10 Pantai Gunungkidul yang Wajib Dikunjungi

Jogja dengan segala pesonanya selalu mampu membius siapapun. Salah satu pesona Jogja yang tak boleh dilewatkan yakni Pantai Gunungkidul. Ya, pantai-pantai di kawasan ini banyak dan memiliki keindahan panorama alam yang tak boleh dilewatkan begitu saja. Bisa dibilang berkunjung ke Pantai Gunungkidul ini wajib hukumnya saat berlibur ke Jogja.

Walau dikenal sebagai salah satu kabupaten terkering di D.I.Yogyakarta, tetapi soal wisata pantai Gunungkidul tak pernah kekeringan. Buktinya setiap bulannya selalu ada info terbaru mengenai pantai-pantai yang baru dibuka ataupun hype di wilayah ini. Sebenarnya, pantainya sudah ada sejak dulu, tetapi ada yang memang baru dikenal oleh masyarakat berkat media sosial.

Bicara tentang Pantai Gunungkidul, rasanya tak cukup jika dibahas dalam 1 sesi. Ada begitu banyak pantai di wilayah ini yang bisa Sweet Couple eksplor. Oleh karena itu, kami rekomendasikan 10 pantai Gunungkidul yang wajib Anda kunjungi selama berada di Jogja.

Gunakan aplikasi Sweetrip Indonesia untuk membaca resep lebih mudah
Unduh

Artikel Terkait:

Penasaran ada apa saja pantainya? Yuk simak ulasannya berikut ini!

1. Pantai Drini

instagram.com/lantulan_mifa_dana

Pantai Gunungkidul yang wajib Anda kunjungi pertama adalah Pantai Drini. Pantai ini terletak di Banjerejo, Tanjungsari, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pantai ini memiliki pasir putih yang bersih dengan air yang bening. Ombaknya pun tersedia yang kuat dan tenang. Jadi, tinggal pilih saja mana yang menjadi favorit Sweet Couple.

Di dekat pantai Drini, terdapat bukit karang yang bisa dicapai dengan tangga beton. Cukup mendaki ke sana tanpa susah payah, Anda sudah bisa tiba di puncak bukit. Dari sini, Anda bisa menyaksikan panorama Pantai Drini dengan leluasa. Sambil mendengarkan deburan ombak, menatap luasnya samudra, dan melihat birunya langit membuat siapapun betah berlama-lama di sini.

Tertarik berkunjung ke Pantai Drini?

2. Pantai Krakal

instagram.com/theroyaljoglo

Pantai Gunungkidul yang juga wajib Anda kunjungi di sini adalah Pantai Krakal. Pantai ini bisa dikatakan sebagai salah satu pantai legendaris di kawasan ini. Jika menyebut pantai di Gunungkidul, maka orang-orang Jogja pasti akan langsung menyebut Pantai Baron, Kukup, dan Krakal. Wajar saja, saat awal-awal pantai di wilayah ini terkenal, ketiga pantai tersebut yang pertama dibuka dan dikunjungi wisatawan.

Walau sudah tergolong lama dikenal, tetapi pesona Pantai Krakal tak pernah lekang oleh waktu. Pasir putihnya membentang luas sehingga cocok untuk berlari-lari atau bermain pasir. Ombaknya pun begitu memukau dengan air laut berwarna biru. Di sini, Anda bisa menyaksikan pemandangan laut lepas yang membentang luas dengan leluasa.

Baca Juga :  Pantai Karang Potong, Wisata Pantai Viral di Cianjur

Jangan lewatkan pantai Krakal ya jika berkunjung ke Gunungkidul!

3. Pantai Sepanjang

instagram.com/amazing_ega

Ingin puas bermain pasir? Kami sarankan Anda untuk bergegas ke Pantai Sepanjang Gunungkidul. Pantai ini memiliki pasir yang membentang begitu panjang di pesisirnya. Tak heran jika namanya Sepanjang. Karena sepanjang pantai, yang kita lihat adalah pasir yang tiada habisnya.

Pasirnya tak hanya panjang, tetapi juga cantik dengan warna putih nan bersih. Air lautnya berwarna biru tosca gradasi dengan deburan ombak yang masih bersahabat. Di pantai ini juga terdapat gazebo/saung/gubuk untuk beristirahat sembari duduk-duduk menikmati suasana pantai. Paling nikmat jika bersantai sambil minum Kelapa Muda. Hmmm… segar sekali ya rasanya berada di sini!

