Manta Point Komodo, Sambil Menyelam Lihat Manta

Melihat Komodo di Taman Nasional Komodo mungkin sudah biasa. Namun, kalau melihat Manta di Taman Nasional Komodo? Itu baru luar biasa. Ya, Anda bisa menyaksikannya di Manta Point! Lokasinya berada di perairan dekat Pulau Komodo dan masih dalam area taman nasional tersebut.

Sesuai namanya, tempat ini menjadi lokasi para ikan pari manta berkumpul terutama saat memasuki musimnya. Di sini, Sweet Couple bisa berenang dengan cara freediving, snorkeling, atau scuba diving bersama ikan pari manta berukuran besar. Pastinya sensasinya luar biasa sekaligus menegangkan.

Dari atas, tempat ini terlihat seperti permukaan laut biasa yang berwarna biru dan agak gelap. Namun, saat mencemplungkan diri ke dalam air semuanya berubah. Keanekaragaman hayatinya sungguh luar biasa untuk dinikmati.

Gunakan aplikasi Sweetrip Indonesia untuk membaca resep lebih mudah
Unduh

Artikel Terkait:

Manta Point menjadi salah satu titik penyelaman paling terkenal dan digemari di Taman Nasional Komodo. Alam bawah lautnya termasuk cantik dengan aneka terumbu karang warna-warni ditambah dengan aneka ikan laut yang berenang ke sana kemari.

Arus laut di area ini termasuk kuat. Oleh karena itu, Sweet Couple harus menggunakan alat selam/snorkeling yang mumpuni. Tak hanya itu, Anda juga harus didampingi oleh dive instructor ataupun guide kala berenang di sini. Semuanya tentu demi keamanan dan keselamatan kita semua.

Saat musim-musim tertentu, ikan pari manta yang ada di area Manta Point bisa menjadi sangat banyak. Biasanya mereka menyukai arus yang kuat karena arus kuat membawa banyak nutrien seperti plankton. Plankton tersebut menjadi sumber makanan para manta. Oleh karena itu mereka menyukai tempat dengan banyak plankton dan berkumpul di sana.

Baca Juga :  Pantai Pok Tunggal yang Cantiknya Tak Pernah Tanggal

Pastinya beruntung banget bila berhasil menemukan Manta apalagi sampai berenang bersama mereka. Sungguh sebuah pengalaman yang tak terlupakan. Jadi pengen kan?

Yuk langsung saja simak ulasan lengkap Manta Point berikut ini!

Lokasi Manta Point

Sesuai namanya, Manta Point jelas berada di tengah-tengah laut dan tak jauh dari Pulau Komodo. Wilayahnya sendiri juga termasuk dalam kawasan Taman Nasional Komodo.

Lokasinya benar-benar dikelilingi laut dan berada di area yang berarus cukup deras karena berada di perairan Selat Linta yang memisahkan Pulau Komodo dengan Pulau Rinca. Oleh karena itu, Sweet Couple harus berhati-hati kala berenang, snorkeling ataupun diving di sini.

Dengan adanya laut di sekitarnya, Sweet Couple hanya bisa mencapainya dengan kapal. Anda bisa menyewa kapal di Labuan Bajo ataupun mengikuti agen trip yang menyediakan paket ke lokasi ini.

Harga Tiket Masuk Manta Point

Untuk mengunjungi Manta Point, Sweet Couple tak akan dikenakan tiket masuk sebab semuanya sudah termasuk saat membayar biaya masuk Taman Nasional Komodo.

Biasanya, para wisatawan sudah menggunakan agen trip/travel dari Labuan Bajo untuk menuju ke sini. Segalanya sudah diatur oleh pihak agen, termasuk tiket masuk area wisata. Jadi tak usah ribet lagi deh.

Salah satu agen wisata tersebut dalah Eastnesia Trip yang memiliki paket wisata ke kawasan Komodo, Flores, Sumba, dan Alor. Anda bisa mengontaknya di sini jika berencana berlibur ke sini.

