6 Wisata Pantai Tulungagung yang Wajib Dikunjungi Usai PPKM

Pandemi Corona berangsur-angsur mulai mereda. PPKM mulai dilonggarkan dan banyak daerah, termasuk Tulungagung. Hal ini membuat orang mulai berencana kembali berwisata, salah satunya wisata ke Pantai Tulungagung.

Tulungagung tak hanya dikenal sebagai kota penghasil marmer. Ada banyak destinasi wisata Pantai Tulungagung yang layak untuk dikunjungi usai PPKM ini. Pastinya pantai-pantai yang ada di wilayah ini memiliki pesona tersendiri dan mampu membius para wisatawan.

Pantai Tulungagung termasuk dalam jejeran pantai selatan Jawa. Pantai-pantainya menghadap langsung ke Samudra Hindia. Karakteristik pantai di kawasan ini yakni terdapat jajaran perbukitan di sekelilingnya, rata-rata berpasir putih, dan memiliki ombak yang cenderung besar. Sweet Couple harus berhati-hati dan mematuhi peraturan yang berlaku ketika berkunjung ke pantai di kawasan ini.

Gunakan aplikasi Sweetrip Indonesia untuk membaca resep lebih mudah
Unduh

Ada begitu banyak pantai di wilayah ini, tetapi setidaknya ada 7 pantai Tulungagung yang wajib Anda kunjungi. Apalagi dengan dilonggarkannya PPKM dan pembukaan tempat wisata, rasanya kurang lengkap jika tidak menyempatkan diri berwisata ke Tulungagung, termasuk pantai-pantainya.

Sweet Couple pasti penasaran kan di mana saja sih Pantai Tulungagung yang wajib dikunjungi usai PPKM? Daripada berlama-lama, yuk langsung saja simak ulasan lengkapnya berikut ini!

1. Pantai Popoh

Gambar diambil dari instagram.com/rizkadesmasanti

Pantai Tulungagung pertama yang wajib Anda kunjungi usai PPKM yakni Pantai Popoh. Pantai ini merupakan salah satu destinasi wisata unggulan di Kabupaten Tulungagung. Ketenarannya tak hanya di kalangan wisatawan domestik, tetapi juga di kalangan wisatawan mancanegara.

Pantai Popoh memiliki bentuk berupa teluk dengan air berwarna biru dan terdapat banyak kapal serta perahu nelayan. Wajar saja, tempat ini juga terkenal sebagai TPI (Tempat Pelelangan Ikan) Popoh. Sweet Couple bisa loh berbelanja ikan-ikan hasil tangkapan nelayan di sana.

Baca Juga :  Tips Naik Kendaraan Umum Saat Pandemi Corona

Soal pemandangan, Pantai Popoh tergolong cantik. Perpaduan teluk berwarna biru, langit yang juga berwarna biru, ditambah dengan bukit hijau dan tebing di sekelilingnya membuat suasana terasa asri. Jangan lewatkan berfoto di bukit dengan pemandangan pantai dan laut sebagai latar belakang. Paling cakep foto saat sedsng menikmati sunset alias matahari terbenam.

Sudah terbayang kan betapa syahdunya suasana di sini?

2. Pantai Kedung Tumpang

Gambar diambil dari instagram.com/ari_purwantoro

Pantai Tulungagung kedua yang tak boleh dilewatkan yakni Pantai Kedung Tumpang. Pantai yang terletak di Kecamatan Pucang Laban, Kabupaten Tulungagung ini memiliki pesona yang luar biasa dan wajib untuk dikunjungi usai PPKM.

Pantai Kedung Tumpang agak berbeda dengan pantai lainnya di kawasan Tulungagung. Jika pantai lain memiliki hamparan pasir di sekelilingnya, maka lain halnya dengan pantai ini. Hanya ada bebatuan karang terjal di kawasan ini. Oleh karena itu, tidak disarankan untuk berenang langsung di sini.

Keindahan utama dari pantai ini yakni adanya kolam alami di bagian bebatuan karangnya. Kolam tersebut berisi air laut dari deburan ombak laut selatan yang menghempas pesisir dengan kuatnya. Airnya bening dan jernih. Belum lagi pemandangan laut lepas dengan ombak yang besar membuat sensasi berendam di sini begitu luar biasa.

Rasakan sensasi berendam di kolam alami berlukiskan samudra dan langit yang membiru. Keren banget kan?

3. Pantai Sine

Gambar diambil dari instagram.com/ainurrchmh05

Pantai Sine merupakan pantai yang tengah naik daun di Tulungagung. Hal ini karena adanya rencana pembangunan dermaga pelabuhan di pantai ini oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan. Pembangunan bertujuan untuk mengakomodasi para nelayan di kawasan Tulungagung.