4. Pantai Kukup

instagram.com/penginapanpantaigkidul

Selain Pantai Krakal, Pantai Kukup juga dikenal sebagai salah satu pantai legend di kawasan Gunungkidul. Lokasinya tidak jauh dari Pantai Baron dan mudah dicapai. Sebagai pantai yang sudah lama dikenal masyarakat, tentunya segala akses dan fasilitas sudah terbangun dan memadai. Jadi, Sweet Couple tak perlu khawatir bila hendak berwisata ke pantai ini.

Yang menjadi primadona di Pantai Kukup adalah sebuah bukit karang di dekatnya. Di sini, Anda bisa menuju ke pos gardu pandang dan menyaksikan pemandangan Pantai Kukup dari ketinggian. Pemandangan dari ketinggian tentunya lebih leluasa karena kita bisa menikmati pantai dari segala penjuru.

Ketika air laut di pantai ini surut, Sweet Couple bisa menyaksikan sejumlah biota laut. Ada bulu babi, kerang, alga, dan ikan kecil yang terjebak di lubang bebatuan karang. Ingin membawanya pulang? Anda bisa membeli dalam bentuk suvenir hiasan kerang ataupun ikan hias. Menarik sekali ya.

5. Pantai Wediombo

instagram.com/bistokrahara

Pantai Gunungkidul yang satu ini juga tak boleh Anda lewatkan begitu saja. Ya, Pantai Wediombo. Letaknya memang agak di ujung Gunungkidul dan cukup jauh, tetapi perjalanan melelahkan ke sini akan terbayar sempurna kala tiba di tempat ini. Tidak percaya?

Pantai Wediombo ini dianugerahi pasir putih yang luas. Sesuai dengan namanya, Wedi Ombo yang berarti Pasir Luas. Di pantai ini, juga terdapat kolam bebatuan karang dengan air jernih yang bisa Anda renangi. Kolam alami ini cocok banget untuk berendam menikmati kesegaran air laut. Kolam ini menjadi salah satu primadona di sini.

Baca Juga :  Pantai Watu Kodok yang Keindahannya Menohok Sanubari

Ingin sekadar duduk menikmati pemandangan? Bisa banget! Pantai ini cocok juga untuk berburu sunset. Namun, Sweet Couple harus siap dengan jalanan gelap yang menanti saat pulang ya. Jadi, pastikan untuk tidak terlalu larut usai bertandang ke Pantai Wediombo karena jaraknya yang jauh dari pusat kota Yogyakarta.

6. Pantai Nglambor

instagram.com/primaratu_

Siapa bilang pantai di Jogja tidak bisa dipakai untuk snorkeling? Yang bilang seperti itu pasti belum pernah berkunjung ke Pantai Nglambor. Pantai yang masih berada di kawasan Gunungkidul ini tak hanya bisa dibuat main air dan pasir, tetapi juga bisa untuk aktivitas snorkeling. Berasa pantai di Bali, Lombok, dan Labuan Bajo saja ya.

Seperti yang kita ketahui, pantai Gunungkidul merupakan pantai selatan Jawa yang berhadapan langsung dengan Samudera Hindia dan berombak besar. Biasanya, pantai di sini berbahaya untuk direnangi apalagi diselami karena ombak besar dan arus laut yang kuat. Di beberapa lokasi bahkan terlarang untuk sekadar bermain air.

Namun, hal yang berbeda berlaku untuk Pantai Nglambor. Area pantai ini bisa digunakan untuk snorkeling karena tersedia area yang aman dan nyaman untuk aktivitas tersebut. Area snorkeling di pantai ini diapit 2 buah karang besar yang membuat arus dan ombaknya tenang. Jadi, walaupun di pantai selatan tetap aman untuk snorkeling.

Selama snorkeling, Anda bisa menyaksikan aneka terumbu karang dan ikan laut yang mempesona. Dijamin betah selama di sini. Jadi, siapa bilang di pantai Gunungkidul Jogja tidak bisa snorkeling?

7. Pantai Indrayanti

instagram.com/rgatot.kocomoto

Pantai Indrayanti bisa dikatakan sebagai salah satu pantai yang paling terkenal di Gunungkidul. Banyak wisatawan yang mengunjunginya terutama saat akhir pekan dan liburan tiba. Pantai yang awalnya bernama Pantai Pulang Syawal ini menjadi tenar ketika mulai ditata dan diperhatikan oleh pemerintah daerah setempat. Ditambah lagi dengan kekuatan media sosial dan promosi yang gencar mampu menjaring wisatawan lebih banyak.

