Pantai Pelabuhan Ratu yang Mistis dengan Panorama Fantastis

Siapa yang mau ke pantai? Pasti sudah banyak yang tak sabar ya apalagi dengan turunnya level PPKM dan pelonggaran di berbagai sektor. Oleh karena itu kami rekomendasikan Anda untuk wisata ke Pantai Pelabuhan Ratu. Pantai ini sangat terkenal dan wajib dikunjungi. Kira-kira kenapa ya? Yuk simak artikel ini!

Pantai Pelabuhan Ratu merupakan salah satu destinasi wisata unggulan Jawa Barat. Berlokasi di Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat. Pantai ini terkenal akan kisah mistis terutama berkaitan dengan Ratu Laut Selatan, Nyi Roro Kidul. Di tempat ini dipercaya menjadi tempat petilasan Nyi Roro Kidul sebelum masuk ke dalam laut.

Mitos ini semakin diperkuat dengan adanya kamar khusus untuk Sang Ratu di Hotel Samudra Beach Pelabuhan Ratu. Kamar itu adalah Kamar 308 dan di dalamnya bernuansa hijau, sesuai dengan warna favorit Sang Ratu. Terdapat pula lukisan Nyi Roro Kidul dan sesajen yang dipersembahkan untuk Sang Ratu.

Gunakan aplikasi Sweetrip Indonesia untuk membaca resep lebih mudah
Unduh

Dengan adanya mitos ini, maka ada aturan bahwa wisatawan yang berkunjung ke sini dianjurkan untuk tidak mengenakan pakaian berwarna hijau karena dianggap bisa menarik perhatian Sang Ratu. Walau sebenarnya hal ini karena air di sana cenderung berwarna biru kehijauan sehingga jika ada orang yang tenggelam agak sulit ditemukan.

Sesuai karakteristik pantai selatan Jawa, Pantai Pelabuhan Ratu ini punya ombak yang cenderung besar. Lautnya juga agak berbahaya untuk direnangi karena adanya palung di dekatnya. Sweet Couple harus berhati-hati dan menaati aturan yang berlaku kala berwisata ke sini.

Terlepas dari mitos yang ada dan bahaya di baliknya, Pantai Pelabuhan Ratu memiliki pemandangan yang fantastis. Pantai ini memiliki perpaduan pasir hitam dan pasir putih. Terdapat pula tebing karang yang terjal. Ombaknya yang besar menghadirkan sensasi tersendiri. Di sekelilingnya juga terdapat perbukitan dan hutan cagar alam sehingga suasana menjadi terasa asri.

Sweet Couple ingin berwisata ke sini? Alangkah baiknya untuk menyimak informasi lengkap terkait destinasi ini terlebih dahulu agar perjalanan Anda lebih menyenangkan. Yuk simak!

Lokasi Pantai Pelabuhan Ratu

Lokasi Pantai Pelabuhan Ratu berada di Kecamatan Pelabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat. Jaraknya sekitar 60 km dari pusat Kota Sukabumi. Akses menuju ke pantai ini sangat mudah karena didukung dengan jalan raya beraspal yang bisa dilalui beragam kendaraan darat mulai dari motor hingga bus. Tersedia pula bus dan elf dari Jakarta, Bogor, dan Sukabumi yang langsung menuju ke tempat ini.

Jam Operasional Pantai Pelabuhan Ratu

Pantai Pelabuhan Ratu memiliki jam operasional selama 24 jam nonstop dan buka setiap hari dari Senin hingga Minggu. Jadi, Sweet Couple tak perlu ragu jika tiba di sini saat pagi buta atau malam menjelang.

Harga Tiket Masuk Pantai Pelabuhan Ratu

Untuk Sweet Couple yang hendak wisata bahari ke Pantai Pelabuhan Ratu, Anda tak perlu merogoh kocek dalam. Harga tiket masuk di tempat wisata ini sangat terjangkau.

Bagi pejalan kaki, dikenakan biaya sebesar Rp3.000,00. Jika membawa sepeda motor, maka Anda akan dikenakan biaya sebesar Rp8.000,00. Bila menggunakan mobil atau kendaraan roda empat, maka Anda perlu membayar biaya sebesar Rp20.000,00.

Bagaimana? Murah kan? Jadi, tak ada alasan untuk tidak mengunjunginya ya.

Rekomendasi Aktivitas dan Objek Wisata Pantai Pelabuhan Ratu

Ada sejumlah aktivitas dan objek wisata yang bisa Sweet Couple kunjungi selama berada di Pantai Pelabuhan Ratu. Apa saja itu?

1. Menikmati Deburan Ombak

Belum ke pantai kalau belum menikmati deburan ombak. Ya, Pantai Pelabuhan Ratu dengan ombaknya yang besar terasa cukup menantang untuk dinikmati. Hal yang perlu diingat adalah Anda harus tetap hati-hati dan waspada karena salah-salah malah bisa terbawa ombak dan arus laut selatan yang kuat.

Pastikan Anda tidak terlalu ke tengah dan tidak melewati batas aman ya saat bermain ombak di pantai ini.