Pantai Sine sendiri berlokasi di Desa Kalibatur, Kecamatan Kalidawir, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur. Fasilitasnya sudah tergolong lengkap mulai dari area parkir, toilet, musholla, restoran, dan toko oleh-oleh. Wisatawan pun jadi lebih nyaman berlama-lama di sana.

Baca Juga :  Negara di Dunia yang Menerapkan Lockdown karena Virus Corona

Pantai Sine berada di kawasan teluk dan cenderung menghadap ke arah timur. Oleh karenanya, pantai ini lebih cocok dikunjungi untuk menikmati pemandangan matahari terbit atau sunrise. Sweet Couple bisa mencoba pengalaman berburu sunrise di sini. Dijamin memuaskan!

Selain itu, Pantai Sine juga memiliki ombak tergolong besar. Pantai ini juga memiliki panorama tebing dan hutan hijau di sekelilingnya. Benar-benar terasa alami ya.

4. Pantai Sioro

Gambar diambil dari instagram.com/wu_whil

Ingin menikmati suasana pantai ala private beach? Tak usah jauh-jauh ke resort Bali atau Lombok. Sweet Couple juga bisa menikmatinya di pantai Tulungagung yang satu ini, yakni Pantai Sioro.

Pantai Sioro dikenal karena suasananya yang masih alami. Lokasi tersembunyi dan cukup sulit dijangkau. Walau demikian, keindahannya begitu mempesona. Pantainya berpasir putih dan memiliki ombak yang cenderung lebih tenang.

Perbukitan yang melingkupi pantai ini dengan pepohonan di sekelilingnya semakin menambah keasrian dari Pantai Sioro. Cocok banget untuk Anda yang mendambakan kedamaian, ketenangan, dan ketentraman. Dijamin bakal betah berlama-lama di sini.

5. Pantai Coro

Gambar diambil dari instagram.com/lelinfs

Coro dalam bahasa Jawa berarti kecoak, salah satu serangga yang dibenci banyak orang karena dianggap menjijikan. Namun, kalau Coro yang di Tulungagung ini dijamin malah bikin terpesona dan ingin berlama-lama menikmatinya. Kok bisa sih?

Rupanya, Coro yang ada di Tulungagung ini merupakan nama dari salah satu pantai di wilayah tersebut. Pantai Coro merupakan salah satu destinasi wisata pantai Tulungagung yang ramai dikunjungi wisatawan terutama saat hari libur tiba.

Bagaimana tidak? Pantainya berpasir putih dan memiliki banyak terumbu karang di pesisirnya. Terdapat banyak pepohonan di pinggiran pantainya sehingga membuat suasana lebih teduh. Pantas saja wisatawan betah dan senang berlama-lama kala berada di Coro yang satu ini ya.

Baca Juga :  Pantai Pandawa Bali Super Fenomenal Favorit Wisatawan Lokal

6. Pantai Gemah

Gambar diambil dari instagram.com/hestiidp

Last, but not least. Pantai Gemah Tulungagung menjadi destinasi wisata pantai Tulungagung terakhir yang wajib dikunjungi usai PPKM.

Pantai yang ada di dekat Jalan Lintas Selatan Jawa ini sangat mudah diakses dan memiliki fasilitas yang lengkap untuk wisatawan. Di sini, Sweet Couple bisa menyewa ATV dan mengendarainya sambil berkeliling pantai. Tak hanya itu, terdapat beragam warung makan guna memuaskan hasrat kuliner Anda di sini. Paling pas menikmati seafood di pantai ini.

Pemandangannya juga bagus dengan pasir putih, langit yang cerah, dan laut biru yang membentang luas. Anda juga bisa menikmati panorama sunrise dan sunset sekaligus di tempat yang sama. Luar biasa bukan?

Itulah 6 wisata Pantai Tulungagung yang wajib dikunjungi usai PPKM. Sebenarnya, masih ada banyak pantai lainnya di wilayah ini. Tentunya tak cukup jika dibahas satu semuanya. Kami pilihkan yang terbaik versi kami untuk Anda.

Kita semua tentu berharap agar PPKM turun level dan semakin longgar. Kabupaten Tulungagung sendiri saat ini berada di PPKM Level 3. Walau sejumlah tempat wisata di sini belum dibuka, tetapi tak ada salahnya kan bila berencana untuk berkunjung ke sini usai PPKM? Siapa tahu ke depannya PPKM turun level lagi dan tempat wisata di Tulungagung makin banyak yang dibuka.

Jadi, kapan berwisata ke Tulungagung? Yuk ajak keluarga dan orang tersayang Sweet Couple untuk berkunjung ke sini!

Ingin membaca artikel kami yang lainnya? Download aplikasi Sweetrip Indonesia dengan klik di sini

Artikel disadur dari piknikwisata.com