Pantai Santolo Garut Surga Bahari di Swiss Van Java

Siapa bilang Garut tak punya pantai? Buktinya Garut punya Pantai yang menjadi salah satu destinasi wisata pantai terpopuler di Jawa Barat. Pantai tersebut bernama Pantai Santolo. Buat yang suka jalan-jalan atau warga Garut asli pasti tahu pantai ini.

Pantai ini merupakan bagian dari pantai selatan Jawa dan berhadapan langsung dengan Samudera Hindia. Ombaknya termasuk besar sehingga Sweet Couple harus berhati-hati saat berwisata di sini. Selalu ikuti aturan yang ada saat berkunjung.

Pantai Santolo memiliki pasir putih yang halus dan membentang panjang. Udaranya sejuk dan tak jauh dari jejeran pegunungan Priangan yang menghijau. Deburan ombak dan terumbu karang di pantai ini juga semakin menambah pesonanya.

Gunakan aplikasi Sweetrip Indonesia untuk membaca resep lebih mudah
Unduh

Artikel Terkait:

Keunikan lain dari pantai andalan garut ini adalah adanya area khusus untuk peluncuran roket LAPAN (Lembaga Peluncuran Antariksa Nasional). Jika sedang momennya dan beruntung, maka Anda bisa menyaksikan peluncuran roket dari dekat loh. Seru banget kan?

Kalaupun tidak ada momen tersebut, keindahan Pantai Santolo ini sangat layak untuk dinikmati. Pastinya penasaran kan? Yuk langsung saja simak ulasannya berikut ini!

Lokasi Pantai Santolo Garut

Pantai Santolo Garut berlokasi di antara Kecamatan Cikelet dan Kecamatan Pameungpeuk, Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat. Jarak tempuh dari pusat kota Garut menuju pantai ini kurang lebih sekitar 90 kilometer ke arah selatan. Waktu tempuh berkendara selama kurang lebih 2,5 hingga 3 jam.

Baca Juga :  Pantai Losari Ikon Kota Makassar yang Membanggakan

Akses menuju kawasan pantai ini harus melalui perbukitan dan hutan. Walau demikian, kondisi jalan sebagian besar sudah bagus dan beraspal. Jadi tak perlu khawatir lagi ya Sweet Couple. Yang terpenting adalah berhati-hati karena jalanannya berliku-liku dengan tanjakan serta tikungan tajam.

Jika bosan dengan pantai ini, maka Anda bisa bergeser ke Pantai Sayang Heulang yang letaknya berdekatan dengan pantai ini.

Jam Operasional Pantai Santolo Garut

Pantai Santolo Garut tidak memiliki jam operasional yang tetap seperti destinasi wisata pantai pada umumnya. Wisatawan dapat berkunjung ke pantai ini setiap hari dan setiap jam. Walau demikian, kami sarankan Sweet Couple untuk datang pada pagi hingga sore hari pukul 3-4 sore dan jangan ke sini saat hari gelap. Jalanan yang berbukit dan berliku melintasi perbukitan serta minim penerangan membuatnya cukup rawan dari segi keamanan.

Namun tak usah khawatir jika terlalu sore atau malam tiba di pantai ini. Anda bisa menginap di penginapan yang tersedia di sini atau sekadar tidur di kendaraan. Pantai ini buka 24 jam kok.

Harga Tiket Masuk Pantai Santolo Garut

Pantai Santolo Garut merupakan salah satu destinasi wisata di Garut dengan harga tiket masuk yang murah meriah. Dibandingkan dengan Tempat Wisata lainnya, pantai ini menetapkan tarif yang lebih murah. Sweet Couple hanya perlu membayar Rp75000,00 untuk menikmati keindahan pantai ini. Masih murah kan? Gaskeun gak nih?

Rekomendasi Aktivitas dan Objek Wisata di Pantai Santolo Garut

Bermain Air dan Pasir

Aktivitas utama yang wajib dilakukan Sweet Couple ketika berkunjung ke Pantai Santolo adalah bermain air dan pasir. Sweet Couple bisa bermain air sekaligus berenang di tepiannya. Anda bahkan bisa menyaksikan biota laut tanpa perlu berenang dan menyelam loh.

