7 Objek Wisata Pantai Menganti Kebumen yang Paling Menakjubkan

Pantai Menganti merupakan salah satu Tempat Wisata yang terletak di Jawa Tengah. Meskipun pantai ini tidak terlalu terkenal seperti berbagai Pantai di Bali dan Kunungkidul, tapi pesona keindahannya tidak kalah dengan pantai lain.

Kalau Sweet Couple berencana untuk liburan ke pantai bersama keluarga atau teman, maka pantai ini dapat menjadi rekomendasi destinasi wisata yang tepat. Pada awalnya pantai tersebut hanya pesisir biasa yang dijadikan tempat pendaratan para nelayan setelah mencari ikan di tengah lain.

Seiring dengan perkembangan waktu, pemerintah kabupaten Kebumen menyadari bahwa pantai ini berpotensi sebagai objek wisata. Oleh karena itu, pemerintah setempat meresmikan Pantai Menganti Kebumen sebagai tempat wisata. Pemerintah kabupaten Kebumen juga membantu pengembangan pantai tersebut hingga menjadi objek wisata alam yang menarik perhatian para wisatawan.

JADI CONTENT CREATOR SWEETRIP DAN RASAKAN MANFAATNYA
GABUNG

Artikel Terkait:

Lokasi Pantai Menganti Kebumen

Pantai Menganti terletak di Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kebumen, Jawa Tengah. Pantai ini berjarak sekitar 40 km dari Kebumen.

Akses Menuju Pantai Menganti Kebumen

Jika ingin mengunjungi pantai di Karangduwur ini bersama keluarga atau teman, Sweet Couple memang lebih disarankan untuk menggunakan kendaraan roda empat. Sweet Couple juga bisa menggunakan jasa rental mobil kalau tidak membawa kendaraan pribadi. Ada beberapa rute akses dan pilihan transportasi ke Pantai Menganti. Kalau dari arah kota Kebumen, Anda akan ke arah selatan menuju Petanahan.

Setelah sampai di Petanahan, Anda harus melaju ke arah Puring, lalu Karangbolong hingga ke Desa Karangduwur, maka sampailah Anda di tempat tujuan. Perjalanan menggunakan mobil dengan rute Kebumen – Karangduwur menghabiskan waktu sekitar 60 menit.

Baca Juga :  Pantai Pangandaran, Destinasi Wisata Primadona di Jawa Barat

Selain rute kota Kebumen – Karangduwur, ada juga rute dari arah Purwokerto. Kalau dari Purwokerto, Anda bisa melewati rute yang biasa dilewati menuju Pantai Ayah. Tidak jauh dari Pantai Ayah, terdapat persimpangan jalan. Kalau ke arah kiri, maka Anda akan sampai di Pantai Ayah. Nah, Anda harus belok ke kanan untuk tiba di Pantai Menganti.

Jam Operasional

Pantai Menganti dibuka setiap hari mulai pukul 07.00 sampai dengan 17.00 WIB. Jadi, Anda dapat menikmati berbagai objek wisata di temat ini dalam jangka waktu yang lama. Namun, bisa saja terjadi perubahan jam operasional sesuai dengan kebijakan pengelola wisata.

Jika ingin merasakan kesegaran suasana pantai dengan matahari yang tidak terlalu terik, maka sebaiknya Anda datang pada pagi hari. Kalau Anda ingin menyaksikan detik-detik terbaik matahari terbenam atau sunset, maka datanglah saat sore hari.

Harga Tiket

Tempat wisata dengan fasilitas dan panorama yang menarik ini ternyata memiliki tarif tiket yang cukup terjangkau. Biaya tiket masuk pantai hanya Rp10.000. Selain itu, karcis parkir motor seharga Rp3.000 dan mobil seharga Rp5.000.

Aktivitas dan Objek Wisata Pantai Menganti Kebumen

Saat berkunjung ke Pantai Menganti, Sweet Couple tidak hanya menikmati pemandangan indahnya air pantai yang jernih, ombak kecil, pasir putih bak mutiara, dan batu karang yang indah. Terdapat beberapa objek wisata dan aktivitas yang ditawarkan dari tempat wisata ini.

Tidak heran kalau banyak wisatawan yang mengagumi pantai tersebut. Ya, objek wisata ini memang tidak lepas dari keterlibatan pemerintah kabupaten Kebumen dalam mengelola berbagai fasilitasnya.

1. Berenang di Pantai dengan Air yang Jernih

7 Objek Wisata Pantai Menganti Kebumen yang Paling Menakjubkan
Gambar diambil dari instagram.com/wulan_jati

Aktivitas utama yang menjadi favorit kebanyakan pengunjung, yaitu berenang di pinggir pantai. Air pantai di sini memang sangat jernih dan bersih sehingga para wisatawan sangat menyukainya.

