Senja Magis bersama Batman di Pulau Kalong Labuan Bajo

Labuan Bajo bukan cuma soal Komodo. Sejumlah pulau kecil di sekitarnya juga menyimpan pesona keindahan yang tak kalah dengan pulau terkenal seperti Pulau Komodo dan Pulau Padar. Salah satu pulau yang wajib Sweet Couple kunjungi yakni Pulau Kalong Labuan Bajo.

Dari namanya saja, pasti Anda sudah tahu jika pulau ini merupakan tempat berkumpulnya para kalong alias kelelawar. Ya, benar sekali! Inilah salah satu habitat hewan nocturnal yang kerap disapa Batman di kawasan ini. Ada ratusan bahkan mungkin ribuan kelelawar yang tinggal di sini dan baru mulai aktif saat mentari kembali ke peraduannya.

Apa sih yang membuat pulau ini wajib dikunjungi selama berada di Labuan Bajo dan Taman Nasional Komodo? Tentu saja karena adanya aktraksi alam berupa terbangnya puluhan hingga ratusan kelelawar saat senja atau matahari terbenam.

Gunakan aplikasi Sweetrip Indonesia untuk membaca resep lebih mudah
Unduh

Artikel Terkait:

Perpaduan langit senja dengan rona semburat jingga, panorama laut dan pulau-pulau sekelilingnya, ditambah dengan rombongan kelelawar yang beterbangan membuatnya terlihat begitu menakjubkan. Kita akan dibuat terpukau oleh fenomena pesta alam yang luar biasa ini. Tak hanya romantis, tetapi juga magis!

Dengan keindahan yang ditawarkan oleh Pulau Kalong, maka tak heran jika banyak agen trip wisata yang menjadikan pulau ini sebagai destinasi wisata wajib kala berada di Labuan Bajo dan NTT.

Baca Juga :  Manta Point Komodo, Sambil Menyelam Lihat Manta

Kira-kira seperti apa ya keindahannya? Yuk langsung saja simak ulasan lengkap Pulau Kalong berikut ini!

Lokasi Pulau Kalong Labuan Bajo

Secara administratif, pulau ini masuk dalam area Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Kalong berlokasi tak jauh dari Labuan Bajo dan bisa ditempuh dengan menggunakan kapal selama kurang lebih 1 jam lamanya.

Tak jauh dari sini, terdapat Pulau Kelor yang terkenal sebagai lokasi trekking dengan pemandangan laut yang luar biasa. Anda juga bisa bermain di Pantai sekeliling Pulau Kelor. Ada pula Pulau Manjarite yang bisa Anda kunjungi untuk aktivitas snorkeling. Seru banget kan?

Harga Tiket Masuk Pulau Kalong Labuan Bajo

Sebenarnya tidak ada biaya khusus untuk mengunjungi Pulau Kalong Labuan Bajo. Anda hanya perlu menyiapkan biaya untuk menyewa kapal atau perahu guna mengunjungi pulau ini. Biasanya, biayanya cukup mahal bahkan mencapai jutaan rupiah.

Lantas gimana caranya ya biar nggak mahal? Sweet Couple bisa menggunakan paket wisata yang ditawarkan oleh sejumlah agen travel dan trip di Labuan Bajo. Salah satunya yakni Eastnesia Trip yang memang banyak menyediakan paket wisata di wilayah ini, termasuk ke Pulau Kalong.

Baca Juga :  Labuan Bajo Akan Menjadi Wisata Premium, Inilah 5 Hal Yang Perlu Kalian Tahu!

Bila Anda berniat liburan ke Labuan Bajo, maka bisa menghubungi Eastnesia trip dengan mengontaknya di sini.

Jam Operasional Pulau Kalong Labuan Bajo

Tidak ada jam operasional tertentu di tempat wisata ini. Namun, waktu terbaik mengunjungi Pulau Kalong adalah sore hari agar Anda bisa menyaksikan kelelawar sekaligus menikmati keindahan panorama matahari terbenam di sana. Usahakan datang di atas jam 4 sore hingga pukul setengah 7 petang.

Siang hari tidak direkomendasikan sebagai waktu kunjungan ke pulau ini karena para kelelawar sudah kembali ke peraduannya dan Anda tak bisa menyaksikan kelelawar terbang di langit. Sayang sekali kan?

Rekomendasi Aktivitas dan Objek Wisata di Pulau Kalong Labuan Bajo

Melihat Kalong/Kelelawar

Aktivitas yang wajib dilakukan kala bertandang ke Pulau Kalong tentu saja melihat Kalong alias Kelelawar. Rasanya hambar sekali mengunjungi pulau ini tanpa menyaksikan sang penghuni tetap tempat ini.

Di sini, Anda bisa melihat Kelelawar terbang di saat senja menjelang. Tak hanya 1-2 ekor, tetapi puluhan bahkan ratusan kelelawar terbang di langit senja Labuan Bajo yang cantik ini. Benar-benar bagaikan tarian alam yang menakjubkan! Pantas sekali rasanya menghabiskan waktu senja dengan berada di sini.

Baca Juga :  Pantai Pink Komodo Super Cantik Luar Dalam

Menyaksikan Panorama Sunset

Gambar dokumentasi pribadi

Menyaksikan matahari terbenam alias sunset di Pulau Kalong Labuan Bajo adalah sebuah kewajiban kala berwisata di wilayah ini. Panorama sunset di sini begitu memukau. Perpaduan warna langit yang jingga, pulau-pulau kecil di sekelilingnya, lautan luas, dan tentu saja ratusan kelelawar yang beterbangan. Semuanya menghadirkan kesan magis yang membius setiap mata insan manusia kala berada di sini.

Itulah rekomendasi aktivitas yang bisa Anda nikmati jika berkunjung ke Pulau Kalong. Setuju kan jika bukan cuma Komodo yang bikin kita terpukau saat di Labuan Bajo? Jadi makin gak sabar untuk menikmati keindahan pulau ini.

Yuk jalan-jalan ke sini!

Ingin membaca artikel kami yang lainnya? Download aplikasi Sweetrip Indonesia dengan klik di sini