Pantai Watu Kodok yang Keindahannya Menohok Sanubari

Jogja memang tak pernah kehabisan destinasi wisata. Mulai dari yang terkenal seperti Malioboro, Kraton, dan Merapi sampai ke pantai-pantai tersembunyi di Gunung Kidul. Salah satunya adalah Pantai Watu Kodok.

Pantai ini merupakan rangkaian dari destinasi wisata pantai di Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Walau pantai ini tidak setenar pantai Gunung Kidul lainnya seperti Pantai Baron, Pantai Krakal, dan Pantai Indrayanti, tetapi keindahannya tak boleh dilewatkan begitu saja.

Dengan pesona pantai berpasir putih nan luas membentang, ditambah bukit dan tebing di sekelilingnya serta suasanan yang alami membuat Pantai Watu Kodok jadi destinasi wajib kunjung Sweet Couple kala berada di Jogja. Lumayan kan jadi menambah satu destinasi wisata pantai baru di Jogja?

Gunakan aplikasi Sweetrip Indonesia untuk membaca resep lebih mudah
Unduh

Artikel Terkait:

Kira-kira seperti apa sih pantai ini? Yuk langsung saja simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Lokasi Pantai Watu Kodok

Pantai Watu Kodok terletak di Banjarejo, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pantai ini berjarak sekitar 64 km dari Kota Yogyakarta. Anda perlu berkendara selama kurang lebih 2 jam melalui jalanan yang berliku-liku menembus perbukitan karst Gunung Kidul. Namun tak usah khawatir karena kondisi jalan sudah beraspal dan mulus jadi perjalanan pun lebih lancar.

Baca Juga :  Pantai Papuma yang Cantiknya Bikin Terpesona

Harga Tiket Masuk Pantai Watu Kodok

Pantai Watu Kodok merupakan salah satu destinasi wisata di Gunung Kidul Jogja dengan harga tiket masuk yang murah meriah. Sweet Couple hanya perlu membayar Rp10.000,00 untuk menikmati keindahan pantai ini. Langsung cus gak nih kalau semurah ini?

Jam Operasional Pantai Watu Kodok

Pantai Watu Kodok dibuka setiap hari mulai selama 24 jam. Jadi Anda bisa datang kapanpun sesukanya. Wisatawan disarankan untuk berkunjung ke pantai ini saat pagi hari sebelum matahari terik. Beberapa wisatawan juga berkunjung ke pantai ini saat sore hari untuk menyaksikan sunset.

Pastikan Anda tidak pulang terlalu larut dari pantai ini ya karena kondisi jalanan yang berliku-liku dan minim penerangan membuatnya cukup rawan dari segi keamanan. Namun, kalau mau menginap juga bisa karena tersedia area untuk camping di sini dan cukup membayar Rp5.000,00 hingga Rp10.000,00 per orangnya.

Rekomendasi Aktivitas Pantai Watu Kodok

Menyaksikan Batu Karang yang Mirip Kodok

Salah satu daya tarik utama Pantai Watu Kodok yakni adanya batu karang yang menyerupai Kodok. Sesuai namanya, pantai ini memperoleh namanya dari batu karang tersebut.

Adanya deretan bebatuan karang di sekitar pantai berpadu dengan hamparan pasir putih semakin menambah keindahan tempat ini. Jangan sampai lewatkan spot ini kala berkunjung ke Watu Kodok ya Sweet Couple.

Baca Juga :  Pantai Losari Ikon Kota Makassar yang Membanggakan

Camping di Tepi Pantai

Buat Sweet Couple yang suka konsep back to nature, Anda bisa mencoba camping di Pantai Watu Kodok. Di sini, tersedia tempat untuk mendirikan tenda dan bermalam sambil menikmati suasana pantai yang syahdu. Seru banget kan camping sambil mendengarkan suara deburan ombak?

Pastinya camping di sini tetap aman dan nyaman kok karena adanya petugas yang mengawasi keamanan para wisatawan. Jadi, gak usah ragu untuk camping di sini ya!

Bermain Air dan Pasir Pantai

Aktivitas utama yang wajib dilakukan Sweet Couple ketika berkunjung ke Pantai Watu Kodok adalah bermain air dan pasir. Sweet Couple bisa bermain air sekaligus berenang di tepiannya. Pastikan untuk tidak terlalu ke tengah karena tempat ini merupakan pantai selatan Jawa yang memiliki arus cukup kuat dan ombak yang terkadang berukuran besar. Namun, tenang saja kok ombaknya tidak sebesar yang ada di Pantai Parangtritis. Jadi, masih aman ya.

Anda juga wajib banget bermain di pasir putihnya yang membentang luas dan bersih. Mau berguling-guling di pasir, membuat istana pasir, atau sekadar duduk-duduk sudah mampu membuat Anda betah berlama-lama di sini.

Berfoto dengan Latar Belakang Keindahan Alam

Gak afdol jika berwisata ke pantai tanpa berfoto, apalagi jika pantainya seindah Pantai Watu Kodok. Anda wajib mengabadikan momen dengan latar belakang keindahan alam selama berada di sini.

Baca Juga :  11 Tempat Wisata di dekat Gunung Merapi Jogja

Sweet Couple bisa berfoto di pantainya yang berair biru gradasi dengan bukit dan tebing karang di pinggirannya. Mau foto dengan latar belakang pasir putihnya yang membentang luas? Oke juga tuh. Jadi bingung ya mau foto di mana? Apapun itu, hasilnya dijamin bagus selama berada di sini.

Menikmati Pemandangan Alam

Salah satu hal yang sudah pasti dilakukan saat berada di pantai adalah menikmati pemandangan alam. Ya, keindahan alam memang tak boleh dilewatkan begitu saja, termasuk yang ada di Pantai Watu Kodok ini.

Sweet Couple bisa duduk santai di pinggir pantai sambil merasakan desiran angin pantai yang melenakan. Air lautnya yang berwarna biru gradasi berpadu dengan birunya langit serta tebing yang mengapit pantai membuat kita terpesona.

Tak hanya itu, pasirnya yang bersih dan suasananya yang alami membuat kita tak henti-hentinya berdecak kagum atas anugrah Tuhan untuk alam Indonesia.

Itulah ulasan lengkap mengenai Pantai Watu Kodok Gunung Kidul. Pastinya jadi makin tak sabar untuk mengunjunginya kan? Yuk langsung aja kemasi barang kalian, booking tiket, dan cus ke sini!

Selamat berlibur Sweet Couple!

Ingin membaca artikel kami yang lainnya? Download aplikasi Sweetrip Indonesia dengan klik di sini

Artikel disadur dari jejakpiknik.com dan pantainesia.com