Beach Hopping di Pantai Sawarna yang Bikin Hati Penuh Warna

Siapa di sini yang suka banget sama pantai? Bagi Sweet Couple pecinta pantai, kami rekomendasikan Anda untuk mengunjungi Pantai Sawarna. Pantai yang berada di wilayah Lebak, Banten ini dijamin mampu memuaskan hasrat dan kecintaan Anda yang menggebu-gebu terhadap pantai.

Mengapa demikian? Karena di pantai ini Anda tidak akan sekadar mendapatkan 1 pantai, tetapi 7 pantai sekaligus! Ya, sebanyak itu loh pantai yang berada di wilayah ini. Wajar saja, Sawarna sendiri merupakan sebuah kawasan desa wisata. Kebetulan, Desa Wisata Sawarna berada di wilayah pesisir dan memiliki banyak wisata pantai sehingga Anda akan menemukan pantai dengan mudah.

Kalau seperti ini sih, rasanya bakal betah berada seharian di Sawarna. Oleh karena itu, kami pun menjadikannya sebagai rekomendasi pantai yang wajib dikunjungi para pecinta pantai.

Gunakan aplikasi Sweetrip Indonesia untuk membaca resep lebih mudah
Unduh

Artikel Terkait:

Berikut ini kami berikan informasi detail dan lengkap mengenai Pantai Sawarna beserta objek wisata yang bisa Anda kunjungi di dalamnya. Yuk simak ulasannya!

Lokasi Pantai Sawarna

Pantai Sawarna berada di wilayah pesisir selatan pulau Jawa dan masuk dalam wilayah Provinsi Banten. Lokasi tepatnya yakni di Desa Sawarna, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten.

Dari Jakarta, jarak menuju ke lokasi ini 183 hingga 234 kilometer. Walau agak jauh, tetapi keindahan pantai ini mampu menarik wisatawan ibukota untuk mengunjunginya.

Lokasinya memang terpencil, tetapi keindahan yang disajikan begitu spektakuler dan membuat siapapun jatuh hati. Tak usah khawatir soal akomodasi karena tersedia sejumlah penginapan terjangkau di kawasan Sawarna ini.

Akses dan Cara Menuju Pantai Sawarna

Bagi Sweet Couple yang hendak berkunjung ke Pantai Sawarna tak usah khawatir dengan akses dari dan menuju ke sana. Jarak dari Jakarta ke destinasi ini mencapai 234 kilometer dengan waktu tempuh enam hingga tujuh jam lamanya. Cukup lama memang, tetapi semuanya akan terbayarkan kala tiba di tujuan.

Berikut ini alternatif akses dan cara menuju Pantai Sawarna

Dari Jakarta

  • Jakarta – Ciawi, Bogor – Cibadak – Pelabuhan Ratu – Cisolok – Sawarna
  • Jakarta – Ciawi, Bogor – Cikidang – Pelabuhan Ratu – Cisolok – Sawarna
  • Jakarta – Bogor – Cijeruk – Cikidang/Cibadak – Pelabuhan Ratu – Cisolok – Sawarna
  • Jakarta – Serang – Pandeglang – Saketi – Malingping – Bayah – Sawarna
  • Jakarta – Rangkasbitung – Gunung Kencana – Malingping – Bayah – Sawarna
  • Jakarta – Cilegon – Anyer – Labuan – Malingping – Bayah – Sawarna
Baca Juga :  Penginapan di Pantai Indrayanti yang Paling Murah dan Nyaman

Dari Bandung

  • Bandung – Cianjur – Sukabumi – Cibadak – Pelabuhan Ratu – Cisolok – Sawarna

Rute di atas berlaku bagi Sweet Couple yang berkunjung ke Pantai Sawarna dengan kendaraan pribadi seperti mobil dan motor. Lalu, bagaimana untuk yang berkunjung dengan kendaraan umum? Berikut ini rinciannya:

Dari Jakarta

  • KRL Jakarta-Bogor
  • Angkot Stasiun Bogor-Terminal Bus Baranangsiang
  • Bus Bogor-Pelabuhan Ratu
  • Elf/Minibus Pelabuhan Ratu-Bayah
  • Ojek Bayah-Desa Wisata Sawarna

Dari Bandung

  • Terminal Leuwipanjang-Terminal Bus Sukabumi menggunakan Bus jurusan Bandung-Sukabumi
  • Bus Sukabumi-Pelabuhan Ratu
  • Elf/Minibus Pelabuhan Ratu-Sawarna