Baca Juga :  Pantai Sambolo, Destinasi Wisata Pantai di Anyer

Sebenarnya ombak di pantai tersebut tidak setinggi ombak di pantai selatan lainnya. Namun, Sweet Couple harus tetap berhati-hati ketika berenang di pantai ini. Apalagi kalau Anda membawa anak kecil yang harus diawasi dengan baik.

Selain berenang, Sweet Couple juga bisa bermain pasir di sekitar pantai. Anak-anak pasti sangat menyukai aktivitas tersebut, membuat istana dari pasir.

2. Sensasi Keseruan Naik Balon Udara

Salah satu objek wisata andalan di Pantai Menganti yang tidak dimiliki oleh kebanyakan pantai di Indonesia, yaitu wahana balon udara. Anda dapat merasakan sensasi terbang dengan balon udara.

Tarif wahana balon udara adalah Rp15.000. Dengan biaya yang terjangkau, Sweet Couple dapat menikmati indahnya pemandangan pantai dari udara ditambah udara yang segar.

3. Berburu Spot Foto Estetis

7 Objek Wisata Pantai Menganti Kebumen yang Paling Menakjubkan
Gambar diambil dari instagram.com/figurlina/

Salah satu tujuan yang tidak terlewatkan oleh kebanyakan wisatawan adalah mengabadikan potret liburan mereka. Pantai Menganti tentunya memiliki banyak spot foto yang tampak estetis dan menarik.

Anda tidak hanya bisa berfoto di pinggir pantai dengan latar belakang pemandangan pantai dan langit biru. Anda bisa berfoto di jembatan merah dengan berbagai pose andalan hingga menghasilkan foto yang menakjubkan. Ada juga lembah Menguneng di sekitar pantai yang menjadi spot foto favorit para wisatawan.

4. Lembah Menguneng

7 Objek Wisata Pantai Menganti Kebumen yang Paling Menakjubkan
Gambar diambil dari instagram.com/iik_susanti/

Lembah Menguneng salah merupakan objek wisata yang semakin membuat para wisatawan tertarik dengan Pantai Menganti Kebumen. Posisi Lembah Menguneng menghadap ke arah timur sehingga menjadi tempat terbaik untuk menyaksikan matari terbit.

Objek wisata pantai ini juga termasuk spot foto yang paling disukai oleh para pengunjung. Sweet Couple dapat mengambil gambar dengan hamparan pemandangan pantai dari ketinggian.

Baca Juga :  7 Tempat Wisata dekat Sirkuit Mandalika Lombok

5. Bermain Sepeda Gantung

Selain balon udara, Sweet Couple juga bisa menikmati wahana sepeda gantung. Anda dapat merasakan serunya mengayuh sepeda dari ketinggian.

Sweet Couple tidak perlu takut atau khawatir saat menaiki wahana tersebut karena terdapat berbagai pengaman saat menggunakan sepeda gantung.

Saat menaiki wahana ini, Anda bisa mengambil foto dengan pemandangan yang indah, yaitu bersepeda dengan pemandangan pantai di belakangnya. Wah, sangat menarik ya?

6. Menelusuri Tanjung Karang Bata

7 Objek Wisata Pantai Menganti Kebumen yang Paling Menakjubkan
Gambar diambil dari instagram.com/alfie_anonim/

Objek wisata selanjutnya yang tidak kalah menarik di Pantai Menganti adalah Tanjung Kara Bata. Tempat ini merupakan salah satu jejak gunung purba Menganti Dome Karangbolong. Oleh karena itu, banyak ahli geologi yang meneliti kawasan tersebut.

Tanjung Karang Bata termasuk spot foto yang cukup eksotik bagi para pengunjung. Kawasan ini justru semakin berpotensi menjadi objek geowisata yang terkenal karena keunikan fenomena alamnya.

7. Tempat Pelelangan Ikan

Tidak hanya menyediakan objek wisata dan fasilitas yang lengkap, di sekitar Pantai Menganti terdapat tempat pelelangan ikan. Posisinya terdapat di ujung jalan raya Pantai Menganti, yaitu sebelum belok kanan ke area parkir.

Sweet Couple tentunya bisa membeli berbagai ikan segar untuk diolah menjadi hidangan terlezat kala menikmati hari di pinggir pantai bersama teman atau keluarga tercinta.

Itulah 7 objek wisata beserta aktivitas yang dapat Sweet Couple lakukan ketika berkunjung ke Pantai Menganti Kebumen. Berbagai pemandangan dan wahana wisata yang indah tidak akan membuat Anda menyesal ketika mengunjungi pantai ini.

Kalau ingin berlibur dalam beberapa hari, Sweet Couple tidak perlu khawatir karena ada banyak penginapan dekat Pantai Menganti, seperti Villa Pantai Menganti, Pantai Suwuk River View Bungalow, dan lain sebagainya.

Artikel disadur dari wisatabagus.com