Baca Juga :  Pantai Watu Kodok yang Keindahannya Menohok Sanubari

2. Surfing

Bagi Sweet Couple pecinta olahraga surfing, Pantai Pelabuhan Ratu adalah surga. Ya, di sini Anda bisa melakukan olahraga ekstrim ini karena karakteristik ombak yang besar dan arus yang kencang.

Ada sejumlah titik di kawasan ini yang menjadi tujuan untuk para peselancar yakni Cimaja, Karangsari, Ombak Tujuh, Karang Haji, Sunset Beach, Batu Guram, dan Samudra Beach. Semuanya memiliki keunikan dan ciri khasnya masing-masing.

Salah satu spotnya yakni Cimaja bahkan menjadi destinasi surfing terkemuka di dunia dan sering diadakan lomba surfing internasional. Wajar saja karena ombaknya besar dan bisa mencapai ketinggian 4 meter. Menantang sekali ya?

3. Bermain Pasir

Tak lengkap ke pantai tanpa bermain pasir dan air apalagi jika bersama dengan anak-anak. Di Pantai Pelabuhan Ratu, Anda bisa menikmati pasir pantai yang lembut dan berwarna coklat. Pastinya seru sekali membuat istana pasir bersama anak-anak di sini.

Walau demikian, Anda tetap harus berhati-hati terutama saat bermain air di pantai ini. Apalagi ombak di sini tergolong besar dengan arus laut yang kuat. Jadi jangan sekali-kali berenang di pantai ini ya Sweet Couple.

4. Menikmati Panorama Sunrise dan Sunset

Pantai memang menjadi salah satu tempat terbaik untuk menikmati sunrise dan sunset. Di Pantai Pelabuhan Ratu ini, Anda bisa menikmati kedua momen istimewa tersebut. Saat pagi hari, Anda akan disuguhkan cahaya keemasan sembari menyambut hari yang indah. Saat senja hari, Anda akan disuguhkan semburat jingga yang merona kala mentari kembali ke peraduannya.

Hanya dengan duduk-duduk di pantainya sembari menikmati desiran angin dan mendengarkan deburan ombak, rasanya tak ada yang lebih romantis daripada itu ya.

5. Menonton Upacara Adat

Sebagai wilayah yang masih kuat dengan mitosnya, masyarakat di Pantai Pelabuhan Ratu masih sering melakukan ritual atau upacara adat pada waktu-waktu tertentu. Sweet Couple bisa menonton upacara adat tersebut kala berkunjung ke sini.

Salah satu upacara adat tersebut adalah Pesta Laut sebagai ungkapan syukur kepada Tuhan Yang Mahakuasa karena telah menganugrahkan rezeki kepada masyarakat khususnya nelayan. Mereka juga berharap bisa memperoleh tangkapan ikan yang lebih banyak melalui upacara ini. Biasanya masyarakat melarungkan sesaji dan kepala kerbau yang dihanyutkan di tengah laut.

Baca Juga :  Rute dan Transportasi ke Pantai Indrayanti yang Paling Mudah

Pesta Laut biasanya digelar berhari-hari dan diikuti dengan serangkaian kegiatan lainnya seperti kerja bakti, bakti sosial, dan pertunjukan kesenian tradisional setempat. Anda bisa menyaksikannya secara cuma-cuma loh. Menarik sekali ya.

6. Mengunjungi Kamar Keramat di Hotel Legendaris

Aktivitas yang tak boleh dilewatkan kala berwisata ke Pantai pelabuhan Ratu yakni mengunjungi kamar keramat di hotel legendaris. Ya, tak lain dan tak bukan adalah Kamar 308 di Hotel Inna Samudra Beach.

Hotel ini sudah dibangun sejak masa pemerintahan Presiden Soekarno. Pembangunannya juga bersamaan dengan sejumlah hotel legendaris lainnya di Indonesia seperti Hotel Indonesia, Inna Grand Bali Beach Hotel, dan lainnya.

Hal yang menarik dari hotel ini adalah terdapat kamar keramat yang dikhususkan untuk Ratu Laut Selatan, yakni Nyai Roro Kidul. Kamar tersebut adalah Kamar 308. Di dalamnya terdapat lukisan Nyai Roro Kidul yang dibuat oleh Maestro Pelukis Basuki Abdullah.

Walaupun mistis, tetapi daya tarik hotel dan kamar ini luar biasa loh. Banyak masyarakat yang antusias mengunjunginya karena penasaran dengan isi dan suasana kamar 308 ini. Pihak hotel sendiri menerapkan tarif sebesar Rp15.000,00 untuk mengunjungi kamar tersebut. Mau yang lebih seru? Anda bisa mencoba meditasi selama 1 jam di kamar ini dengan tarif sebesar Rp125.000,00.

Tertarik mencoba pengalaman ini?

Itulah ulasan lengkap mengenai Pantai Pelabuhan Ratu. Dengan berbagai keunikannya, pantai ini berhasil menarik antusiasme masyarakat untuk mengunjunginya. Walau ada cerita mistis di kawasan ini, tetapi pemandangannya yang fantastis berhasil memukau siapapun kala berada di sini.

Yuk rencanakan perjalanan dan liburan Anda ke destinasi ini!

Ingin membaca artikel kami yang lainnya? Download aplikasi Sweetrip Indonesia dengan klik di sini

Artikel disadur dari nativeindonesia.com, id.wikipedia.org, dan pantainesia.com