Panduan Transportasi di Kuta Bali Super Praktis

Jika berkunjung ke Bali, maka Kuta menjadi salah satu destinasi yang paling banyak dan sering dituju. Bagaimana tidak? Di sini terdapat salah satu gerbang utama Pulau Dewata yakni Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai. Oleh karena itu, siapapun yang berkunjung ke Bali dengan pesawat pasti akan melalui wilayah ini.

Sebelum memutuskan berwisata ke Kuta Bali, alangkah baiknya bila Sweet Couple merencanakan beberapa hal. Mulai dari akomodasi atau penginapan hingga transportasi dari dan menuju serta selama berada di Kuta. Hal ini perlu agar Anda tidak bingung dan repot saat tiba di tujuan.

Ada sejumlah transportasi yang bisa Anda gunakan untuk mencapai Kuta Bali. Tak hanya itu, di kawasan Kuta Bali pun juga tersedia beberapa jenis transportasi untuk berkeliling di sana. Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Transportasi Menuju Kuta

Pertama, kami akan bahas transportasi menuju Kuta Bali. Ada sejumlah opsi yang bisa Anda gunakan untuk mencapai Bali.

Dengan Pesawat

Transportasi tercepat dan termudah untuk mencapai Kuta Bali adalah dengan pesawat. Wajar saja, di sinilah lokasi Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali berada. Jadi, sekali terbang bisa segera langsung mencapai kawasan Kuta Bali.

Penerbangan dari dan menuju Bali sangat banyak. Tersedia layanan penerbangan dari Jakarta, Bandung, Semarang, Jogja, Surabaya, Lombok, Makassar, Labuan Bajo, Kupang, dan kota-kota utama lainnya di Indonesia. Harga tiketnya pun bervariasi tergantung kelas, hari, jam, dan maskapai yang melayani.

Sweet Couple datang dari luar negeri? Tak usah khawatir, tersedia penerbangan dari berbagai tempat di luar negeri yang langsung ke Bali. Mengingat Bali merupakan salah satu destinasi wisata utama di Indonesia yang tersohor hingga mancanegara, maka sudah pasti banyak wisatawan asing yang mengunjunginya dan tiba di Bali dengan pesawat.

Cek penerbangan menuju Bali di sini.

Dengan Kapal Laut

Sweet Couple yang ingin berwisata ke Kuta Bali bisa menggunakan kapal laut. Sebagai negara maritim dan kepulauan, wajar loh bepergian dengan kapal laut. Memang sih waktunya lebih lama, tetapi tak ada salahnya mencoba bila Anda punya banyak waktu luang.

Untuk naik kapal laut ke Bali, tersedia pelayaran menggunakan kapal pelni dari sejumlah pelabuhan utama di Indonesia. Mulai dari Tanjung Priok, Tanjung Mas, Tanjung Perak, Lembar, Soekarno-Hatta, dan lain sebagainya. Untuk pelabuhan utama di Bali sendiri bernama Pelabuhan Benoa dan berlokasi tak jauh dari Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali serta kawasan Kuta.

Bila Anda menyeberang dari pulau tetangga seperti Pulau Jawa dan Pulau Lombok, maka bisa menggunakan kapal ferry. Dari Jawa, Anda bisa menggunakan kapal ferry rute Ketapang-Gilimanuk. Dari Lombok, Anda bisa menggunakan kapal ferry rute Lembar-Padangbai. Selanjutnya, Anda tinggal menyambung dengan kendaraan umum seperti bus menuju kawasan Kuta.

Cek pelayaran ke Bali di sini.

Dengan Bus

Untuk mencapai kawasan Kuta Bali, Sweet Couple juga bisa menggunakan bus. Banyak PO bus yang membuka rute dari dan menuju Pulau Dewata Bali. Mulai dari bus biasa hingga bus kelas mewah bisa Anda coba untuk ke Bali. Harganya bisa lebih murah daripada pesawat langsung loh.

Anda bisa naik bus ke Bali dari Jakarta, Bandung, Jogja, Surabaya, Malang, Jember, dan Banyuwangi. Semua bus dari kota tersebut memiliki tujuan akhir ke Terminal Mengwi atau Terminal Ubung di Denpasar, Bali. Dari terminal, Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan ojek atau taksi menuju ke Kuta. Pastinya perjalanan dengan bus ke Bali akan menjadi perjalanan yang tak terlupakan oleh Anda.