Jam Operasional Manta Point

Sebenarnya tidak ada jam operasional di lokasi ini. Namun, kami sarankan Sweet Couple untuk datang pada pagi hingga jelang sore hari agar bisa menyaksikan Manta dan biota laut lainnya di sana. Alangkah baiknya datang di atas pukul 8 pagi hingga 3 sore.

Baca Juga :  Pantai Gesing yang Cakepnya Bikin Pusing Saking Indahnya

Selepas jam itu, kami tidak merekomendasikan sebagai waktu kunjungan ke pulau ini. Selain sudah terlalu sore, keamanan Anda juga jadi risikonya karena arus laut yang kuat di perairan sekitar kawasan ini. Arus yang kuat tidak baik untuk aktivitas bawah air seperti snorkeling dan diving.

Rekomendasi Aktivitas dan Objek Wisata di Manta Point

Melihat Ikan Pari Manta

Aktivitas yang wajib dilakukan kala berada di Manta Point tentu saja melihat Ikan Pari Manta. Gak afdol rasanya sudah jauh-jauh ke sini tanpa melihat sang ikan. Inilah ikon dari tempat ini yang harus Anda saksikan.

Di sini, Anda bisa melihat ikan pari manta secara langsung di habitatnya. Ukurannya tergolong besar dengan lebar maksimal hingga 7 meter, warna kulit bagian atas yang hitam dan putih di bagian bawah, membuatnya begitu gagah. Rasanya menakjubkan sekali bisa berenang bersama ikan ini.

Pastinya Sweet Couple tetap harus berhati-hati kala berkunjung ke sini. Jangan melenceng dari jalur yang sudah ditetapkan dan selalu dalam jarak dekat bersama diver instructor. Untuk pengunjung yang tidak mahir berenang, disarankan menggunakan pelampung atau tidak berenang sama sekali karena atusnya kuat.

Jangan terlalu dekat juga dengan ikan pari manta apalagi sampai mengerumuninya karena bisa membuat hewan ini tidak nyaman dan stress. Pastikan selalu dalam jarak aman kala berenang bersama ikan ini ya.

Baca Juga :  Pantai Watu Kodok yang Keindahannya Menohok Sanubari

Snorkeling dan Diving

Gambar dokumentasi pribadi

Perairan Taman Nasional Komodo sudah lama dikenal sebagai area snorkeling dan diving terbaik di Indonesia, termasuk di Manta Point. Inilah salah satu titik selam paling terkenal di kawasan ini. Bintang utamanya tentu saja sang Ikan Pari Manta raksasa. Anda bisa berenang dengan hewan ini secara leluasa di tengah laut.

Bukan hanya ikan manta saja, pesona alam bawah laut area ini tak kalah menakjubkan. Keanekaragaman biota laut, terumbu karang, ditambah dengan arus lautnya yang kuat menarik minat para wisatawan untuk menyelam di sini. Bisa dibilang tempat ini wajib dikunjungi untuk Sweet Couple yang suka diving.

Singgah di Taka Makassar

Jika sudah ada di Manta Point, maka jangan lewatkan waktu untuk singgah di Taka Makassar. Pulau kecil berbentuk pasir timbul ini dekat dengan lokasi ini dan memiliki pesona pantai yang luar biasa. Pasirnya putih berpadu pink dengan air biru gradasi jernih di sekelilingnya. Cocok banget untuk berfoto maupun bersantai.

Sweet Couple juga bisa snorkeling di laut sekelilingnya sambil menikmati kesegaran dan keindahan alam bawah laut nan memukau. Dijamin puas deh jika singgah di sini.

Itulah rekomendasi aktivitas yang bisa Anda nikmati selama mengeksplorasi keindahan Manta Point Komodo. Walau hanya bisa berenang dan melihat Manta, tetapi pengalamannya tentu tak bisa terlupakan.

Jadi kapan mau ke sini!

Ingin membaca artikel kami yang lainnya? Download aplikasi Sweetrip Indonesia dengan klik di sini