Pulau Komodo, Kepingan Surga di Kediaman Sang Naga

Labuan Bajo menjadi salah satu destinasi wisata superprioritas yang tengah dikembangkan oleh Pemerintah Indonesia. Pemilihan lokasi ini tak lain dan tak bukan karena Pulau Komodo dan satwa purba legendaris kebanggaan Indonesia, Komodo.

Ya, magnet utama dari kawasan ini adalah Taman Nasional Komodo khususnya Pulau Komodo. Di sini, Sweet Couple bisa menyaksikan komodo di habitat aslinya. Pastinya bakal jadi pengalaman yang seru dan menegangkan bisa bertemu dengan kadal raksasa ini.

Pulau ini merupakan pulau terbesar di wilayah Taman Nasional Komodo. Luasnya mencapai 390 kilometer persegi. Biasanya wisatawan memasuki pulau ini dari gerbang utama di Loh Liang yang bisa dicapai dengan menaiki kapal selama 3-4 jam dari Labuan Bajo.

Gunakan aplikasi Sweetrip Indonesia untuk membaca resep lebih mudah
Unduh

Artikel Terkait:

Pulau ini sudah lama menjadi destinasi wisata andalan NTT dan ramai dikunjungi wisatawan. Tentunya selain menyaksikan komodo di alam liar, kita juga akan disuguhkan pemandangan padang rumput, pepohonan, hutan, dan laut dengan warna gradasi yang membiru. Cantik sekali!

Bagi Sweet Couple yang suka laut dan aktivitas snorkeling maupun diving, ada juga sejumlah spot diving dan snorkeling yang layak disambangi selama berada di Pulau Komodo. Perairan Komodo ini begitu cantik dan luar biasa kaya dengan keanekaragaman hayati.

Pertemuan arus dari Samudera Hindia dan Samudera Pasifik melintasi wilayah ini sehingga laut di sini memiliki terumbu karang cantik, kaya akan nutrien dan ikan-ikan serta mamalia laut lainnya. Bisa dibilang tempat ini tak hanya cantik di daratannya, tetapi juga di lautnya. Pantas jika lokasi ini disebut sebagai salah satu surga penyelaman tanah air.

Sweet Couple berencana ke sini? Yuk simak dulu artikel ini agar kunjungan Anda ke lokasi ini semakin menyenangkan!

Lokasi Pulau Komodo

Pulau Komodo berlokasi di Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Pulau ini berada di paling barat provinsi NTT dan bertetangga dengan Kabupaten Bima, Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Baca Juga :  Pulau Padar Labuan Bajo, Spot Foto dan Sunrise Terbaik

Lokasinya dikelilingi oleh laut, Di sebelah baratnya terdapat Selat Sape yang memisahkan Pulau Komodo dengan Pulau Sumbawa. Di sebelah timurnya terdapat Selat Linta yang memisahkannya dengan Pulau Rinca. Tak jauh dari sini terdapat Pulau Padar yang juga menjadi destinasi wisata unggulan kawasan ini.

Karena dikelilingi oleh laut, Sweet Couple hanya bisa mencapainya dengan kapal. Anda bisa menyewa kapal di Labuan Bajo ataupun mengikuti agen trip yang menyediakan paket ke lokasi ini.

Harga Tiket Masuk Pulau Komodo

Ada beragam tarif tiket masuk jika Anda berkunjung ke Pulau Komodo. Pertama, Anda harus membayar tiket masuk kawasan taman nasional ini. Harganya Rp5.000,00 (weekdays) dan Rp7.500,00 (weekend) untuk WNI. Bagi WNA, harganya Rp150.000,00 (weekdays) dan Rp225.000,00 (weekend).

Untuk mengamati hewan liar di Pulau Komodo, ada harga tersendiri. Harga tiket masuk yang harus dibayarkan oleh setiap pengunjung adalah Rp10.000,00 per orang.

Untuk aktivitas snorkeling, Anda juga akan dikenakan biaya sebesar Rp15.000,00 per orang. Kawasan-kawasan yang bisa Anda gunakan untuk snorkeling yakni Pink Beach, Long Beach, Manta Point, Taka Makassar, dan Gili Lawa.

Selama berkunjung di Pulau Komodo, Anda juga wajib menggunakan ranger demi terjaganya keamanan dan keselamatan. Untuk membayar ranger, harganya Rp80.000,00 dengan rincian 1 ranger untuk 1 grup yang terdiri dari 5 orang.

Bila Anda menggunakan drone, ada biaya yang harus dibayar yakni sebesar Rp1.000.000,00 per hari.

Waduh kok banyak sekali ya biayanya? Namun tenang saja! Sweet Couple tak usah pusing karena biasanya para wisatawan yang berkunjung ke Pulau Komodo tak akan repot bolak balik membayar lagi. Hal ini disebabkan sebagian besar pengunjung datang dengan agen tour dan travel/trip mereka sehingga segalanya sudah diurus oleh pihak agen termasuk tiket masuk.

Salah satu agen travel yang menyediakan paket wisata ke Labuan Bajo adalah Eastnesia Trip. Jika tertarik untuk berlibur ke Labuan Bajo, baik melalui private maupun open trip yang paling recommended, Sweet Couple dapat menghubungi kontak yang tertera di sini.