Cek perjalanan Bus ke Bali di sini.

Dengan Kereta Api

Ingin yang sedikit berbeda untuk traveling menuju Kuta Bali? Sweet Couple bisa mencoba naik kereta api ke Bali. Walaupun di Bali tidak ada jalur kereta api, tetapi Anda bisa naik kereta api sampai ke Ketapang, Banyuwangi dan melanjutkan perjalanan dengan naik kapal ferry dari Pelabuhan Ketapang sampai Gilimanuk Bali selama 30 menit. Selanjutnya, Anda bisa naik bus dari Pelabuhan Gilimanuk yang mengarah ke Denpasar, Bali.

Untuk kereta api menuju Ketapang Banyuwangi, tersedia perjalanan langsung dari beberapa kota.

  • Dari Cilacap, Anda bisa naik KA Wijayakusuma jurusan Cilacap-Surabaya Gubeng-Ketapang.
  • Dari Yogyakarta, Anda bisa naik KA Sri Tanjung jurusan Lempuyangan-Surabaya Kota-Ketapang dan KA Mutiara Timur jurusan Yogyakarta-Surabaya Gubeng-Ketapang.
  • Dari Malang, Anda bisa naik KA Tawang Alun jurusan Malang Kotalama-Bangil-Ketapang.
  • Dari Surabaya, Anda bisa naik KA Wijayakusuma, Mutiara Timur, Sri Tanjung, dan Probowangi jurusan Surabaya Gubeng-Ketapang.
  • Dari Jember, Anda bisa naik KA Pandanwangi jurusan Jember-Ketapang.

Cek perjalanan Kereta Api ke Ketapang di sini.

Dengan Mobil Pribadi

Ingin yang lebih fleksibel? Sweet Couple bisa mencoba ke Kuta Bali dengan menggunakan mobil pribadi. Tentunya Anda harus mempersiapkan banyak hal. Mulai dari mempersiapkan mesin dan bensin kendaraan, biaya untuk pulang pergi menggunakan mobil, kesehatan fisik dan mental pengendara, serta perbekalan untuk perjalanan menuju Bali.

Ada beberapa rute yang bisa diambil oleh Sweet Couple untuk berkendara dengan mobil pribadi menuju Kuta Bali:

  • Masuk Tol Transjawa sampai ke Probolinggo-Jalur Pantura Probolinggo-Ketapang-Gilimanuk-Denpasar-Kuta
  • Masuk Tol Transjawa sampai ke Probolinggo-Lumajang-Jember-Banyuwangi-Ketapang-Gilimanuk-Denpasar-Kuta
  • Masuk Tol Transjawa sampai ke Semarang-Jalur Pantura Semarang-Demak-Kudus-Pati-Rembang-Tuban-Lamongan-Surabaya-Sidoarjo-Pasuruan-Probolinggo-Ketapang-Gilimanuk-Denpasar-Kuta
  • Masuk Tol Transjawa sampai ke Bawen-Ambarawa-Secang-Magelang-Yogyakarta-Klaten-Solo-Masuk Tol Transjawa sampai ke Probolinggo-Jalur Pantura Probolinggo-Ketapang-Gilimanuk-Denpasar-Kuta

Dengan Motor

Buat Sweet Couple yang hobi riding motoran dan suka petualangan, kami rekomendasikan Anda untuk mencapai Kuta Bali dengan motor. Pastinya Anda perlu menyiapkan banyak hal sebelum motoran ke Bali, terutama persiapan fisik dan mental agar tetap sehat selama perjalanan.

Untuk rute bermotor ke Bali, tersedia banyak jalan. Semuanya tinggal disesuaikan dengan keinginan Sweet Couple. Anda bisa menggunakan jalur utara Jawa atau jalur selatan Jawa sampai ke Pelabuhan Ketapang Banyuwangi. Kemudian, dilanjutkan dengan menyeberang menggunakan kapal ferry hingga Pelabuhan Gilimanuk Bali. Lalu, Anda tinggal mengikuti jalan menuju Denpasar hingga Kuta Bali.

Transportasi di Kuta

Kedua, kami akan bahas transportasi di Kuta Bali yang bisa Sweet Couple gunakan untuk berkeliling wilayah tersebut.

