Lawang Sewu, Tempat Wisata Terpopuler di Semarang

Destinasi wisata di Semarang memang identik dengan berbagai situs peninggalan sejarah dan cagar budaya yang otentik. Lawang Sewu merupakan salah satu Tempat Wisata sekaligus situs bersejarah dari Kota Lumpia alias Semarang.

Kalau membahas soal tempat wisata di Semarang, kebanyakan orang pasti langsung tertuju pada Lawang Sewu. Liburan di Semarang rasanya kurang afdol kalau tidak berkunjung ke sini.

Lawang Sewu adalah sebuah bangunan bersejarah milik PT Kereta Api Indonesia (Persero) yang dulunya digunakan sebagai kantor pusat perusahaan kereta api swasta Nederlandsch-Indische Spoorweg Maatschappij (NISM).

Gunakan aplikasi Sweetrip Indonesia untuk membaca resep lebih mudah
Unduh

Artikel Terkait:

Bangunan besar tersebut kini dikelola sebagai museum sekaligus tempat wisata bersejarah di Semarang. Simak ulasan selengkapnya di bawah ini!

Sejarah Lawang Sewu

Lawang Sewu pertama kali dibangun pada tanggal 27 Februari 1904 sampai bulan Juli 1907. Kemudian dibangun gedung tambahan sekitar tahun 1916 sampai 1918.

Desain bangunan ini menyerupai huruf L serta memiliki banyak jendela dan pintu untuk mengatur sistem sirkulasi udara.

Baca Juga :  10 Tempat Wisata di Semarang yang Lagi Hits, Yuk Liburan!

Banyaknya jumlah pintu tersebut membuat gedung ini disebut Lawang Sewu yang berarti Seribu Pintu. Padahal, jumlah pintu yang ada tidak benar-benar mencapai 1.000.

Sekarang bangunan ini menjadi aset PT Kereta Api Indonesia setelah perebutan NIS oleh Djawatan Kereta Api Republik Indonesia (DKARI) pada masa Perang Kemerdekaan. 

Sejak tahun 1992, Lawang Sewu Semarang ditetapkan sebagai cagar budaya. Kemudian pada tanggal 5 Juli 2011 dilakukan peresmian Purna Pugar Cagar Budaya Gedung A.

Lokasi

Tempat wisata populer ini terletak di pusat kota Semarang. Alamat lengkapnya berada di Jl. Pemuda, Sekayu, Kecamatan Semarang Tengah, Semarang, Jawa Tengah.

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk yang dikenakan kepada pengunjung dewasa dan mahasiswa adalah Rp20.000 per orang. Sementara itu, tarif yang dikenakan kepada para pelajar hanya Rp10.000 per orang. Khusus wisatawan mancanegara, mereka perlu membayar tiket masuk seharga Rp30.000 per orang.

Jam Operasional

Tempat wisata ini dibuka setiap harinya mulai pukul 07.00 sampai 21.00 WIB. Kalau mau mencoba sensasi keseruan yang berbeda, Anda dapat berkunjung pada malam hari dan menyaksikan tampilan museum yang disinari banyak lampu sehingga lebih menarik.

Rekomendasi Aktivitas dan Objek Wisata

Gambar diambil dari Instagram.com/helenagre_747/

1. Eksplorasi Pengetahuan Sejarah Kereta Api dan Masa Penjajahan

Lawang Sewu merupakan museum yang rekreatif dan edukatif bagi para pengunjungnya. Melalui kumpulan galeri dan instalasi yang tersusun rapi, Anda dapat mempelajari sejarah kereta api Indonesia serta sejarah masa penjajahan Belanda di Indonesia.

Baca Juga :  Dusun Semilir Eco Park, Wisata Paling Seru di Semarang!

Tempat wisata ini bukan hanya ditujukan kepada para pelajar, tetapi masyarakat luas. Sarana edukatif di tempat wisata tersebut juga merupakan bentuk apresiasi terhadap peristiwa bersejarah di Indonesia.

2. Hunting Foto Estetik

Aktivitas lain yang tak kalah menariknya adalah hunting foto estetik di Lawang Sewu. Bagi Anda yang menyukai potret bernuansa vintage, maka bangunan kuno di Semarang ini bisa menjadi spot ideal.

Spot favorit para wisatawan adalah lorong dengan deretan daun pintu terbuka. Spot menarik lainnya juga bisa didapatkan di halaman tengah berlatar bangunan kuno yang estetik.

3. Mengunjungi Perpustakaan

Jarang diketahui kalau ada perpustakaan di Lawang Sewu Semarang. Perpustakaan seluas 5×25 meter ini memuat beberapa eksemplar buku. Dindingnya juga dipenuhi dengan beberapa gambar arsitektur bangunan.

Selamat berlibur ke Lawang Sewu! Simak juga rekomendasi destinasi liburan lainnya di artikel 10 Tempat Wisata di Semarang yang Lagi Hits.

Ingin membaca artikel kami yang lainnya? Download aplikasi Sweetrip Indonesia dengan klik di sini

Ulasan disadur dari Heritage.kai.id