Menikmati Pantai Parangtritis yang Super Legendaris

Pantai paling terkenal di Jogja? Tak lain dan tak bukan adalah Pantai Parangtritis. Nama inilah yang akan selalu disebut pertama kali jika ada yang bertanya mengenai wisata pantai di Jogja. Wajar saja, pantai ini tergolong sebagai pantai legendaris yang ada di Jogja sehingga namanya pun sudah tersohor hingga ke berbagai penjuru.

Dibandingkan dengan pantai-pantai lainnya di Jogja seperti pantai di wilayah Gunung Kidul, mungkin akan banyak yang bilang pantai di wilayah tersebut lebih menarik. Namun, bukan berarti Pantai Parangtritis kehilangan pesonanya. Sebagai pantai primadona Yogyakarta, rasanya tak afdol jika belum mengunjungi pantai ini kala berada di Jogja.

Apa saja keseruan dari wisata Pantai Parangtritis Jogja ini? Mari simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Gunakan aplikasi Sweetrip Indonesia untuk membaca resep lebih mudah
Unduh

Lokasi Pantai Parangtritis

Lokasi Pantai Parangtritis terletak di Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Dari pusat kota Yogyakarta, pantai ini berjarak sekitar 32 km dengan waktu tempuh kurang lebih selama 1 jam berkendara menggunakan mobil.

Pantai Parangtritis sendiri merupakan terletak di ujung barat rangkaian Pegunungan Sewu. Mulai dari timur pantai ini hingga Jawa Timur, pantai-pantainya didominasi oleh perbukitan karena menyatu dengan pegunungan kapur selatan Jawa.

Akses dan Cara Menuju Pantai Parangtritis

Bagi Sweet Couple yang ingin berkunjung ke Pantai Parangtritis, akses menuju tempat ini sangatlah mudah. Didukung infrastruktur jalan raya yang berkualitas baik, tanpa kemacetan, dan kontur jalan yang landai membuat perjalanan menuju destinasi ini begitu menyenangkan.

Ada dua akses jalan raya utama menuju Pantai Parangtritis. Pertama, Anda bisa menggunakan Jalan Raya Yogyakarta-Bantul-Samas lalu berbelok ke kiri arah Kretek hingga Parangtritis. Kedua, Anda bisa menggunakan Jalan Raya Parangtritis yang langsung mengarahkan perjalanan Anda menuju lokasi wisata tersebut.

Baca Juga :  Penginapan di Ujung Genteng yang Dekat dengan Tempat Wisata

Untuk mencapai destinasi wisata ini, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi ataupun menyewa kendaraan yang tersedia banyak di berbagai penjuru Yogyakarta.

Klik di sini untuk informasi akses dan cara menuju Pantai Parangtritis.

Harga Tiket Masuk Pantai Parangtritis

Berkunjung ke Pantai Parangtritis Jogja ini tergolong murah dan terjangkau. Bagaimana tidak? Untuk memasuki tempat wisata ini, Anda cukup membayar tiket masuk seharga Rp10.000,00 per orang. Murah sekali bukan?

Untuk biaya parkirnya sendiri, Sweet Couple cukup membayar seharga Rp2.000,00 untuk motor dan Rp5.000,00 untuk mobil. Jadi, tak usah khawatir takut mahal ya kalau ingin berwisata ke pantai ini.

Aktivitas dan Objek Wisata Pantai Parangtritis

Jika Sweet Couple berkunjung ke Pantai Parangtritis, ada sejumlah aktivitas yang bisa dilakukan dan objek wisata yang bisa disambangi. Apa saja itu?

Bermain di Pesisir Pantai

instagram.com/munip1210

Namanya saja plesiran ke pantai, tentu saja aktivitas yang bisa Sweet Couple lakukan adalah bermain di pesisir pantai. Dengan pasirnya yang hitam dan halus, Anda bisa bermain di Pantai Parangtritis. Namun, jangan sekali-kali mencoba berenang karena ombaknya yang besar dan arus lautnya yang kuat. Ingat, pantai ini termasuk pantai selatan Jawa loh yang berhadapan dengan Samudera Hindia jadi selalu patuhi aturan kala bermain di pesisirnya.

Di bulan-bulan tertentu seperti Mei-Juni-Juli juga perlu diwaspadai karena seringkali muncul gerombolan ubur-ubur hingga ke tepian pantai. Tak jarang, banyak wisatawan yang tersengat ubur-ubur. Jadi, hati-hati ya saat bermain di pesisir Pantai Parangtritis kala bulan-bulan tersebut.

Menikmati Pemandangan Deburan Ombak Pantai

instagram.com/denndennyy

Berenang di Pantai Parangtritis tentu berbahaya dan dilarang karena ombaknya besar. Lantas apa yang bisa Sweet Couple lakukan kala berkunjung ke sini? Anda bisa menikmati pemandangan deburan ombak Pantai Parangtritis yang terlihat dahsyat dari kejauhan.