Pantainya berpasir putih dan bersih. Ada aturan menarik di pantai ini yakni setiap orang yang tertangkap tengah membuang sampah sembarangan akan dikenakan denda sebesar Rp10.000,00. Alhasil, kebersihan pantai pun terjaga. Ditambah lagi dengan pengawasan ketat dari pengelola dan aparat setempat membuat destinasi ini tetap bersih.

Tertarik mengunjungi Pantai Indrayanti? Simak dulu artikel lengkapnya di sini.

8. Pantai Kesirat

instagram.com/antwkcsn

Bagi pecinta camping dan petualangan di alam terbuka, kami rekomendasikan Anda untuk mengunjungi Pantai Kesirat. Pantai yang berlokasi di Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunungkidul, D.I.Yogyakarta ini menyajikan lokasi camping di alam terbuka yang mempesona. Kapan lagi nih bisa camping sambil menikmati pemandangan laut yang membentang luas?

Baca Juga :  Pantai Pink Komodo Super Cantik Luar Dalam

Pantai Kesirat ini tergolong pantai curam. Dengan konturnya yang berbukit-bukit, sudah pasti Anda tidak boleh melakukan aktivitas bermain di pantainya. Ombaknya tergolong besar dengan arus laut yang kuat.

Di sini, Anda bisa menyaksikan pemandangan laut dari bukit di Pantai Kesirat. Bentukan geomorfologi yang khas akibat gerakan bumi di masa silam berpadu dengan indahnya samudra yang membentang luas membuat pengalaman berkemah di Pantai Kesirat ini tidak bisa terlupakan.

Ingin berkemah di sini? Silakan baca dulu artikelnya di sini.

9. Pantai Timang

instagram.com/iooonnnnn

Bagi Sweet Couple pecinta adrenalin, Anda wajib mengunjungi pantai Gunungkidul yang satu ini. Ya, Pantai Timang. Pantai ini begitu fenomenal karena memiliki wahana yang menantang. Di sini, Anda bisa menyeberangi laut selatan Jawa dengan menggunakan gondola tradisional ataupun jembatan gantung dari tali. Luar biasa bukan?

Dengan ombak besar khas laut selatan Jawa, ditambah lagi suara gemuruh yang membuat jantung berdebar kencang, membuat petualangan menyeberangi laut ini begitu menantang. Baik menggunakan gondola maupun jembatan gantung, Anda akan tetap kebasahan lantaran begitu kencangnya ombak yang menghantam bebatuan karang. Sensasinya? Bisa langsung Anda rasakan sendiri.

Berani terima tantangan ini di Pantai Timang?

10. Pantai Jungwok

instagram.com/mustguzz

Ingin merasakan sensasi pantai pribadi di Gunungkidul Jogja? Datanglah ke Pantai Jungwok. Pantai yang memiliki bentuk cekungan ini termasuk salah satu pantai gunungkidul yang masih alami, asri, dan sepi. Tidak banyak pengunjung yang bertandang ke destinasi wisata ini. Padahal dari segi keindahan, Pantai Jungwok tergolong indah.

Pantai Jungwok ini memiliki pasir putih di pinggirnya, dibingkai dengan bukit dan tebing yang mengelilinginya. Tak hanya itu, ombaknya pun tenang dan berair jernih. Pantai ini cocok untuk Sweet Couple yang tidak suka keramaian seperti di pantai Gunungkidul lainnya. Pastinya, bermain di sini tak akan terganggu oleh lalu lalang pengunjung. Nikmati pantai ini sepuasanya!

Itulah 10 destinasi wisata pantai Gunungkidul yang wajib Anda kunjungi kala berada di Jogja. Sebenarnya, masih ada banyak pantai lagi di kawasan ini. Tentunya tak akan habis jika dikupas semuanya. Oleh karena itu, kami berikan pilihan terbaik versi kami untuk Sweet Couple. Pastinya, pantai pilihan kami benar-benar juara.

Jadi, manakah pantai pilihanmu?

Ingin membaca kami yang lainnya? Download aplikasi Sweetrip Indonesia dengan di sini

Artikel disadur dari jejakpiknik.com dan pantainesia.com