Dari Rangkasbitung

  • Terminal Mandala Rangkasbitung-Bayah/Cikotok menggunakan bus Rudi jurusan Rangkas-Bayah atau elf jurusan Rangkas-Bayah/Cikotok, turun di Bayah
  • Ojek Bayah-Sawarna

Jam Operasional Pantai Sawarna

Kabar gembira bagi Anda yang ingin mengunjungi Pantai Sawarna. Pantai ini terbuka 24 jam untuk siapapun. Jadi, Anda bebas mengunjunginya kapan saja. Namun, kami sarankan untuk tiba di Pantai Sawarna sebelum gelap agar lebih aman dan mudah mencari akomodasi.

Harga Tiket Masuk Pantai Sawarna

Untuk mengunjungi Pantai Sawarna, setiap wisatawannya akan dikenakan tarif masuk sebesar Rp5.000,00 per orang. Benar-benar murah dan terjangkau untuk destinasi wisata seindah ini.

Tarif parkir kendaraannya pun murah. Untuk motor dikenakan tarif sebesar Rp2.000,00 per motor dan untuk mobil sebesar Rp5.000,00 per mobil. Jadi, tak usah khawatir mahal ya Sweet Couple.

Aktivitas dan Objek Wisata di Pantai Sawarna

Ada beragam aktivitas yang bisa dilakukan dan objek wisata yang bisa disambangi di Pantai Sawarna. Aktivitas utama yang dapat Anda lakukan di sini adalah beach hopping alias bertamasya dari pantai ke pantai. Banyaknya pantai indah di kawasan ini membuat aktivitas beach hopping wajib dilakukan.

Pantai Tanjung Layar

instagram.com/nimahlaily

Pantai pertama yang wajib disambangi kala berada di kawasan Pantai Sawarna adalah Pantai Tanjung Layar. Pantai ini merupakan ikon dari kawasan destinasi Sawarna. Tak lengkap rasanya jika berada di sini tanpa berwisata di Tanjung Layar.

Pantai Tanjung Layar memiliki pemandangan yang menakjubkan sekaligus unik. Terdapat karang raksasa di tengah laut dengan bentuk menyerupai layar dari sebuah perahu/kapal. Berdasarkan cerita yang berkembang turun temurun, karang tersebut merupakan perwujudan dari layar kapal milik Sangkuriang.

Baca Juga :  Pantai Santolo Garut Surga Bahari di Swiss Van Java

Pesona batu karang layar raksasa inilah yang mampu membius setiap insan kala berada di Sawarna. Dengan pemandangan yang menakjubkan, banyak wisatawan yang mengabadikan momen di Pantai Tanjung Layar. Cobalah untuk mengabadikannya, terutama saat momen senja tiba. Dijamin luar biasa indah.

Pantai Karang Taraje

instagram.com/dikdik_281

Bagi Sweet Couple pecinta adrenalin dan tantangan, Pantai Karang Taraje bisa menjadi pilihan destinasi kala berada di Sawarna. Pasalnya, pantai ini berbeda dengan pantai Sawarna lainnya yang berpasir. Pantai ini justru berkarang dengan bentuk bertingkat laksana tangga yang berundak.

Pemandangan pantai ini semakin memukau ketika ombak besar datang menghempas karang. Hempasan ombak dari balik batu karang tersebut menciptakan pemandangan seperti air terjun yang mengalir turun ke karang. Hal ini sering terjadi ketika musim ombak sedang besar.

Kami imbau Anda untuk tetap berhati-hati kala berada di lokasi ini. Jangan sekali-kali datangi bagian karang yang terjal karena Anda bisa saja terkena hempasan ombak yang besar. Anda bisa terjatuh, terluka, bahkan terseret atau tenggelam. Fatal sekali bukan? Jadi, selalu jaga kewaspadaan Anda di sini ya.

Pantai Pasir Putih Ciantir

instagram.com/slmaamz

Bagi pecinta surfing, kami sarankan Anda untuk mengunjungi Pantai Pasir Putih Ciantir di kawasan Sawarna. Pantai ini memiliki ombak besar dan tinggi, bahkan bisa mencapai ketinggian 7 meter di musim tertentu. Benar-benar ombak yang sempurna untuk berselancar.

