Lombok.

Kuliner Lombok 3: Sate Rembiga

Gambar diambil dari instagram.com/jogjaculinary.id

Suka sapi? Jangan lewatkan mencicipi kuliner Lombok yang satu ini. Inilah Sate Rembiga. Sate berbahan daging sapi ini menjadi santapan wajib kala di Lombok. Karena berasal dari wilayah Rembiga, Mataram, maka hidangan ini disebut demikian.

Apa bedanya dengan sate-sate lainnya? Rupanya Sate Rembiga ini dagingnya ditumbuk dan direndam dengan cabai merah kering, terasi, bawang putih, dan gula merah selama 2 jam lamanya. Selanjutnya, sate pun dibakar. Hmmm… pasti rasa bumbunya bakal sangat meresap ya.

Bagaimana? Jadi kepengen makan sate ini gak?

Kuliner Lombok 4: Sate Bulayak

Gambar diambil dari instagram.com/le_kekeri

Mau coba varian sate lainnya di Lombok? Yuk cobain Sate Bulayak! Sate ini banyak dijual di sekitaran kawasan Taman Narmada, Lombok Barat. Tak jauh dari kota Mataram sehingga mudah diakses dan tak butuh waktu lama.

Sate Bulayak ini punya banyak varian daging mulai ayam, sapi, hingga jeroan. Lantas, apa yang membedakannya dengan sate lain? Rupanya karena lontongnya dibungkus dengan daun aren/enau yang dalam bahasa setempat disebut Bulayak.

Tak hanya itu, bumbu satenya juga unik karena menggunakan bumbu kacang yang dimasak dengan santan, ketumbar, bawang, jintan, dan cabai. Pokoknya maknyus banget deh makan sate ini sambil menyesap kuahnya yang penuh bumbu.

Kuliner Lombok 5: Sate Tanjung

Gambar diambil dari instagram.com/jajelombok

Bosan dengan sate ayam dan daging sapi yang itu-itu saja? Cobalah kuliner Lombok yang satu ini. Namanya Sate Tanjung, berasal dari Tanjung, Lombok Utara. Dengan berbahan dasar ikan, pastinya sate ini akan menambah pengalaman Anda selama melakukan kunjungan ke Lombok.

Baca Juga :  5 Pembalap MotoGP Mandalika 2022 Favorit Netizen

Daging sate ini terasa lembut dan memiliki aroma smokey yang kuat. Tak hanya itu, bumbu yang digunakan juga kaya rasa karena kaya akan rempah-rempah seperti jeruk nipis, santan kelapa, kencur, laos, jahe, dan kemiri. Cocok banget untuk Sweet Couple pecinta masakan berbumbu!

Lama-lama jadi ngiler ingin mencicipinya ya!

Kuliner Lombok 6: Plecing Kangkung

Gambar diambil dari instagram.com/myhealthyfebee

Bagi Sweet Couple penggemar sayuran, pasti sudah tidak asing lagi dengan kuliner Lombok yang satu ini. Ya, inilah Plecing Kangkung. Biasanya, Anda akan menemukannya dalam masakan khas Lombok dan disandingkan bersama Ayam Taliwang.

Plecing Kangkung tentunya menggunakan kangkung. Kangkungnya direbus lalu disajikan dalam keadaan dingin. Di atasnya, tersaji pula sambal tomat dan perasan jeruk limau. Citarasanya segar sekali dan seringkali ditambah dengan tauge, kacang panjang, kacang tanah goreng, dan urap.

Kangkung yang digunakan juga tidak seperti pada umumnya. Kangkungnya ditanam di sungai yang mengalir dan menggunakan metode tertentu. Hal ini membuat kangkungnya terlihat sangat besar sekaligus sehat. Wah kalau begini sih jadi makin nikmat kala menyantapnya.

Kuliner Lombok 7: Sambal Beberuq

Gambar diambil dari instagram.com/mamaqtiang

Tak lengkap menyantap kuliner Lombok tanpa ditemani makanan yang satu ini. Namanya adalah Beberuq Terong atau biasa dikenal sebagai Sambal Beberuq. Biasanya, hidangan ini bersanding dengan Ayam Taliwang dan aneka seafood maupun ikan bakar di Lombok.

