Pantai Pink Komodo Super Cantik Luar Dalam

Siapa bilang Taman Nasional Komodo hanya memiliki wisata alam melihat hewan Komodo? Tentu saja tidak. Taman Nasional ini terdiri dari banyak pulau dan perairan dengan keindahan yang luar biasa. Salah satunya adalah Pantai Pink Komodo.

Pantai ini merupakan salah satu destinasi wisata pantai paling populer di kawasan Taman Nasional Komodo. Pantai ini dikenal dengan pasir pantainya yang berwarna pink, sesuatu yang jarang ditemukan di berbagai pantai di dunia. Hal ini membuatnya terlihat begitu cantik untuk dikunjungi dan diabadikan.

Mengapa pasirnya bisa berwarna pink? Usut punya usut hal ini karena adanya pigmen foraminifera pada terumbu karang yang memberi warna merah. Serpihannya yang pecah hanyut serta terbawa ombak yang lama kelamaan menumpuk di pasir pantainya sehingga menimbulkan warna pink.

Gunakan aplikasi Sweetrip Indonesia untuk membaca resep lebih mudah
Unduh

Artikel Terkait:

Pantai Pink Komodo ini menjadi salah satu destinasi wajib untuk Sweet Couple kunjungi jika hendak ke Taman Nasional Komodo. Keindahannya tak boleh dilewatkan begitu saja. Kira-kira seperti apa sih pantai ini? Yuk langsung saja simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Lokasi

Pantai Pink Komodo ini sebenarnya merujuk pada 2 tempat. Mengapa demikian? Karena ada 2 pantai pink di kawasan Taman Nasional Komodo. Yang paling populer berada di Pulau Komodo dan yang berikutnya adalah Pantai Pink Pulau Padar.

Baca Juga :  5 Cara Menuju Pantai Klayar Pacitan

Untuk Pantai Pink di Pulau Komodo ukurannya tidak seluas di Pulau Padar dan memiliki ombak serta arus laut yang cukup kencang. Jika Anda ingin lebih leluasa, maka kunjungilah Pantai Pink Pulau Padar karena pantai ini luas, panjang, lebih sepi, dan airnya pun lebih tenang serta lebih bersih. Walau demikian, keduanya sama-sama memiliki keindahan yang tiada terperi.

Harga Tiket Masuk

Untuk mengunjungi Pantai Pink Komodo, Anda tidak dikenakan biaya yang mahal. Bagi para wisatawan domestik, akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp10.000,00 per orang. Jika ada wisatawan mancanegara, maka akan dikenakan biaya tiket masuk Rp50.000,00 per orang. Biaya ini belum termasuk sewa kapal dari dan menuju Labuan Bajo ya Sweet Couple.

Jam Operasional

Hingga saat ini, belum ada aturan yang jelas mengenai jam operasional Pantai Pink Komodo. Wisatawan disarankan untuk berkunjung ke pantai ini saat pagi hari hingga siang hari dan hindari saat sore jelang matahari terbenam. Hal ini mengingat suasananya yang masih alami dan sepi sehingga ada kemungkinan untuk bertemu hewan liar di sini. Apalagi jika Sweet Couple berada di Pantai Pink Pulau Komodo yang menjadi habitat utama hewan Komodo.

Baca Juga :  Pantai Papuma yang Cantiknya Bikin Terpesona

Rekomendasi Aktivitas dan Objek Wisata Pantai Pink

1. Berenang dan Bermain Air

Aktivitas yang tentu saja wajib dilakukan oleh wisatawan di Pantai Pink ini adalah berenang dan bermain air. Tak lengkap rasanya ke pantai tanpa melakukan aktivitas tersebut. Airnya yang sangat jernih sebening kristal dengan perpaduan warna gradasi membuat berenang di sini menjadi begitu menyenangkan. Apalagi ombaknya tidak seganas pantai-pantai yang ada di Pulau Jawa. Pastinya puas banget berenang dan bermain air di sini.

2. Bermain Pasir Pink

Namanya saja Pantai Pink yang identik dengan pasir berwarna pink. Oleh karena itu, aktivitas bermain pasir pink di pantai menjadi hal yang wajib Sweet Couple lakukan. Pasir pink berasal dari foraminifera yang membuat pigmen merah pada terumbu karang. Terumbu karang yang mati kemudian terbawa arus dan ombak lalu menumpuk di pantai ini. Alhasil warnanya pun jadi pink. Cantik sekali kan?

Namun, jangan sekali-kali mengambil pasirnya ya. Ingat, wilayah ini adalah taman nasional dan Anda tak boleh sembarangan mengambil sesuatu yang ada di dalamnya termasuk pasir pantai. Seperti kata pepatah,”Take nothing but pictures, Leave nothing but footprints, and Make nothing but memories.” Setuju banget kan?

Baca Juga :  Pantai Kuta Bali yang Bikin Ingin Kembali

3. Hunting Foto

Gak lengkap wisata ke pantai tanpa foto-foto. Pantai ini memiliki pesona yang luar biasa indah. Pasirnya yang pink, suasananya yang alami, ditambah airnya yang jernih membuatnya begitu sempurna untuk diabadikan. Bisa dibilang hampir setiap sudutnya instagrammable. Jadi, jangan sampai melewatkan kesempatan foto-foto di sini ya.

4. Snorkeling

Tak hanya alam pesisirnya yang indah, alam bawah laut di Pantai Pink juga tak kalah indah. Dengan aneka terumbu karang dan ikan berwarna-warni membuat pantai ini cocok banget untuk kegiatan snorkeling. Walau demikian, Sweet Couple tetap harus berhati-hati karena arus lautnya yang cukup kencang di sini. Jadi, kalau tidak mahir berenang selalu gunakan pelampung dan tidak berenang terlalu ke tengah ya.

Itulah ulasan lengkap mengenai Pantai Pink Komodo. Jadi makin tertarik untuk ke sini gak sih? Pastikan untuk tidak melewatkan destinasi ini sebagai daftar wajib kunjung liburan Anda ya.

Selamat berlibur!

Ingin membaca artikel kami yang lainnya? Download aplikasi Sweetrip Indonesia dengan klik di sini

Artikel disadur dari tempat.me dan penginapan.net