Baca Juga :  7 Objek Wisata Pantai Menganti Kebumen yang Paling Menakjubkan

Jika hendak berenang dan bermain air, pastikan untuk tidak terlalu ke tengah karena ombak yang terkadang berukuran besar. Apalagi pantai ini merupakan pantai selatan Jawa yang dikenal dengan ombak dan arus yang kuat.

Jangan lewatkan momen bermain di pasir putihnya yang membentang luas dan bersih. Anda bisa berlarian, berjalan kaki menyusuri pantai, atau membuat istana pasir. Cocok banget bila mengajak anak-anak ke pantai. Mereka pasti senang.

Berkeliling dengan Perahu

Sebagian besar wisatawan yang berkunjung ke sini tentunya ingin menikmati pantai. Biar makin puas dan leluasa, Sweet Couple bisa berkeliling dengan perahu di Pantai Santolo. Perahunya bisa disewa atau menggunakan perahu nelayan setempat.

Saat berperahu, Anda bisa merasakan sensasi ombak laut selatan yang menantang. Selain itu, aneka biota laut yang hidup di perairan pantai ini juga bisa dinikmati dengan leluasa dari atas perahu. Menarik sekali kan?

Bermain Watersport

Selain berenang dan bermain air, Sweet Couple juga bisa mencoba sensasi keseruan wahana air atau watersport. Pantai Santolo menyediakan wahana watersport untuk para pengunjung, seperti banana boat, donat boat, dan jetski. Semua bisa disewa dengan harga terjangkau.

Pastinya semua wahana tersebut aman untuk dicoba siapapun, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Sweet Couple bisa merasakan sensasi menguji adrenalin terutama ketika banana boat dan jetski membelah ombak. Seru banget kan?

Berfoto dengan Keindahan Alam

Gak afdol jika berwisata ke pantai tanpa berfoto, apalagi jika pantainya seindah Pantai Santolo. Anda wajib mengabadikan momen dengan latar belakang keindahan alam selama berada di sini.

Baca Juga :  Rute dan Transportasi ke Pantai Indrayanti yang Paling Mudah

Sweet Couple bisa berfoto di pantainya yang berpasir putih. Mau foto di kawasan karang atol dengan terumbu karang di Pulau Karang Kukus yang tak jauh dari pantai ini juga bagus. Mau berfoto di kawasan pelelangan ikan dengan aneka perahu nelayan warna-warni juga tak kalah menawan.

Pokoknya Pantai Santolo Garut ini akan memuaskan hasrat berfoto Anda until drop!

Menikmati Pemandangan Pantai

Salah satu hal yang sudah pasti dilakukan saat berada di pantai adalah menikmati panorama alam pantai. Ya, keindahan pantai selalu mampu memanjakan panca indra, termasuk yang ada di Pantai Santolo ini.

Sweet Couple bisa duduk santai di pinggir pantai sambil merasakan desiran angin pantai yang melenakan. Air lautnya yang berwarna biru gradasi berpadu dengan birunya langit membuat kita terpukau. Belum lagi suara deburan ombak yang mendebarkan. Nikmat sekali rasanya.

Tak hanya itu, pasirnya yang putih bersih dan suasananya yang alami membuat kita tak henti-hentinya berdecak kagum atas anugrah Tuhan untuk alam Indonesia.

Ingin yang lebih keren? Cobalah menuju ke Pulau Karang Kukus serta Pulau Santolo yang ada di dekatnya dan nikmati keasriannya. Dijamin bikin hati dan pikiran tenang.

Itulah ulasan lengkap mengenai Pantai Santolo, Garut, Jawa Barat. Pastinya jadi makin tak sabar untuk mengunjunginya kan? Yuk langsung aja kosongkan tanggal dan cus ke sini!

Selamat berlibur Sweet Couple!

Ingin membaca artikel kami yang lainnya? Download aplikasi Sweetrip Indonesia dengan klik di sini

Artikel disadur dari travelspromo.com dan piknikwisata.com