Pantai Indrayanti Gunungkidul: Tarif Murah dan Pesona Memukau

Kawasan Gunungkidul memang terkenal dengan jajaran Pantai yang indah. Hamparan pasir putih dan air yang jernih ditambah pantulan cahaya matahari memperlihatkan panorama alam yang menakjubkan. Salah satu pantai di Gunungkidul yang semakin terkenal karena pesona keindahannya adalah Pantai Indrayanti.

Pada awalnya pantai ini bukan bernama Indrayanti seperti yang kita kenal sekarang. Nama asli pantai ini adalah Pantai Pulang Syawal. Dahulu pantai ini hanyalah pesisir yang dikelilingi semak belukar.

Kemudian pemerintah daerah Gunungkidul menyadari bahwa pantai ini berpotensi sebagai Tempat Wisata yang menarik perhatian masyarakat, baik warga lokat maupun turis asing. Oleh karena itu, kawasan ini mulai dilengkapi dengan berbagai fasilitas, termasuk restoran.

JADI CONTENT CREATOR SWEETRIP DAN RASAKAN MANFAATNYA
GABUNG

Artikel Terkait:

Pada tahun 2009 didirikan sebuah cafe dan resto bernama Indra dan Yanti sehingga disingkat Indrayanti. Seiring dengan perkembangan waktu, masyarakat setempat dan pengunjung justru lebih mengenal pantai ini dengan sebutan Indrayanti. Itulah alasan tempat wisata ini lebih dikenal dengan nama Pantai Indrayanti.

Lokasi Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti berada di Dusun Ngasem, Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Gunungkidul. Jarak pantai ini dari pusat kota Yogyakarta sekitar 66 km dengan waktu tempuh perjalanan kurang lebih 2 jam.

Akses Menuju Pantai Indrayanti Gunungkidul

Akses menuju Pantai Indrayanti yang paling direkomendasikan oleh kebanyakan orang adalah rute dari Wonosari. Setelah menempuh Wonosari, Anda harus menuju Tepus. Selanjutnya Anda hanya perlu mengikuti papan penunjuk jalan yang mengarahkan perjalanan sampai ke pantai.

Selain rute Wonosari, ada juga akses menuju pantai dengan rute perjalanan Imogiri. Rutenya adalah sebagai berikut: Siluk – Panggang – Saptosari – Trowono – Baron, lalu ke arah timur sampai tiba di Pantai Pulang Syawal atau Indrayanti.

Jam Operasional

Sebenarnya tidak ada jam operasional tertentu yang menandakan dibuka atau tutupnya pantai ini. Jadi, Sweet Couple dapat berkunjung ke tempat wisata ini kapanpun. Namun, Anda disarankan datang pada sore hari kalau ingin menyaksikan sunset.

Jika ingin berenang dengan cuaca yang sejuk dan menyegarkan, lebih baik datang saat pagi hari sebelum sinar matahari tidak terlalu terik dan menyengat.

Harga Tiket

Hampir semua pantai di kawasan Gunungkidul memiliki tarif tiket masuk yang murah. Anda hanya perlu membayar Rp10.000.

Aktivitas dan Objek Wisata Pantai Indrayanti

Keindahan Pantai Indrayanti memang tampak jelas dari air yang jernih serta hamparan pasir putih bak mutiara. Bukan hanya itu saja, tempat wisata ini juga bisa membuat liburan Anda semakin berkesan dengan berbagai objek wisata, wahana, dan fasilitas yang disediakan di pantai tersebut.

Baca Juga :  Taka Makassar, Surga yang Tersasar di Bumi

Berikut ini terdapat beberapa aktivitas atau objek wisata yang dapat Sweet Couple nikmati untuk bersantai di Pantai Indrayanti.

1. Berenang dan Bersantai di Pinggir Pantai dengan Air yang Jernih

Pantai Indrayanti Gunungkidul: Tarif Murah dan Pesona Memukau
Gambar diambil dari instagram.com/rgatot.kocomoto/

Aktivitas favorit kebanyakan wisatawan ketika berkunjung ke pantai adalah berenang. Tidak terkecuali saat Sweet Couple mengunjungi Pantai Indrayanti.

Anda bisa berenang di pinggiran pantai sambil menikmati air yang bersih dan jernih ditambah ombak kecil yang sesekali datang menghampiri. Namun, Sweet Couple harus tetap berhati-hari karena suatu waktu bisa saja muncul gelombang air yang tinggi.

Selain berenang, Sweet Couple dapat bersantai atau berjemur di pinggir pantai untuk melepas penat. Terdapat fasilitas sewa payung dengan atas untuk berbaring seharga Rp20.000.

Jadi Anda bisa menikmati indahnya pemandangan yang di pantai sambil bersantai di bawah payung teduh. Ada juga penyewaan gazebo yang dapat Anda nikmati di pinggir pantai dengan harga Rp30.000 per unit.

2. Bermain Jet Sky

Pantai Indrayanti memiliki wahana yang tidak kalah menarik dengan beberapa pantai terkenal di Bali. Bermain jet sky akan membuat liburan Anda di pantai ini semakin berkesan.

Harga sewa jet sky yang harus dibayar oleh para wisatawan cukup terjangkau. Dengan harga sewa Rp250.000 per orang, Anda akan merasakan sensasi seru mengitari pantai dengan jet sky.

Baca Juga :  6 Destinasi Wisata Karimun Jawa yang Wajib Kamu Kunjungi!

3. Menikmati Pemandangan Laut Lepas dari Tebing

Pantai Indrayanti Gunungkidul: Tarif Murah dan Pesona Memukau
Gambar diambil dari instagram.com/febri_yanto_56/

Di sekitar Pantai Indrayanti terdapat tebing, tepatnya di sebelah barat dan timur pantai. Ketika berada di atas tebing, Anda akan menyaksikan pemandangan laut lepas dan hamparan pasir putih yang sangat menawan. Area ini tentunya termasuk spot foto terbaik yang disukai oleh para pengunjung.

4. Menyaksikan Sunset dari Pantai Indrayanti

Salah satu hal yang paling dinantikan oleh para wisatawan ketika berkunjung ke Pantai Indrayanti adalah menyaksikan sunset.

Ketika berada di pantai ini saat sore hari, Sweet Couple akan menyaksikan detik-detik matahari terbenam dengan jelas serta panorama alam yang memukau.

Nah, itulah beberapa aktivitas dan fasilitas yang dapat dinikmati ketika berkunjung ke Pantai Indrayanti. Tidak heran kalau pantai yang belum lama diresmikan ini ramai menjadi perbincangan masyarakat. Kini pantai tersebut menjadi rekomendasi destinasi tempat wisata andalan di daerah Gunung Kidul.

Artikel disadur dari travelspromo.com