Pantai Kuta Bali yang Bikin Ingin Kembali

Bicara tentang Wisata Bali, maka tak lengkap rasanya tanpa membicarakan Pantai Kuta. Ya, pantai primadona Pulau Dewata ini sudah menjadi destinasi wajib kunjung bagi siapapun yang hendak ke Bali. Pantai yang awalnya berupa desa nelayan kecil kini menjelma jadi tempat yang ramai dan penuh dengan hingar bingar wisatawan, terutama sebelum masa pandemi Corona.

Mengapa Pantai Kuta ini begitu terkenal? Padahal jika disandingkan dengan destinasi pantai lainnya di Bali, masih ada banyak pantai lainnya yang berpemandangan lebih indah dan lebih alami seperti Pantai Pandawa. Menurut kami, salah satu faktornya adalah lokasinya yang strategis. Dekat dengan bandara, tak jauh dari ibukota provinsi, serta dikelilingi beragam fasilitas wisata yang lengkap, membuat pantai ini terkenal dan menarik banyak wisatawan.

Pantai Kuta juga begitu legendaris karena sudah menjadi salah satu destinasi wisata unggulan di Bali sejak tahun 1970-an. Wajar saja jika pantai ini terkenal karena sudah dikunjungi wisatawan dari dalam dan luar negeri dari dulu.

Gunakan aplikasi Sweetrip Indonesia untuk membaca resep lebih mudah
Unduh

Artikel Terkait:

Selain itu, Pantai Kuta juga memiliki suasana yang khas dan romantis. Di sini, Anda bisa menyaksikan pemandangan sunset alias matahari terbenam dengan pesona semburat jingga nan indah. Terkesan sederhana, tetapi nyatanya mampu membius siapapun kala melakukannya. Tak heran jika salah satu penyanyi legendaris Indonesia, Andre Hehanusa sampai menyanyikan lagu “Kuta Bali” karena terbawa suasana romantis destinasi wisata ini.

Ingin mengetahui destinasi unggulan ini lebih lanjut? Kami sajikan informasi lengkapnya di bawah ini. Yuk simak bersama!

Lokasi Pantai Kuta

Pantai Kuta terletak di Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung, Provinsi Bali. Lokasinya berada di sebelah selatan Kota Denpasar, ibukota provinsi Bali. Pantai Kuta berada di lokasi yang strategis karena sangat dekat dengan Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali sehingga para wisatawan yang datang menggunakan pesawat tak perlu bersusah payah mencapai lokasi wisata pantai unggulan Bali ini.

Baca Juga :  Pantai Karapyak Pangandaran Destinasi Antimainstream Super Kece

Soal akomodasi dan fasilitas wisata, Sweet Couple tak perlu khawatir. Pasalnya, ada begitu banyak akomodasi/penginapan yang tersedia di kawasan Kuta. Mulai dari penginapan murah meriah kelas backpacker hingga hotel mewah bintang 5 semuanya ada di sini. Fasilitas wisata seperti tourist information centre, toilet umum, restoran, dan toko suvenir juga dengan mudah Anda temui di sini.

Akses dan Cara Menuju Pantai Kuta

instagram.com/_narso

Dengan lokasinya yang strategis, sudah pasti akses dan cara menuju Pantai Kuta sangatlah mudah. Bagaimana tidak? Jalan rayanya memadai, walau terkadang terjadi kemacetan di jam-jam tertentu karena padatnya kendaraan dan beberapa titik yang menyempit. Namun, di masa pandemi ini kepadatan jauh berkurang karena tingkat kunjungan wisatawan yang menurun.

Dari Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali, destinasi ini hanya berjarak 15 menit berkendara. Anda bisa menggunakan mobil, motor, ataupun taxi. Malas yang ribet? Tersedia banyak jasa taxi online dan ojek online di kawasan Kuta. Cukup klik dengan ponsel dan sedia kuota internet, Anda sudah bisa mendapatkan kedua transportasi tersebut.

Untuk menjelajahi wilayah Kuta, kami sarankan Sweet Couple untuk menggunakan motor agar lebih leluasa. Anda bisa menemukan banyak rental motor di kawasan ini. Untuk menyewa motor, biasanya dikenakan tarif Rp75.000,00-Rp100.000,00 per hari tergantung jenis motor yang Anda gunakan. Ingin yang lebih nyaman? Anda bisa menyewa mobil dengan supir atau tanpa supir untuk menjelajahi kawasan Kuta.

Jam Operasional Pantai Kuta

instagram.com/victoriatravel8

Pantai Kuta Bali ini buka selama 24 jam, jadi Anda bisa mengunjunginya kapanpun. Walau demikian, kami sarankan Sweet Couple untuk mengunjungi tempat ini saat menjelang sore hari. Selain cuacanya yang sudah tidak sepanas siang hari, Anda juga bisa menikmati momen-momen terbenamnya matahari yang begitu memukau di sini. Masa sih sudah jauh-jauh ke Bali, tetapi malah tidak sempat menikmati sunset di Kuta? Sayang banget loh.

