Pantai Glagah Kulon Progo, Rekomendasi Pantai di Jogja

Yogyakarta memang terkenal sebagai kota destinasi wisata, terutama wisata pantai. Di antara banyaknya pantai populer di Yogyakarta, Sweet Couple wajib mencoba keseruan suasana Pantai Glagah.

Kalau membahas pantai di Jogja, biasa orang-orang langsung tertuju pada Pantai Parangtritis dan Pantai Baron. Padahal, ada berbagai pantai lainnya yang tak kalah mempesona, seperti Pantai Ngrawe, Pantai Slili, Pantai Glagah, dan masih banyak lagi.

Pantai Glagah memiliki daya tarik tersendiri yang memikat para wisatawan, terutama beberapa objek wisata yang berupa cagar budaya. Tidak heran kalau pantai di Kulon Progo ini semakin diminati wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Gunakan aplikasi Sweetrip Indonesia untuk membaca resep lebih mudah
Unduh

Lokasi

Pantai Glagah berada di Desa Galah, Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Pantai ini berada di sebelah barat Yogyakarta dan berjarak sekitar 15 km dari pusat kota Yogyakarta.

Ada 2 rute yang bisa ditempuh menuju pantai ini. Rute pertama adalah Jalan Bantul, lalu belok kanan menuju arah Purworejo. Sesampainya di lampu lalu lintas Palbapang, belok ke kanan melewati Jalan Srandakan dan melewati Jembatan Srandakan. Setelah menemukan lampu lalu lintas, belok ke kiri menuju pantai.

Baca Juga :  Pantai Kelapa Tuban, Review Objek Wisata dan Harga Tiket Terbaru

Selain Jalan Bantul, Sweet Couple bisa menempuh rute Jalan Wates hingga Kota Wates. Selanjutnya, ikuti jalur Jalan Raya Wates menuju Purworejo. Setelah itu, Anda bisa belok ke kiri menuju pantai.

Harga Tiket Masuk

Pantai Glagah merupakan tempat wisata dengan harga tiket yang paling murah daripada tempat wisata lainnya. Setiap pengunjung hanya dikenakan tarif tiket seharga Rp4.000. Kalau mengendarai motor, Anda akan dikenakan biaya tambahan untuk parkir Rp3.000. Sementara itu, tarif untuk parkir mobil seharga Rp10.000.

Rekomendasi Aktivitas dan Objek Wisata

Gambar diambil dari Instagram.com/andre_ayani/

1. Menikmati Pemandangan di Sepanjang Dermaga Tetrapod

Pantai Glagah dikenal sebagai pantai dengan ombak yang cukup besar. Kawasan pantai ini memiliki tetrapod untuk menahan ombak yang sewaktu-waktu tinggi dan berbahaya. Tetrapod ini terbuat dari beton berkaki empat yang berfungsi sebagai pemecah ombak agar tidak masuk ke bibir pantai.

Di tengah tetrapod, terdapat jalan setapak yang mengarah ke tengah laut. Fungsi utama jalanan tersebut sebenarnya untuk akses ke dermaga. Namun, pemandangan di sepanjang jalanan ini tampak menakjubkan. Banyak orang yang mengambil foto di tempat ini karena panorama alamnya indah.

2. Wisata Cagar Budaya di Pantai

Selain pemandangan alam yang indah, di dekat Pantai Glagah terdapat situs bersejarah yang disebut Stupa Cagar Budaya. Stupa tersebut diperkirakan sudah ada sejak abad ke-6 Masehi sekaligus peninggalan pada masa pemerintahan bupati bernama Cangakmengeng di wilayah Kadipaten Sios. Stupa Cagar Budaya kini menjadi objek wisata yang menarik perhatian para pengunjung.

Baca Juga :  Pantai Sebalang, Menikmati Objek Wisata dan Aktivitas Liburan di Lampung

3. Hunting Foto

Salah satu tujuan para wisatawan berlibur ke pantai adalah hunting foto. Tidak terkecuali dengan Pantai Glagah yang memiliki berbagai spot foto menarik bagi para pengunjung. Sweet Couple bisa mengambil foto di sepanjang jalanan tetrapod, foto dengan pemandangan pantai, dan lain sebagainya.

4. Menyaksikan Sunset

Pantai Glagah merupakan salah satu pantai dengan pemandangan sunset terbaik. Banyak wisatawan yang rela berkunjung ke pantai ini pada sore hari demi menikmati detik-detik terbaik matahari terbenam yang seolah-olah ditelan laut.

Itulah ulasan lengkap mengenai Pantai Glagah Kulon Progo. Kalau Anda pergi ke Jogja, jangan lupa untuk bersinggah ke pantai yang sangat recommended untuk dikunjungi ini. Selamat berlibur!

Ingin membaca artikel kami yang lainnya? Download aplikasi Sweetrip Indonesia dengan klik di sini

Ulasan disadur dari Traveloka