Pantai Pok Tunggal yang Cantiknya Tak Pernah Tanggal

Jogja memang tak pernah kehabisan destinasi wisata. Mulai dari yang terkenal seperti Malioboro, Kraton, dan Merapi sampai ke pantai-pantai tersembunyi di Gunung Kidul. Salah satunya adalah Pantai Pok Tunggal

Pantai ini merupakan rangkaian dari destinasi wisata pantai di Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Walau pantai ini tidak setenar pantai Gunung Kidul lainnya seperti Pantai Baron, Pantai Krakal, dan Pantai Indrayanti, tetapi keindahannya tak boleh dilewatkan begitu saja.

Nama Pok Tunggal diambil dari adanya pohon duras di kawasan pantai tersebut. Pohon ini dikenal sangat sulit tumbuh di daerah pesisir. Karena hanya ada satu-satunya di sini, pohon ini menjadi ikon utama di destinasi wisata ini.

JADI CONTENT CREATOR SWEETRIP DAN RASAKAN MANFAATNYA
GABUNG

Artikel Terkait:

Dengan pesona pantai berpasir putih, airnya yang jernih dengan rumput laut dan terumbu karang ditambah bukit kapur serta tebing di sekelilingnya membuat Pantai Pok Tunggal jadi destinasi wajib kunjung Sweet Couple kala berada di Jogja. Lumayan kan jadi menambah satu destinasi pantai wisata baru di Jogja?

Kira-kira seperti apa sih pantai ini? Yuk langsung saja simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Lokasi Pantai Pok Tunggal

Pantai Pok Tunggal terletak di Desa Tepus, Kecamatan Tepus , Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pantai ini berjarak sekitar 66-70 km dari Kota Yogyakarta. Anda perlu berkendara selama kurang lebih 2 jam melalui jalanan yang berliku-liku menembus perbukitan karst Gunung Kidul. Tak usah khawatir dengan kondisi jalannya karena sudah beraspal.

Baca Juga :  Transportasi ke Pantai Pangandaran yang Paling Mudah

Harga Tiket Masuk Pantai Pok Tunggal

Pantai Pok Tunggal merupakan salah satu destinasi wisata di Gunung Kidul Jogja dengan harga tiket masuk yang murah meriah. Dibandingkan dengan Tempat Wisata lainnya, pantai ini menetapkan tarif yang lebih murah. Sweet Couple hanya perlu membayar Rp10.000,00 untuk menikmati keindahan pantai ini. Langsung gas pol gak sih kalau semurah ini?

Jam Operasional Pantai Pok Tunggal

Pantai ini dibuka setiap hari selama 24 jam. Wisatawan disarankan untuk berkunjung ke pantai ini saat pagi hari sebelum matahari terik. Beberapa wisatawan juga berkunjung ke pantai ini saat sore hari untuk menyaksikan sunset. Pastikan Anda tidak pulang terlalu larut dari pantai ini ya karena kondisi jalanan yang berliku-liku dan minim penerangan membuatnya cukup rawan dari segi keamanan.

Rekomendasi Aktivitas dan Objek Wisata Pantai Pok Tunggal

Bermain Air dan Pasir

Aktivitas utama yang wajib dilakukan Sweet Couple ketika berkunjung ke Pantai Pok Tunggal adalah bermain air dan pasir. Sweet Couple bisa bermain air sekaligus berenang di tepiannya. Pastikan untuk tidak terlalu ke tengah karena tempat ini merupakan pantai selatan Jawa yang memiliki arus cukup kuat dan ombak yang terkadang berukuran besar. Namun, tenang saja kok ombaknya tidak sebesar yang ada di Pantai Parangtritis. Jadi, masih aman ya.

Anda juga wajib banget bermain di pasir putihnya yang membentang luas dan bersih. Mau berlarian di pasir, membuat istana pasir, atau sekadar duduk-duduk sudah mampu membuat Anda betah berlama-lama di sini. Jangan lupa ajak si kecil untuk bermain pasir di sini ya.

Baca Juga :  5 Cara Menuju Pantai Klayar Pacitan

Bersantai di Bawah Payung Pelangi

Salah satu daya tarik utama Pok Tunggal yakni adanya fasilitas berupa payung pelangi warna-warni. Payung ini bisa disewa oleh wisatawan kala berkunjung ke sini. Payungnya berjejer rapi di antara pasir putih yang menghampar luas.

Pastinya nikmat banget bersantai di bawah payung sambil menikmati keindahan pantai. Apalagi kalau sambil menyerutup kelapa muda. Hmmmm… segar banget tuh!

Camping

Buat Sweet Couple yang berkemah, Anda bisa mencoba camping di Pantai Pok Tunggal. Di sini, tersedia tempat untuk mendirikan tenda dan bermalam sambil menikmati suasana pantai yang syahdu. Seru banget kan camping sambil mendengarkan suara deburan ombak?

Pastinya camping di sini tetap aman dan nyaman kok karena adanya petugas yang mengawasi keamanan para wisatawan. Jadi, gak usah ragu untuk camping di sini ya!

Menjelajahi Bebatuan Karang

Salah satu daya tarik utama Pantai Pok Tunggal yakni adanya gua-gua bebatuan karang yang terbentuk secara alami. Lubangnya terbentuk karena gerusan ombak yang terjadi secara terus menerus.

Adanya deretan bebatuan karang ini begitu menarik untuk dieksplorasi. Pastikan untuk menjelajahinya ketika air laut sedang surut ya Sweet Couple.

Berfoto dengan Latar Belakang Pemandangan Alam

Gak afdol jika berwisata ke pantai tanpa berfoto, apalagi jika pantainya seindah Pantai Pok Tunggal. Anda wajib mengabadikan momen dengan latar belakang keindahan alam selama berada di sini.

Baca Juga :  10 Penginapan Instagramable dan Unik di Jogja

Sweet Couple bisa berfoto di pantainya yang berair biru gradasi dengan bukit dan tebing karang di pinggirannya. Mau foto dengan latar belakang pasir putihnya yang membentang luas? Oke juga tuh. Jadi bingung ya mau foto di mana? Apapun itu, hasilnya dijamin bagus selama berada di sini.

Menikmati Keindahan Alam

Salah satu hal yang sudah pasti dilakukan saat berada di pantai adalah menikmati pemandangan alam. Ya, keindahan alam selalu mampu memanjakan panca indra, termasuk yang ada di Pantai Pok Tunggal ini.

Sweet Couple bisa duduk santai di pinggir pantai sambil merasakan desiran angin pantai yang melenakan. Air lautnya yang berwarna biru gradasi berpadu dengan birunya langit serta tebing yang mengapit pantai membuat kita terpukau

Tak hanya itu, pasirnya yang bersih dan suasananya yang alami membuat kita tak henti-hentinya berdecak kagum atas anugrah Tuhan untuk alam Indonesia.

Itulah ulasan lengkap mengenai Pantai Pok Tunggal Gunung Kidul. Pastinya jadi makin tak sabar untuk mengunjunginya kan? Yuk langsung aja cari tanggal yang pas, siapkan uang, dan langsung cus ke sana!

Selamat berlibur Sweet Couple!

Ingin membaca artikel kami yang lainnya? Download aplikasi Sweetrip Indonesia dengan klik di sini

Artikel disadur dari travelspromo.com