Pantai Karang Bolong Banten Super Fenomenal

Destinasi wisata di pulau Jawa memang tidak ada habisnya untuk dibahas. Jika menelusuri ke sebelah barat pulau Jawa di Banten, kita pasti teringat dengan Pantai Karang Bolong Banten yang berada di antara Pantai Anyer dan Pantai Carita.

Sesuai namanya, pantai ini dikenal dengan karang bolongnya yang besar. Banyak yang bilang jika karangnya bolong akibat terkena ombak tsunami saat letusan Gunung Krakatau ratusan tahun silam. Ada juga yang bilang jika karangnya bolong karena abrasi. Apapun itu, tempat ini begitu indah dan fenomenal untuk dikunjungi.

Sebelum dikenal sebagai tempat wisata unggulan Banten, pada awalnya Pantai Karang Bolong sering dijadikan tempat ritual pesugihan. Seiring dengan perkembangan waktu, pantai ini ternyata berpotensi menarik perhatian masyarakat dan dikembangkan menjadi tempat wisata. Walau demikian, kadang masih ada orang yang datang untuk melakukan ritual tersebut.

Gunakan aplikasi Sweetrip Indonesia untuk membaca resep lebih mudah
Unduh

Artikel Terkait:

Sweet Couple berencana untuk liburan ke Pantai Karang Bolong dan penasaran dengan berbagai hal menarik yang bisa dilakukan ketika berkunjung ke pantai ini? Yuk simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Lokasi Pantai Karang Bolong

Pantai Karang Bolong berlokasi di Desa Karang Suraga, Kecamatan Cinangka, Kabupaten Serang, Provinsi Banten. Jarak tempuh dari pusat kota Jakarta menuju pantai ini kurang lebih sekitar 136 km ke arah barat selama 2,5 hingga 3 jam melalui Jalan Tol Jakarta-Merak. Tak usah khawatir karena jalannya sudah beraspal sebagian besar dan sudah menjadi jalur wisata Banten.

Baca Juga :  Inilah Cara Menuju Pantai Gunung Kidul Jogja

Harga Tiket Masuk Pantai Karang Bolong

Untuk mengunjungi Pantai Karang Bolong, maka Sweet Couple akan dikenakan tiket masuk seharga Rp15.000,00 per orang. Harga ini tergolong murah, walaupun belum termasuk tarif parkir kendaraan di sini. Namun, tentu saja tak akan menguras kantong Anda.

Jam Operasional Pantai Karang Bolong

Sebenarnya tidak ada jam operasional tertentu yang menandakan pantai telah dibuka atau tutup. Sweet Couple bisa datang ke sini kapanpun karena pantai ini buka setiap hari dari Senin hingga Minggu selama 24 jam.

Namun, Anda bisa datang ke sini pada pagi hari untuk berwisata sambil menikmati cuaca yang tidak terlalu terik atau menikmati sunset pada sore hari.

Rekomendasi Aktivitas dan Objek Wisata di Pantai Karang Bolong

Mengunjungi Karang Bolong

Daya tarik utama Pantai Karang Bolong ini tentu saja adanya batu karang yang bolong. Bisa dibilang inilah ikon dari destinasi ini.

Lubang yang ada di batu karang ini cukup besar dengan diameter 50 meter dan tinggi 30 meter. Ada yang mengatakan jika lubang ini terbentuk karena tsunami letusan Gunung Krakatau ratusan tahun silam. Ada juga yang mengatakan karena proses abrasi ombak laut yang alami secara terus menerus. Apapun itu, karang ini tetaplah fenomenal.

Baca Juga :  Transportasi ke Karimun Jawa yang Paling Praktis

Sweet Couple bisa duduk-duduk di sekitar karang ini karena suasananya teduh dan dikelilingi banyak pepohonan. Anda juga bisa berfoto dengan latar belakang karang yang bolong ini. Dijamin keren banget!

Mendaki Bukit Karang

Mau coba aktivitas yang lebih seru? Cobalah mendaki bukit karang di Pantai Karang Bolong. Walaupun tangganya sempit dan terjal serta dikelilingi banyak pepohonan, tetapi Anda akan memperoleh hasil yang sepadan saat tiba di puncaknya.

Tepat di ketinggian 100 meter, Anda akan menyaksikan pemandangan alam pesisir yang menawan. Mulai dari birunya laut bahkan Gunung Anak Krakatau dari kejauhan pun terlihat begitu sempurna. Jangan lupa berfoto saat berada di sini ya.

Memancing

Salah satu aktivitas yang banyak dilakukan oleh wisatawan di Pantai Karang Bolong yakni memancing. Ya, pantai ini memang terkenal sebagai salah satu spot memancing di pantai Banten.

Untuk memancing di pantai ini, Sweet Couple perlu mendaki bukit karang yang cukup curam dengan bebatuan yang lancip. Jadi, gunakan alas kaki yang nyaman dan hati-hati saat melangkah ya.

Bermain Air dan Wahana Permainan Air

Ke pantai gak afdol tanpa main air. Walau pantai ini tidak direkomendasikan untuk direnangi, tetapi bukan berarti Anda tak bisa main air. Sweet Couple masih bisa bermain air kok di sini pada bagian yang landai dengan menggunakan pelampung.

Baca Juga :  Transportasi ke Pantai Pangandaran yang Paling Mudah

Ketika berkunjung ke pantai ini, jangan lupa untuk mencoba berbagai wahana watersportnya seperti banana boat dan jetski. Sweet Couple akan menikmati panorama alam yang menakjubkan selama mengitari pantai dengan kedua wahana tersebut.

Pastinya seru banget menikmati wahana permainan air ini beramai-ramai dengan keluarga tercinta.

Hunting Foto

Gak afdol jika berwisata ke pantai tanpa berfoto, termasuk di Pantai Karang Bolong. Anda wajib mengabadikan momen dengan latar belakang keindahan alam selama berada di sini.

Sweet Couple bisa berfoto di batu karang bolong yang fenomenal itu. Mau foto dengan latar belakang pepohonan yang menjuntai di karang juga bagus. Atau mau coba berfoto dari atas bukit? Oke juga tuh. Jadi bingung ya mau foto di mana? Apapun itu, hasilnya dijamin bagus selama berada di sini.

Itulah ulasan lengkap mengenai Pantai Karang Bolong Banten. Pastinya jadi makin tak sabar untuk mengunjunginya kan? Yuk langsung aja kemasi barang kalian, booking tiket, dan cus ke sini!

Selamat berlibur Sweet Couple!

Ingin membaca artikel kami yang lainnya? Download aplikasi Sweetrip Indonesia dengan klik di sini

Artikel disadur dari nativeindonesia.com