Sambal Beberuq terdiri dari terong gelantik yang diiris-iris, cabai merah keriting, cabai rawit, bawang putih, bawang merah, kencur, terasi bakar, gula pasir, garam dan selanjutnya disiram dengan minyak jelantah. Sensasi rasanya pedas sekaligus menyegarkan. Yang pasti bakal bikin Anda berkeringat kala menyantapnya.

Kuliner Lombok 8: Nasi Puyung

Gambar diambil dari instagram.com/homeislife

Hidangan nasi di Indonesia memang beragam, termasuk di Lombok. Ada hidangan bernama Nasi Puyung atau biasa disebut juga Nasi Balap Puyung. Dinamakan Nasi Puyung karena berasal dari Kecamatan Puyung, Kabupaten Lombok Tengah, Pulau Lombok, NTB.

Citarasa hidangan ini tergolong pedas. Dibungkus oleh selembar daun kelapa, di dalamnya terdapat nasi putih dengan aneka lauk pauk seperti ayam suwir, tumis buncis, kedelai goreng, dan tentunya sambal. Pedasnya benar-benar menohok sejak suapan pertama loh.

Baca Juga :  Tempat Wisata Romantis di Lombok yang Bisa Bikin Hubungan Makin Mesra

Untuk mencicipinya, tak usah jauh-jauh ke kawasan Puyung karena hampir setiap sudut Pulau Lombok menyediakan hidangan ini. Menarik kan?

Kuliner Lombok 9: Sop Bebalung

Gambar diambil dari instagram.com/gardu_sate_rembiga

Mau coba kuliner daging? Yuk coba mencicipi Sop Bebalung kala berada di Lombok. Hidangan ini sekilas mirip dengan gulai sapi, tetapi citarasanya lebih pedas. Bagaimana tidak? Di dalamnya terdapat pula cabai rawit, bawang merah, bawang putih, jahe, dan kunyit.

Dengan menggunakan daging iga sapi maupun kerbau, hidangan ini berhasil menarik minat banyak orang untuk mencicipinya. Dagingnya lembut, kuahnya berbumbu, aromanya wangi, dan citarasanya yang pedas menjadi kombinasi sempurna untuk menyantapnya.

Mau coba yang lebih ekstrim? Ada juga loh Bebalung Kuda yang dipercaya bisa menambah stamina khususnya untuk para lelaki. Wah, boleh dicoba nih.

Kuliner Lombok 10: Sayur Ares

Gambar diambil dari instagram.com/primeparkhotelombok

Sayuran khas Lombok cuma ada Plecing Kangkung? Salah besar! Ada kuliner Lombok lainnya yang berupa sayuran. Inilah Sayur Ares. Sayurnya unik loh karena berbahan dasar yakni pelepah pisang kepok dan pisang raja. Sayuran ini dimasak dengan menggunakan bumbu kuah kare pada umumnya.

Bila tidak ada pelepah pisang, maka bisa juga diganti dengan nangka atau pepaya muda. Pastinya soal citarasanya tetap lezat kok. Gak bakal bikin menyesal deh kalau sudah mencicipinya.

Jika dulunya hidangan ini hanya disajikan saat acara hajatan tertentu di desa-desa Sasak, maka kali ini Sweet Couple sudah tak sulit untuk menemuinya. Ada banyak rumah makan dan warung makan yang menyediakan sayuran ini loh.

Itulah 10 rekomendasi kuliner Lombok yang super maknyus dan wajib dicoba selama berada di Lombok. Pastinya semuanya lezat, wajib dicoba, dan mampu memberikan pengalaman kuliner tersendiri yang tak terlupakan selama melakukan aktivitas wisata Lombok.

Kira-kira manakah yang mau Anda coba?

Ingin membaca artikel kami yang lainnya? Download aplikasi Sweetrip Indonesia dengan klik di sini

Artikel disadur dari kompas.com dan tripzilla.id