Pantai Sadranan Spot Snorkeling Super Oke di Gunung Kidul Jogja

Jogja memang tak pernah kehabisan destinasi wisata. Mulai dari yang terkenal seperti Malioboro, Kraton, dan Merapi sampai ke pantai-pantai tersembunyi di Gunung Kidul. Salah satunya adalah Pantai Sadranan.

Pantai ini merupakan rangkaian dari destinasi wisata pantai di Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Walau pantai ini tidak setenar pantai Gunung Kidul lainnya seperti Pantai IndrayantiPantai Drini, atauapun Pantai Baron, tetapi keindahannya tak boleh dilewatkan begitu saja.

Nama Pantai ini diambil dari tradisi masyarakat setempat, Nyadran. Nyadran di sini yakni tradisi sedekah laut yang biasa diselenggarakan pada pasaran Pahing dalam Kalender Jawa setiap tahunnya. Biasanya momen ini akan ramai oleh wisatawan dan masyarakat setempat.

JADI CONTENT CREATOR SWEETRIP DAN RASAKAN MANFAATNYA
GABUNG

Artikel Terkait:

Seperti Pantai Nglambor, Pantai Sadranan ini terkenal sebagai salah satu spot snorkeling di Gunung Kidul Jogja. Jarang-jarang kan Sweet Couple bisa menemukan spot snorkeling di pantai selatan Jawa? Apalagi pantai selatan biasanya dikenal dengan ombaknya yang besar dan ganas. Spot snorkeling ini ibarat kepingan surga yang layak untuk disinggahi kala berada di Jogja.

Pantai di Jogja ini juga memiliki pasir putih yang halus dan membentang. Ombaknya juga tidak sebesar pantai Gunung Kidul lainnya. Selain itu, kehadiran pulau karang serta deretan terumbu karang membuat pantai ini aman untuk direnangi. Seru banget kan?

Tak heran bila pantai Sadranan ini menjadi salah satu destinasi wajib kunjung selama berada di Jogja. Kira-kira seperti apa ya keindahannya? Yuk langsung saja simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Lokasi Pantai Sadranan

Pantai Sadranan terletak di Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pantai ini berjarak sekitar 64 km dari Kota Yogyakarta. Anda perlu berkendara selama kurang lebih 2 jam melalui jalanan yang berliku-liku menembus perbukitan karst Gunung Kidul. Tak usah khawatir dengan kondisi jalannya karena sudah beraspal.

Jika belum puas ke Pantai Sadranan, maka Anda bisa berkunjung ke Pantai Slili, Pantai Sundak, dan Pantai Krakal yang letaknya berdekatan dengan pantai ini.

Harga Tiket Masuk Pantai Sadranan

Pantai Sadranan merupakan salah satu destinasi wisata di Gunung Kidul Jogja dengan harga tiket masuk yang murah meriah. Dibandingkan dengan Tempat Wisata lainnya, pantai ini menetapkan tarif yang lebih murah. Sweet Couple hanya perlu membayar Rp10.000,00 untuk menikmati keindahan pantai ini. Masih murah kan? Gaskan gak nih?

Jam Operasional Pantai Sadranan

Pantai ini dibuka setiap hari selama 24 jam. Wisatawan disarankan untuk berkunjung ke pantai ini saat pagi hari sebelum matahari terik. Beberapa wisatawan juga berkunjung ke pantai ini saat sore hari untuk menyaksikan sunset. Pastikan Anda tidak pulang terlalu larut dari pantai ini ya karena kondisi jalanan yang berliku-liku dan minim penerangan membuatnya cukup rawan dari segi keamanan.

Rekomendasi Aktivitas dan Objek Wisata di Pantai Sadranan

1. Snorkeling

Apa sih yang membuat Pantai Sadranan ini diminati oleh banyak wisatawan? Tak lain dan tak bukan tentu saja karena aktivitas snorkeling di pantai ini. Jarang-jarang kan pantai selatan Jawa di Jogja bisa dibuat untuk snorkeling?

Baca Juga :  Pantai Ujung Genteng, Mutiara Tersembunyi di Sukabumi

Sebagian besar wisatawan yang berkunjung ke sini tentunya tidak ingin melewatkan sensasi keseruan snorkeling. Keindahan pemandangan bawah laut di tempat wisata ini layak dinikmati. Air lautnya bersih dan jernih sehingga terumbu karang dapat terlihat jelas.

Tak usah khawatir bila Anda tak memiliki peralatan dan perlengkapan snorkeling. Sweet Couple dapat menyewa perlengkapan atau alat-alat snorkeling yang disediakan oleh para pengelola pantai. Mudah sekali kan?

2. Bermain Air dan Pasir

Aktivitas utama yang wajib dilakukan Sweet Couple ketika berkunjung ke Pantai Sadranan adalah bermain air dan pasir. Sweet Couple bisa bermain air sekaligus berenang di tepiannya.

Dengan air laut yang bersih dan jernih, pantai ini sangatlah nyaman untuk direnangi. Pastikan untuk tidak terlalu ke tengah karena ombak yang terkadang berukuran besar. Namun, tenang saja kok ombaknya tidak sebesar yang ada di Pantai Parangtritis. Jadi, masih aman ya.

Jangan lewatkan momen bermain di pasir putihnya yang membentang luas dan bersih. Anda bisa berlarian, berjalan kaki menyusuri pantai, atau membuat istana pasir. Cocok banget bila mengajak anak-anak ke pantai. Mereka pasti senang.

3. Berfoto dengan Keindahan Alam

Gak afdol jika berwisata ke pantai tanpa berfoto, apalagi jika pantainya seindah Pantai Sadranan. Anda wajib mengabadikan momen dengan latar belakang keindahan alam selama berada di sini.

Baca Juga :  Pantai Tanjung Bira Bulukumba, Titik Paling Selatan Pulau Sulawesi

Sweet Couple bisa berfoto di pantainya yang berair biru gradasi dengan bukit dan tebing karang di pinggirannya. Mau foto dengan latar belakang pasir putihnya yang membentang luas? Oke juga tuh.

Buat yang punya underwater camera, jangan lupa abadikan keindahan alam bawah lautnya saat snorkeling di pantai ini ya. Keren banget!

4. Menikmati Pemandangan Alam

Salah satu hal yang sudah pasti dilakukan saat berada di pantai adalah menikmati panorama alam pantai. Ya, keindahan pantai selalu mampu memanjakan panca indra, termasuk yang ada di Pantai Sadranan ini.

Sweet Couple bisa duduk santai di pinggir pantai sambil merasakan desiran angin pantai yang melenakan. Air lautnya yang berwarna biru gradasi berpadu dengan birunya langit serta tebing yang mengapit pantai membuat kita terpukau. Belum lagi suara deburan ombak yang menenangkan. Nikmat sekali rasanya.

Tak hanya itu, pasirnya yang bersih dan suasananya yang alami membuat kita tak henti-hentinya berdecak kagum atas anugrah Tuhan untuk alam Indonesia.

Ingin yang lebih keren? Cobalah mendaki bukit di dekatnya dan duduk-duduk santai di gazebo yang ada. Anda akan disuguhkan pemandangan laut, pantai yang membentang luas dari ketinggian.

Itulah ulasan lengkap mengenai Pantai Sadranan, Gunung Kidul, Jogja. Pastinya jadi makin tak sabar untuk mengunjunginya kan? Yuk langsung aja kosongkan tanggal dan cus ke sini!

Selamat berlibur Sweet Couple!

Ingin membaca artikel kami yang lainnya? Download aplikasi Sweetrip Indonesia dengan klik di sini

Artikel disadur dari nativeindonesia.com