Pantai Tanjung Bira Bulukumba, Titik Paling Selatan Pulau Sulawesi

Sulawesi selalu punya pesona tersendiri. Alamnya eksotis dan memukau siapapun. Apalagi alam pantainya yang cantik, seperti Pantai Tanjung Bira Bulukumba ini. Berlokasi di ujung selatan pulau Sulawesi, keindahan pantai ini seolah tak berujung.

Pantainya berpasir putih panjang menghampar. Air lautnya jernih dan bening dengan warna perpaduan biru gradasi. Di pantai ini, Sweet Couple bahkan masih bisa menemukan terumbu karang nan cantik. Masih kurang? Ada spot tebing batu karang yang tak kalah memukau untuk dipandang.

Destinasi wisata pantai di Sulawesi Selatan ini merupakan destinasi unggulan selain Pantai Losari. Oleh karena itu, aksesnya mudah dan fasilitasnya pun lengkap. Mulai dari akomodasi, rumah makan, hingga toilet dan tempat ibadah semua ada di sini. Jadi wisatawan tak usah risau kala bertandang kemari.

Gunakan aplikasi Sweetrip Indonesia untuk membaca resep lebih mudah
Unduh

Hal menarik lain dari salah satu pantai unggulan Bulukumba ini adalah dikenal sebagi pantai kampung Phinisi. Mengapa demikian? Karena tak jauh dari sini terdapat tempat pembuatan Kapal Phinisi oleh masyarakat setempat yang berprofesi sebagai perajin kapal. Luar biasa kan?

Biar Sweet Couple tak penasaran, lebih baik langsung saja simak ulasan lengkapnya berikut ini yuk!

Lokasi Pantai Tanjung Bira Bulukumba

Pantai Tanjung Bira berlokasi di Jalan Tanjung Bira, Bonto Bahari, Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan. Lokasi pantai ini berada di ujung selatan Pulau Sulawesi dan mudah dicapai dengan kendaraan apapun. Di sekitarnya juga terdapat aneka penginapan dan restoran yang bisa dikunjungi.

Baca Juga :  Pantai Senggigi, Wisata Pantai Terbaik di Lombok

Jarak dari Kota Makassar ke pantai ini sekitar 200 km. Cukup jauh memang karena perlu menempuh 5-6 jam perjalanan melintasi Kota Makassar, Kabupaten Gowa, Kabupaten Takalar, Kabupaten Jeneponto, Kabupaten Bantaeng, hingga Kabupaten Bulukumba.

Namun tak usah risau karena pemandangan indah khas Sulawesi Selatan di sepanjang perjalanan akan memanjakan mata Anda.

Jam Operasional Pantai Tanjung Bira Bulukumba

Tak usah khawatir bila hendak berwisata ke Pantai Tanjung Bira Bulukumba. Pantai ini bisa dikunjungi kapanpun dan jam berapapun. Pantai ini merupakan terbuka selama 24 jam. Mau pagi, siang, sore, atau malam, pantai ini selalu buka.

Kami sarankan Sweet Couple datang saat pagi hari mulai dari jam 5 pagi hingga jam 10 pagi. Suasananya tenang dan Anda bisa menyaksikan sunrise dari sini. Apalagi airnya sangat jernih, tenang, dan bikin betah berlama-lama di sini.

Harga Tiket Masuk Pantai Tanjung Bira Bulukumba

Untuk menikmati destinasi wisata ini, Sweet Couple akan dikenakan biaya Rp10.000,00 untuk wisatawan domestik dan Rp20.000,00 untuk wisatawan mancanegara. Harga tiket tersebut berlaku saat hari-hari biasa.

Bila tanggal merah atau weekend, maka harga tiket menjadi Rp15.000,00 untuk wisatawan domestik dan Rp25.000,00 untuk wisatawan mancanegara.

Harga tiket masuknya masih tergolong murah, apalagi untuk pantai secantik dan seindah ini. Rasanya benar-benar sebanding banget untuk menikmati keindahan yang mahal ini.

Rekomendasi Aktvitas dan Objek Wisata Pantai Tanjung Bira Bulukumba

1. Bermain Air dan Pasir Pantai

Aktivitas utama yang wajib dilakukan Sweet Couple ketika berkunjung ke Pantai Tanjung Bira adalah bermain air dan pasir. Sweet Couple bisa bermain air sekaligus berenang di tepiannya. Pantai ini begitu sempurna untuk yang suka main air dan berenang karena airnya jernih dengan warna biru gradasi dan berombak tenang. Pasti puas banget deh main air di sini,

Baca Juga :  Taka Makassar, Surga yang Tersasar di Bumi

Jangan lewatkan momen bermain di pasir putihnya yang membentang sangat luas dan bersih. Anda bisa berlarian, berjalan kaki menyusuri pantai, atau membuat istana pasir. Ajak juga si kecil untuk bermain pasir di sini ya.