Baca Juga :  5 Rekomendasi Pantai di Malang yang Super Wajib Kamu Kunjungi

Suara ombaknya yang dahsyat dan menggelegar dari kejauhan membuat siapapun terkagum-kagum. Itulah contoh kedahsyatan alam yang terkadang cukup dinikmati tanpa perlu berdekatan dengannya.

Bermain Pasir di Gumuk Pasir Parangkusumo

instagram.com/ayudamayanti1807

Salah satu aktivitas yang tak boleh dilewatkan kala berkunjung ke Pantai Parangtritis yakni bermain pasir di Gumuk Pasir Parangkusumo. Aktivitas ini berbeda dengan bermain pasir pantai ya karena pasir di Gumuk Pasir Parangkusumo ini sangat banyak bagaikan bukit pasir.

Fenomena alam di tempat ini disebut sebagai sand dunes dan termasuk cukup langka loh di dunia. Anda bisa menikmati hamparan pasir yang terbentang. Rasanya seperti tidak sedang berada di Jogja karena tempatnya seperti gurun pasir.

Jika ingin yang lebih memacu adrenalin, maka Sweet Couple bisa mencoba sandboarding atau berseluncur di gumuk pasir dengan papan seluncur. Seru banget kan?

Keliling Pantai dengan Delman

instagram.com/noorkell

Karena Pantai Parangtritis berada di Daerah Istimewa Yogyakarta, maka wajar saja jika Sweet Couple akan menemukan delman alias andong di sini. Jadi, kalau mau naik delman di Jogja tidak harus selalu di kawasan Malioboro. Di pinggir pantai juga bisa.

Pastinya, naik delman di pinggir Pantai Parangtritis beda rasanya dengan di Malioboro. Suasananya lebih alami dengan pemandangan yang spektakuler. Anda bisa menyaksikan deburan ombak laut selatan yang dahsyat, desau angin pantai yang berembus, ditambah lagi lanskap perbukitan di sekitar Parangtritis. Keren banget kan?

Naik ATV di Pinggir Pantai

instagram.com/pput_sgrti

Ingin aktivitas yang memacu adrenalin kala berada di Pantai Parangtritis? Kami sarankan Sweet Couple untuk naik ATV dan bermain ATV di Parangtritis. Anda bisa menyewanya di tempat persewaan ATV yang banyak tersedia di sini. Rasakan sensasi angin pantai, cerahnya mentari, dan panorama lautan luas yang membentang di destinasi ini. Pastinya seru banget!

Mandi Air Hangat di Parangwedang

instagram.com/jogjamylove

Siapa bilang mandi air hangat/panas hanya bisa dilakukan di wilayah dataran tinggi dan pegunungan? Sweet Couple bisa juga kok melakukannya di wilayah pesisir. Seperti yang ada di Pemandian Air Hangat Parangwedang dekat Pantai Parangtritis. Tempat ini cocok banget untuk Anda yang ingin berenang atau berendam karena adanya aturan untuk tidak berenang di pantai ini.

Baca Juga :  Pantai Karang Bolong Banten Super Fenomenal

Walau di pinggir pantai, tetapi pemandian ini mengandung belerang dan dipercaya mampu mengobati penyakit seperti penyakit kulit ataupun rematik. Unik sekali ya.

Menikmati Panorama Parangtritis dari Ketinggian di Bukit Paralayang Watugupit

instagram.com/roh_kyt

Bosan bermain di pinggir pantai? Kami ajak Sweet Couple untuk menikmati panorama Pantai Parangtritis dari tempat lain. Pemandangannya sangat memukau karena lokasinya berada di ketinggian. Tempat ini adalah Bukit Paralayang Watugupit. Dinamakan demikian karena sering dijadikan tempat untuk olahraga paralayang.

Dari sini, Anda bisa menyaksikan pemandangan Pantai Parangtritis dari ketinggian. Lanskap pesisir selatan Jawa ditambah dengan samudera membiru yang menghampar luas serta langit luas membuat siapapun terlena kala berada di sini. Pemandangannya semakin ciamik kala senja tiba. Yuk coba berkunjung ke sini!

Menginap di Queen of The South Resort

instagram.com/silvialarast

Sweet Couple yang ingin honeymoon atau sekadar bermalam di Pantai Parangtritis, silakan coba untuk menginap di Queen of The South Resort. Resort ini berbintang 5 dan sudah lama dikenal sebagai salah satu penginapan terbaik untuk menikmati suasana Pantai Parangtritis.

Lokasinya berada di bibir pantai dan menghadap langsung ke laut. Tersedia pula kolam renang dengan panorama laut biru yang membentang luas. Suasananya benar-benar indah dan romantis untuk dinikmati apalagi untuk honeymoon dengan pasangan.

Klik di sini untuk informasi lengkap mengenai harga akomodasi ini.

Banyak sekali ya aktivitas dan objek wisata yang bisa disambangi di Pantai Parangtritis. Kalau begini sih rasanya tak akan bosan untuk menjelajahi setiap sudut pantai legendaris di Jogja ini. Yuk siapkan diri Anda untuk berkelana di sini!

Artikel disadur dari itrip.id