Dengan Taxi Konvensional

Sweet Couple yang ingin berkeliling di Kuta, tersedia layanan taxi konvensional di wilayah tersebut. Sebenarnya, ada banyak taxi konvensional di sana. Namun, kami rekomendasikan Anda menggunakan jasa taxi yang sudah resmi dan memang memiliki pelayanan bagus seperti Blue Bird. Selain sudah terkenal, aman, dan menggunakan argo sehingga tarifnya tidak nembak.

Dengan Taxi Online

Ingin yang lebih praktis dalam memilih transportasi di Kuta Bali? Gunakan saja jasa taxi online yang sudah banyak tersebar di berbagai penjuru tanah air, termasuk Bali. Anda bisa memilih 2 brand taxi online yakni Grabcar dan GoCar. Cukup unduh aplikasinya, daftar sebagai pengguna, isi saldo pembayaran elektroniknya, lalu pesan. Anda tinggal menunggu dijemput dan diantar ke berbagai tujuan di Kuta dan sekitarnya.

Dengan Ojek Online

Zaman sudah canggih dan segalanya serba online. Ojek pun ikut-ikutan online. Ya, ojek online merupakan salah satu transportasi di Kuta Bali yang bisa Anda gunakan dengan praktis. Tersedia brand Grabbike dan GoJek yang pastinya sudah Anda kenal dengan baik. Dengan menggunakan ponsel dan koneksi internet, Anda sudah bisa memesan ojek online untuk mengantarkan Anda berkeliling kawasan Kuta Bali.

Dengan Sewa Mobil

Transportasi di Kuta Bali yang juga tak kalah praktis untuk Anda pilih yakni penyewaan/rental mobil. Di sini, tersedia banyak rental mobil yang bisa Anda sewa. Anda bisa menyewa beserta supir atau lepas kunci sehingga Sweet Couple yang menyetirnya sendiri. Semuanya sesuai pilihan Anda.

Untuk kisaran harga, sewa mobil di Kuta Bali per harinya mulai dari Rp350.000,00-Rp750.000,00. Harga bervariasi tergantung jenis mobil, lama penyewaan, dan tempat penyewaan. Jangan lupa untuk membandingkan harga dan pelayanan sebelum memutuskan untuk menyewa mobil ya.

Pastinya, dengan sewa mobil Anda akan lebih leluasa untuk berkeliling kawasan Kuta Bali dan sekitarnya.

Dengan Sewa Motor

Ingin yang lebih praktis lagi? Sewa motor bisa menjadi opsi terbaik untuk transportasi di Kuta Bali. Ya, dengan sewa motor Anda tak hanya bisa berkeliling Kuta, tetapi juga bisa berkeliling wisata di Pulau Dewata. Bentuknya yang mungil, ringkas, cekatan, dan irit membuat sewa motor begitu digandrungi oleh wisatawan selama di Bali.

Ada banyak tempat penyewaan motor di Bali, termasuk di Kuta Bali. Untuk kisaran harga sewa motor per harinya di Kuta Bali mulai dari Rp75.000,00-Rp250.000,00 tergantung jenis motor, tempat penyewaan, dan lama penyewaan. Pastinya, sewa motor membuat perjalanan Sweet Couple di Bali lebih praktis. Namun, ingat ya jangan bawa barang terlalu banyak saat sewa motor ya.

Itulah sejumlah transportasi yang bisa Sweet Couple gunakan untuk mencapai Kuta Bali dan selama berada di Kuta Bali. Ada banyak cara menuju Kuta Bali dan semuanya bisa dipilih sesuai kemampuan serta selera Anda. Yang terpenting adalah bisa tiba dan berkeliling Kuta Bali dengan aman, nyaman, dan selamat.

Jika sudah memutuskan transportasi di Kuta Bali, maka jangan lupa untuk mencari akomodasi di Kuta Bali. Anda bisa menyimak pilihan akomodasi dari kami di sini.

Tertarik dengan Kuta Bali dan ingin tahu secara detil? Simak ulasan lengkapnya di sini.

Yuk jalan-jalan di Kuta Bali!

Ingin membaca artikel kami yang lainnya? Download aplikasi Sweetrip Indonesia dengan klik di sini