Baca Juga :  Taka Makassar, Surga yang Tersasar di Bumi

Jam Operasional Pulau Komodo

Sebenarnya tidak ada jam operasional tertentu di tempat wisata ini. Namun, waktu terbaik mengunjungi Pulau Komodo adalah siang hari agar Anda bisa bertemu Komodo dan menikmati keindahan alam di sana. Usahakan datang di atas jam 10 pagi hingga pukul 3 sore.

Malam hari tidak direkomendasikan sebagai waktu kunjungan ke pulau ini. Selain gelap, minim penerangan, dan tidak bisa melihat pemandangan, keamanan Anda juga jadi risikonya karena banyak hewan yang aktif saat malam hari. Apalagi pulau ini masih menjadi habitat dari Sang Ora alias Komodo.

Rekomendasi Aktivitas dan Objek Wisata Pulau Komodo

Melihat Komodo

Aktivitas yang wajib dilakukan kala bertandang ke Pulau Komodo tentu saja melihat Komodo. Gak afdol rasanya berkunjung ke rumah sang naga tanpa menyaksikannya secara langsung. Inilah ikon dari Labuan Bajo dan taman nasional ini yang mendunia.

Di sini, Anda bisa melihat Komodo secara langsung di habitatnya. Kadal bernama latin Varanus Komodoensis ini memiliki panjang hingga 3 meter dan dikenal karena keganasannya. Mulai dari giginya yang seperti pisau, penciumannya yang tajam, dan air liurnya yang berbisa. Semuanya menjadi daya tarik pengunjung untuk melihatnya.

Pastinya Sweet Couple tetap harus berhati-hati kala berkunjung ke sini. Jangan melenceng dari jalur yang sudah ditetapkan dan selalu dalam jarak dekat bersama para ranger. Untuk pengunjung yang sedang datang bulan usahakan jaga jarak dan tidak mendekati komodo.

Bagaimanapun juga, komodo adalah hewan liar dan di sini kita bertamu ke rumahnya. Sudah seharusnya kita menghormati sang empunya rumah. Setuju kan?

Trekking Keliling Pulau Komodo

Bagi pecinta petualangan, Pulau Komodo adalah destinasi yang tepat. Di sini, Anda bisa trekking keliling pulau. Tentunya sambil ditemani oleh ranger setempat. Ingat, ini adalah habitat Komodo jadi Anda harus hati-hati saat trekking. Salah-salah, bisa diintai oleh hewan tersebut.

Ada 4 trek yang terdapat di sini. Ada trek pendek, medium, panjang, dan adventure. Kebanyakan pengunjung memilih trek pendek karena keterbatasan waktu dan panasnya cuaca bila memilih trek lainnya. Untuk trek panjang dan adventure biasanya dipilih oleh peneliti.

Baca Juga :  Pantai Pink Komodo Super Cantik Luar Dalam

Sepanjang trekking, Sweet Couple akan disuguhkan panorama pepohonan, hutan kering, padang rumput, dan bukit. Anda juga bisa menemui sejumlah hewan seperti rusa, babi hutan, monyet, kerbau, dan aneka burung. Bila beruntung, tentunya akan berjumpa dengan rajanya wilayah ini yakni Sang Naga Komodo.

Bermain di Pantai Pink Komodo

Namanya pulau pasti memiliki pantai. Ya, saat di Pulau Komodo jangan lewatkan kesempatan ke Pantai Pink Komodo. Pantai ini terletak di pulau tersebut. Sesuai namanya, pasirnya berwarna pink karena adanya terumbu karang yang pecah dan tercampur dengan pasir pantai serta terbawa arus.

Pantai Pink di sini tidak seluas dan sepanjang yang di Pulau Padar, tetapi bukan berarti tidak cantik. Pantai ini tetap mempesona dengan pasir pinknya yang menarik. Belum lagi ditambah dengan air laut berwarna biru gradasi yang memanjakan mata. Tak hanya itu, Anda bisa snorkeling di kawasan perairan ini dan melihat biota laut yang luar biasa.

Snorkeling dan Diving

Perairan Pulau Komodo dan sekitarnya sudah lama dikenal sebagai area snorkeling dan diving terbaik di Indonesia. Keanekaragaman biota laut, terumbu karang, ditambah dengan arus lautnya yang kuat menarik minat para wisatawan untuk menyelam di sini. Bisa dibilang tempat ini wajib dikunjungi untuk Sweet Couple yang suka diving.

Ada banyak titik penyelaman di kawasan ini. Beberapa yang terkenal di antaranya yakni Batu Bolong, Pantai Pink, Gili Lawa Darat, Batu Tiga, Manta Point, dan Castle Rock. Semuanya menawarkan keindahan alam bawah laut yang luar biasa dan sensasi menyelam yang menantang. Anda bahkan bisa menemui ikan hiu, ikan pari manta, dan lumba-lumba bila beruntung. Seru sekali ya?

Itulah rekomendasi aktivitas yang bisa Anda nikmati selama mengeksplorasi keindahan Pulau Komodo. Ternyata Pulau ini lebih dari sekadar rumah naga, tetapi sebuah kepingan surga yang layak untuk disinggahi.

Yuk jalan-jalan ke sini!

Ingin membaca artikel kami yang lainnya? Download aplikasi Sweetrip Indonesia dengan klik di sini