Baca Juga :  Pantai Pandawa Bali Super Fenomenal Favorit Wisatawan Lokal

Harga Tiket Masuk Pantai Kuta

Kabar baik bagi Sweet Couple yang ingin berkunjung ke Pantai Kuta. Untuk memasuki kawasan wisata ini, pengunjung tidak dipungut biaya sepeser pun alias gratis. Walau demikian, Anda tetap harus membayar parkir bila membawa dan memarkirkan kendaraan di sini. Tak usah takut mahal karena tarifnya murah saja kok. Cukup membayar Rp2.000,00 untuk motor dan Rp5.000,00 untuk mobil.

Aktivitas dan Objek Wisata di Pantai Kuta

instagram.com/diidytengka

Sebagai destinasi wisata unggulan Bali, ada beragam aktivitas dan objek wisata yang bisa Anda lakukan di Pantai Kuta.

Bermain Pasir di Sepanjang Pantai

Ke pantai tanpa bermain pasir rasanya tentu tak lengkap. Bagi Sweet Couple yang suka bermain pasir, maka Pantai Kuta Bali adalah tempat yang tepat. Pasir di pantai ini putih kekuningan dan bersih. Yang menariknya lagi, garis pantainya membentang panjang sejauh 5 km. Bisa dibilang, termasuk yang terpanjang di Bali. Jadi, Anda dijamin puas berlarian ke sana kemari atau sekadar berjalan menyusuri pantai ini.

Menikmati Sunset

Ingin menikmati suasana romantis di Pantai Kuta Bali? Datanglah saat sore hari. Di sini, Anda akan disuguhkan pemandangan matahari terbenam alias sunset yang begitu memukau. Dengan pendaran sinar jingga dari sang surya yang mulai masuk ke peraduannya, momen sunset di sini terasa begitu magis sekaligus romantis. Tak heran banyak yang jatuh cinta dengan pemandangan sunset di tempat ini.

Jangan lupa abadikan momen sunset di sini bersama orang tercinta Anda ya!

Bermain air dan berenang di Pantai

Pergi ke pantai tanpa main air dan berenang tentu tidaklah seru. Di Pantai Kuta, Anda bisa melakukan kedua aktvitas ini loh. Walau ombak di sini tergolong cukup besar, tetapi Anda tetap bisa bermain air dan berenang dengan aman. Selalu patuhi aturan, ikuti arahan dari lifeguard pantai yang bertugas, dan tidak berenang melewati batas aman yang ditentukan. Niscaya, Sweet Couple akan selalu aman kala berenang di tempat ini.

Baca Juga :  6 Wisata Pantai Tulungagung yang Wajib Dikunjungi Usai PPKM

Mencoba olahraga surfing

instagram.com/lost_boysbali

Dengan karakteristik ombak yang besar, Pantai Kuta Bali menjadi salah satu destinasi yang cocok untuk olahraga surfing alias selancar. Ada banyak wisatawan maupun peselancar yang melakukan olahraga ini. Tentunya, aktivitas ini cukup menantang dan memacu adrenalin ya. Namun, bukan berarti Sweet Couple yang pemula tak bisa mencobanya loh.

Bagi awam atau pemula, tersedia jasa penyewaan sekaligus pelatihan surfing di Pantai Kuta. Dengan tarif sewa papan selancar sebesar Rp150.000,00 untuk 2 jam, Anda sudah bisa menikmati aktivitas ini. Anda juga bisa ditemani oleh pemandu surfing yang sudah berpengalaman untuk mencoba olahraga ini.

Berjemur di Tepi Pantai

Berjemur di tepi pantai juga menjadi salah satu aktivitas yang bisa dilakukan di Pantai Kuta. Biasanya, aktivitas ini lebih banyak dilakukan oleh wisatawan mancanegara karena mereka banyak yang ingin kulitnya tanning. Sedangkan, wisatawan lokal cenderung enggan berjemur karena malas kepanasan dan takut kulitnya menjadi gelap.

Jika ingin berjemur, maka Sweet Couple bisa menyewa kursi payung yang banyak tersedia di pinggir pantai. Malas menyewa? Anda bisa membawa karpet atau kain pantai, payung sendiri, lalu pilihlah tempat yang kosong dan tidak terlalu ramai untuk berjemur.

Menggunakan Jasa Pembuat Tato dan Kepang

Aktivitas lain yang juga layak dicoba kala berada di Pantai Kuta Bali adalah menggunakan jasa pembuat tato dan kepang. Ya, pantai ini juga identik dengan penjaja tato dan kepang untuk wisatawan. Biasanya, mereka akan berkeliling menawarkan jasa tato dan kepang. Tatonya tersedia dengan beragam desain dan sifatnya temporary. Untuk kepang, biasanya akan bermodel ala gimbal. Tertarik mencobanya?

Pantai Kuta Bali memang tak pernah kehilangan daya tariknya. Ia selalu mendapat tempat tersendiri di hati para wisatawan. Walau sudah banyak pantai lain yang jauh lebih indah di Bali, tetapi Kuta selalu mampu membuat siapapun kembali.

Jadi, kapan Sweet Couple kembali ke Bali?

Ingin membaca kami yang lainnya? Download aplikasi Sweetrip Indonesia dengan di sini

Artikel disadur dari balipedia.id, water-sport-bali.com, dan rentalmobilbali.net