Pantai Balekambang, Tempat Wisata Hits di Malang

Sweet Couple berencana untuk liburan ke Malang? Pantai Balekambang dapat menjadi destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi saat Anda pergi ke Malang. Pantai ini sudah ada lebih dari 30 tahun, tepatnya dibuka pada tahu 1985.

Pantai Balekambang merupakan salah satu tempat wisata di Malang yang cukup populer bagi para wisatawan karena pemandangan alamnya yang menakjubkan. Bahkan, pantai ini dijuluki “Kuta di Malang” karena keindahannya tidak kalah daripada Pantai Kuta di Bali.

Simak ulasan selengkapnya mengenai Pantai Balekambang Malang, mulai dari harga tiket hingga ragam objek wisata yang membantu Anda untuk mengenal tempat wisata ini sebelum bepergian ke sana.

Gunakan aplikasi Sweetrip Indonesia untuk membaca resep lebih mudah
Unduh

Lokasi Pantai Balekambang

Lokasi Pantai Balekambang berada di Dusun Sumber Jambe, Desa Srigonco, Kecamatan Bantur. Pantai ini termasuk dalam wilayah Kabupaten Malang bagian selatan.

Jarak antara tempat wisata tersebut dengan pusat kota Malang sekitar 60 menit. Anda membutuhkan waktu perjalanan sekitar 2 jam ketika berangkat dari pusat kota menuju pantai, baik menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum.

Baca Juga :  Pantai Gemah, Destinasi Wisata Populer di Tulungagung

Jam Operasional

Sebelum masa pandemi Covid-19, pantai ini dibuka selama 24 jam atau tidak ada jam operasional tertentu bagi para pengunjung. Namun, tempat wisata ini sempat ditutup sementara dalam rangka mematuhi kebijakan PPKM, tepatnya sejak bulan Juli 2021.

Dilansir dari Suara.com (11/09), Pantai Balekambang termasuk salah satu tempat wisata yang berada dalam tahapan uji coba untuk dibuka oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Malang. Jadi, Sweet Couple tidak perlu khawatir karena pantai ini segera dibuka untuk para wisatawan.

Harga Tiket Masuk

Banyak orang yang tertarik untuk berlibur ke pantai di Malang ini karena harga tiket masuknya sangat terjangkau. Tarif tiket masuk pantai hanya Rp15.000 per orang.

Aktivitas dan Objek Wisata di Pantai Balekambang

Gambar diambil dari Instagram.com/gdhindarto/

Berikut ini adalah rekomendasi aktivitas dan objek wisata yang dapat Anda nikmati selama berkunjung ke Balekambang.

1. Berenang dan Bermain Pasir di Pantai

Aktivitas yang paling utama dan seolah-olah wajib dilakukan oleh setiap wisatawan ketika berkunjung ke pantai adalah berenang. Para pengunjung dapat berenang di tepi pantai, tetapi harus berhati-hati karena ombak yang tidak menentu. Berenang di pantai ini cukup aman karena terdapat pembatas yang menandai area untuk berenang.

Baca Juga :  Pantai Kasap, Destinasi Pantai di Jawa Timur Terpopuler

Kalau tidak ingin berenang, Sweet Couple juga dapat bermain pasir putih yang jernih dan bersih di pinggir pantai. Aktivitas ini sangat disukai oleh anak-anak. Sweet Couple bisa mengajak anak-anak untuk membuat istana pasir yang indah.

2. Mengeksplorasi 3 Pulau di Dekat Pantai

Salah satu keunikan tempat wisata ini adalah keberadaan beberapa pulau kecil di sekitar Pantai Balekambang. Banyak pengunjung yang tertarik untuk mengeksplorasi ketiga pulau tersebut, yakni Pulau Ismoyo, Anoman, dan Pulau Wisanggeni.

Ismoyo adalah pulau yang paling terkenal di tempat ini dan sering dijuluki sebagai Tanah Lot versi Pantai Balekambang. Di Pulau Ismoyo terdapat pura yang sering dikunjungi sebagai rumah ibadah umat Hindu, terutama saat hari raya keagamaan. Anda hanya perlu menyeberangi jembatan yang menghubungkan pantai dengan pulau kecil ini.

3. Berkemah di Tepi Pantai

Aktivitas menarik lainnya yang dapat dicoba adalah berkemah. Para wisatawan diizinkan untuk berkemah di tepi pantai, tetapi harus berhati-hati akan ombak yang tidak menentu. Jika ingin camping di tepi pantai dan merasakan tiupan angin yang menyegarkan, Anda harus menyiapkan tenda sendiri. Pengelola wisata tidak menyediakan fasilitas peralatan kemah.

4. Bermain Flying Fox

Selain berkemah, Sweet Couple juga bisa mencoba wahana flying fox. Wahana wisata ini hanya dibuka hari Sabtu dan Minggu. Flying fox melintas bibir pantai sehingga Anda dapat menyaksikan seluruh pemandangan pantai yang indah.

Baca Juga :  Pantai Melasti Ungasan, Pantai Kekinian di Bali

Itulah ulasan lengkap mengenai Pantai Balekambang. Pantai ini dapat menjadi pilihan destinasi wisata Anda, terutama saat ingin berlibur ke Malang. Selamat berlibur!

Ingin membaca artikel kami yang lainnya? Download aplikasi Sweetrip Indonesia dengan klik di sini

Artikel disadur dari travelspromo.com