Lalu, bagaimana dengan Sweet Couple yang bukan peselancar? Tak usah khawatir! Pantai Pasir Putih Ciantir tetap bisa dinikmati kok. Pasir putihnya yang terhampar luas membuat Anda leluasa beraktivitas di sini. Anda bisa bermain pasir, berjemur, bermain voli, atau sekadar bersantai menikmati pemandangan.

Pantai ini juga masih tergolong aman untuk direnangi karena sudah ada penanda dan batas area yang aman untuk berenang serta area yang terlarang untuk berenang. Penjaga pantai juga tersedia di sini. Walau demikian, kewaspadaan tetap harus dimulai dari diri sendiri ya.

Pantai Legon Pari

instagram.com/rafihehanusa_28

Ingin menikmati sunrise dan sunset dari tempat yang sama? Anda bisa mengunjungi Pantai Legon Pari yang masih berada satu kawasan dengan Desa wisata pantai Sawarna. Pantainya yang berbentuk teluk hampir setengah lingkaran sempurna ini memampukan kita untuk menyaksikan sunrise dan sunset di pantai yang sama. Tentunya, waktu untuk menyaksikan kedua momen tersebut berbeda ya.

Karakteristik dari pantai ini berpasir putih nan lembut, alami, dan bersih. Ombaknya tergolong lebih tenang sehingga aman untuk direnangi. Tempatnya yang sepi dan belum banyak dikunjungi wisatawan membuat suasana lebih tenang. Cocok banget untuk tempat menyepi dan menikmati keindahan alam.

Baca Juga :  Pantai Karang Potong, Wisata Pantai Viral di Cianjur

Pantai Goa Langir

instagram.com/thesysca

Ingin menikmati pantai bernuansa alami dengan goa besar di sisinya? Kunjungilah Pantai Goa Langir kala berada di kawasan Sawarna. Sesuai dengan namanya, pantai ini memiliki goa besar di bibirnya. Kala air pasang tiba, air laut bisa masuk ke dalam goa.

Nama Langir sendiri diambil dari bahasa Sunda yang berarti Kalajengking. Walau demikian, tak usah khawatir ya karena itu hanya nama. Terdapat bebatuan stalagtit dan stalagmit yang mempesona dan sudah ada sejak ratusan tahun lamanya.

Pantainya sendiri masih asri dan alami karena belum banyak orang yang mengunjunginya. Cocok banget untuk pecinta ketenangan nih.

Pantai Karang Beureum

instagram.com/mahathireza

Pantai lainnya yang tak boleh dilewatkan kala berada di Sawarna adalah Pantai Karang Bereum. Pantai yang memiliki banyak bebatuan karang ini begitu mempesona kala senja tiba. Semburat jingga dari mentari senja membuat bebatuan karangnya seolah-olah berwarna kemerahan. Oleh karena itu, pantai ini disebut karang bereum karena berwarna merah, yang dalam bahasa Sunda disebut beureum.

Dengan ombak yang tenang, formasi bebatuan karang yang unik, ditambah lagi pesonanya yang cantik saat momen matahari terbenam atau sunset, membuat pantai ini menjadi daftar wajib kunjung di Pantai Sawarna.

Pantai Pulo Manuk

instagram.com/sintaamelia99

Pantai eksotis lainnya yang perlu Anda kunjungi di Sawarna adalah Pantai Pulo Manuk. Sesuai namanya, di pantai ini terdapat pulau yang menjadi tempat singgah kawanan burung. Suasananya masih sangat alami karena berbatasan langsung dengan hutan. Anda bisa dengan mudah menjumpai hewan-hewan seperti kera dan lutung yang jinak.

Ombak di pantai ini tenang sehingga cocok untuk berenang atau sekadar bermain air. Untuk berfoto-foto pun juga cocok karena pemandangannya cantik. Namun, waspada dengan kera yang ada di sekitarnya ya agar barang bawaan Anda tidak diambil oleh hewan tersebut.

Banyak sekali ya aktivitas beach hopping yang bisa dilakukan kala berada di Pantai Sawarna. Destinasi ini memang surganya pantai di kawasan Banten dan layak dikunjungi bagi para pecinta pantai. Walau lokasinya jauh dan memakan waktu tempuh cukup lama, tetapi semuanya akan terbayarkan dengan sempurna kala tiba di sini.

Yuk kunjungi pantai ini dan lakukan beach hopping seharian di sini! Dijamin puas deh mantainya!

Artikel disadur dari pantainesia.com dan sawarna.net