2. Snorkeling

Mau menikmati keindahan alam bawah laut? Pantai Tanjung Bira menjadi salah satu tempat yang kami rekomendasikan untuk aktivitas tersebut. Sweet Couple bisa snorkeling di sini loh. Airnya jernih dan terumbu karangnya masih banyak yang terjaga. Tak heran bila tempat ini menjadi salah satu destinasi snorkeling di Sulawesi Selatan.

Anda juga bisa menyewa perahu untuk mengunjungi sejumlah spot snorkeling di pulau-pulau sekitar pantai ini seperti Pulau Liukang Loe dan Pulau Kambing. Pastinya Anda akan disuguhkan panorama alam bawah laut yang memukau.

3. Titik Nol KM Sulawesi Selatan

Jika sudah berada di Pantai Tanjung Bira, maka Sweet Couple wajib mendatangi Titik Nol KM Sulawesi Selatan. Titik nol ini tak hanya sekadar ujung Sulawesi Selatan, tetapi juga merupakan titik paling selatan Pulau Sulawesi. Keren banget kan bisa mencapai ujung ini?

Tempat ini berupa tebing bebatuan karang dengan dermaga yang menghadap ke laut. Pemandangannya cantik karena air lautnya jernih dengan warna biru gradasi nan memukau. Walau akses jalannya tidak terlalu bagus, tetapi semua terbayar kala berada di sini.

4. Menyaksikan Proses Pembuatan Kapal Phinisi

Bukan hanya pemandangannya yang cantik, kehidupan dan budaya masyarakat di Pantai Tanjung Bira ini juga menarik. Tahukah Sweet Couple jika pantai ini merupakan lokasi pembuatan Kapal Phinisi? Ya, kapal tradisional milik masyarakat Sulawesi Selatan dan Suku Bugis ini dirakit di sini.

Anda bisa menyaksikan proses pembuatan kapal legendaris tersebut selama berada di kawasan Tanjung Bira. Sebagai pusat pembuatan Kapal Phinisi di Indonesia, tempat ini dipenuhi perajin yang berdedikasi tinggi. Hal ini semakin menguatkan pendapat yang menyatakan bahwa nenek moyang bangsa Indonesia adalah pelaut nan tangguh. Setuju banget kan?

Baca Juga :  10 Rekomendasi Penginapan di Kuta Bali untuk Liburan Anda

5. Berfoto dengan Latar Belakang Keindahan Alam

Gak afdol jika berwisata ke pantai tanpa berfoto, apalagi jika pantainya seindah Pantai Tanjung Bira. Anda wajib mengabadikan momen dengan latar belakang keindahan alam selama berada di sini.

Sweet Couple bisa berfoto di pantainya yang berair jernih dan warna biru gradasi. Anda juga bisa berfoto di pantai yang berlatar tebing karang eksotis. Mau foto dengan latar belakang pasir putihnya yang membentang luas? Oke juga tuh.

Jadi bingung ya mau foto di mana? Apapun itu, hasilnya dijamin bagus selama berada di sini.

6. Menikmati Pemandangan Alam Pantai

Salah satu hal yang sudah pasti dilakukan saat berada di pantai adalah menikmati panorama pantai. Ya, keindahan pantai selalu mampu memanjakan panca indra, termasuk yang ada di Pantai Tanjung Bira ini.

Sweet Couple bisa duduk santai di pinggir pantai sambil merasakan desiran angin pantai yang melenakan. Air lautnya yang berwarna biru gradasi berpadu dengan birunya langit serta tebing karang pantai membuat kita terpukau. Belum lagi hamparan pasir putih yang membentang luas. Cantik sekali.

Tak hanya itu, pasirnya yang bersih dan suasananya yang alami membuat kita tak henti-hentinya berdecak kagum atas anugrah Tuhan untuk alam Indonesia. Puas banget deh berlama-lama di sini.

Itulah ulasan lengkap mengenai Pantai Tanjung Bira, Bulukumba, Sulawesi Selatan. Pastinya jadi makin tak sabar untuk mengunjunginya kan? Yuk langsung aja kosongkan tanggal dan cus ke sini!

Selamat berlibur Sweet Couple!

Ingin membaca artikel kami yang lainnya? Download aplikasi Sweetrip Indonesia dengan klik di sini

Artikel disadur dari gotravelaindonesia.com dan nativeindonesia.com