Pantai Wediombo yang Keindahannya Bikin Melongo

Siapa yang berencana ke Jogja usai PPKM Darurat? Jika ada, maka kami rekomendasikan Sweet Couple untuk mengunjungi Pantai Wediombo.

Pantai Wediombo merupakan salah satu wisata pantai yang berada di kawasan Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Nama pantai ini berasal dari bahasa Jawa. Wedi berarti pasir dan ombo berarti luas. Hal ini bermakna bahwa pantai ini memiliki pasir yang luas.

Tak salah memang. Pantai Wediombo ini memiliki hamparan pasir yang cukup luas dan panjang sehingga cocok untuk bermain-main pasir di sana.

Gunakan aplikasi Sweetrip Indonesia untuk membaca resep lebih mudah
Unduh

Artikel Terkait:

Pemandangan di pantai ini sangat indah. Dengan deburan ombak laut selatan, ditambah dengan adanya kolam alami serta formasi batuan yang unik membuat mata terasa begitu dimanjakan olehnya. Cocok untuk menikmati suasana alam sekaligus berfoto-foto. Dijamin bakal bikin mulut melongo kala melihatnya.

Kabar baik untuk Sweet Couple yang berencana ke Jogja. Saat ini Jogja sudah mulai membuka sejumlah destinasi wisata, termasuk pantai-pantai di Gunung Kidul. Salah satunya adalah Pantai Wediombo ini. Jadi, Anda gak bakal kecele sudah jauh-jauh ke sini.

Kira-kira seperti apa ya pantainya? Apa saja yang bisa dinikmati di sini? Langsung saja simak ulasan lengkap pantai ini!

Lokasi Pantai Wediombo

Pantai Wediombo berlokasi di Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pantai ini berada di bagian paling ujung/paling timur dari rangkaian pantai selatan Jawa di Gunung Kidul. Jadi, Anda perlu berkendara selama kurang lebih 2-2,5 jam untuk mencapainya. Persiapkan diri dan kendaraan Anda dengan baik ya.

Jam Operasional Pantai Wediombo

Jam operasional Pantai Wediombo yakni setiap hari dari Senin hingga Minggu selama 24 jam. Walau demikian, kami sarankan Anda untuk tidak tiba atau pulang terlalu sore dari sini. Perjalanannya cukup jauh dan penerangan masih kurang. Ditambah lagi suasana sekitarnya cenderung sepi dan didominasi oleh hutan sehingga keamanan pun rawan.

Harga Tiket Masuk Pantai Wediombo

Untuk mengunjungi Pantai Wediombo, Sweet Couple akan dikenakan biaya tiket masuk. Berikut ini adalah rinciannya:

  • Tiket masuk sebesar Rp. 5.000,00 per orangnya.
  • Parkir motor sebesar Rp. 3.000,00
  • Parkir mobil sebesar Rp. 5.000,00

Rekomendasi Aktivitas dan Objek Wisata Pantai Wediombo

Ada sejumlah rekomendasi aktivitas dan objek wisata yang bisa Anda lakukan serta kunjungi selama di Pantai Wediombo. Apa sajakah itu? Ini dia:

1. Bermain Pasir dan Air

Gak afdol ke pantai tanpa bermain pasir dan air. Sama halnya jika berada di Pantai Wediombo ini. Dengan pasir pantainya yang putih, halus, dan panjang membuat aktivitas bermain ini semakin menyenangkan. Pas banget sambil mengajak anak-anak menikmati alam terbuka di sini.

Baca Juga :  Pantai Pok Tunggal yang Cantiknya Tak Pernah Tanggal

Buat yang suka bermain air, pantai ini juga menjadi destinasi yang tepat. Memang benar jika ombaknya tergolong besar karena pantai selatan Jawa. Namun, ada area di mana Anda boleh berenang dengan aman. Jadi gak usah ragu untuk main air di sini ya.

2. Menikmati Pemandangan Laut

Menikmati pemandangan memang merupakan kegiatan yang tiada duanya, termasuk menikmati pemandangan laut. Di Pantai Wediombo ini pemandangannya luar biasa indah. Anda bisa menyaksikan birunya laut dengan deburan ombak laut selatan nan dahsyat.

Pasir putihnya halus dan luas semakin menambah keindahan pantai. Belum lagi dengan bukit-bukit di sekelilingnya yang melingkupi kawasan ini. Semuanya makin menambah keasrian tempat ini.

3. Berenang

Siapa bilang di pantai selatan tidak bisa berenang? Masih ada kok pantai yang memperbolehkan kita untuk berenang. Salah satunya adalah Pantai Wediombo di Gunung Kidul ini.

Bagaimana mungkin pantai selatan Jawa yang ombak dan arusnya terkenal kuat boleh untuk direnangi? Rupanya karena di pantai ini terdapat area kolam renang alami yang terbuat dari bebatuan karang besar. Batu-batu karangnya cukup besar dan tinggi untuk menghalau ombak laut selatan.

Di sini, Anda bisa berenang sesuka hati sambil menikmati segarnya air laut. Mau foto-foto cantik juga bisa kok. Asyik banget deh pokoknya!

4. Menyaksikan Sunset

Salah satu tempat terbaik untuk menyaksikan sunset adalah pantai. Suasananya syahdu dan romantis. Apalagi jika dinikmati bersama dengan orang tercinta. Makin uwu gak sih?

Baca Juga :  Transportasi ke Pantai Pangandaran yang Paling Mudah

Di Pantai Wediombo ini, Anda bisa menyaksikan panorama sunset loh. Dengan warna semburat jingga ketika matahari kembali ke peraduannya, ditambah dengan suara deburan ombak dan desiran angin, membuat suasananya begitu menenangkan.

Sweet Couple bisa duduk-duduk santai di atas pasir pantai nan lembut sembari minum kelapa muda. Hmmm… rasanya tak ada yang lebih nikmat dari itu.

5. Camping di Pinggir Pantai

Ingin menikmati camping dengan suasana berbeda? Anda bisa mencoba camping di pinggir pantai. Salah satu pantai yang menjadi rekomendasi tersebut yakni Pantai Wediombo.

Area pasir pantainya termasuk luas dan landai sehingga cocok menjadi area camping. Suasananya pun masih alami sehingga membuat kita jadi seolah back to nature.

Buat yang datang rombongan dengan teman-teman atau keluarga, bisa banget mencoba sensasi camping di pinggir pantai. Pastinya seru dan menyenangkan. Kapan lagi bisa camping di pinggir pantai?

Itulah ulasan lengkap mengenai Pantai Wediombo. Pantai yang populer ini sekarang siap menerima wisatawan dari luar Jogja. Bersiap-siaplah untuk menyaksikan pesona keindahan yang ditawarkan tempat ini.

Jadi, kapan nih mau cus ke sini? Yuk rencanakan perjalanan liburan Anda ke tempat ini!

Ingin membaca artikel kami yang lainnya? Download aplikasi Sweetrip Indonesia dengan klik di sini

Artikel disadur dari pantainesia.com dan nativeindonesia.com