Taka Makassar, Surga yang Tersasar di Bumi

Siapa bilang kita hanya bisa melihat Komodo di Pulau Komodo atau trekking di Pulau Padar saat sedang ada di Taman Nasional Komodo? Kita juga bisa loh mengunjungi pulau dengan pantai-pantai cantik nan mempesona. Salah satunya adalah Taka Makassar.

Kok namanya Taka Makassar sih? Padahal lokasinya ada di Taman Nasional Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Usut punya usut, rupanya nama Makassar diambil karena dulunya kawasan ini sering dilintasi pelaut dari Sulawesi Selatan seperti Bajo, Bugis, dan Makassar.

Tempat yang bernama asli Pulau Katangan ini terdiri dari sebuah pulau dan sebuah pasir timbul atau gusung. Daya tarik utamanya adalah pasir timbul berbentuk bulan sabit yang dikelilingi laut berwarna biru gradasi. Pemandangannya benar-benar cantik apalagi jika dilihat dari atas.

Gunakan aplikasi Sweetrip Indonesia untuk membaca resep lebih mudah
Unduh

Artikel Terkait:

Saat air surut, pasirnya akan terlihat sangat jelas dan luas. Sweet Couple bisa berjalan dan berlarian di sepanjang pasirnya. Ombaknya pun tenang. Ketika air pasang, Anda bisa berenang di lautnya sembari snorkeling menyaksikan keindahan alam bawah laut tempat ini.

Taka Makassar bisa dibilang sebagai salah satu spot pantai yang tak boleh dilewatkan kala berkunjung ke Komodo. Kami jamin Sweet Couple akan terpukau menyaksikan keindahan tempat ini. Apalagi buat yang suka berfoto, pastinya sangat puas berlama-lama di sini.

Pastinya sudah tak sabar ya seperti apa sih keindahan tempat ini? Yuk langsung saja simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Lokasi Taka Makassar

Taka Makassar berada di tengah-tengah laut dan tak jauh dari Pulau Komodo. Wilayahnya sendiri juga termasuk dalam kawasan Taman Nasional Komodo.

Lokasinya benar-benar dikelilingi laut dan berada di area yang berarus cukup deras karena berada di perairan Selat Linta yang memisahkan Pulau Komodo dengan Pulau Rinca. Oleh karena itu, Sweet Couple harus berhati-hati kala berenang, snorkeling ataupun diving di sini.

Dengan adanya laut di sekitarnya, Sweet Couple hanya bisa mencapainya dengan kapal. Anda bisa menyewa kapal di Labuan Bajo ataupun mengikuti agen trip yang menyediakan paket ke lokasi ini.

Harga Tiket Masuk Taka Makassar

Untuk menikmati keindahan Pantai dan gusung Taka Makassar ini, Sweet Couple tak akan dikenakan tiket masuk sebab pulau ini kecil sekali dan tidak ada orang yang mendiaminya. Anda cukup membayar biaya saat masuk kawasan Taman Nasional Komodo.

Wisatawan yang berkunjung ke sini biasanya menggunakan agen trip/travel dari Labuan Bajo sehingga segala urusan biaya tiket masuk sudah diatur oleh pihak agen. Salah satunya adalah Eastnesia Trip yang memiliki paket wisata ke kawasan Komodo, Flores, Sumba, dan Alor. Anda bisa mengontaknya di sini jika berencana berlibur ke Labuan Bajo dan Komodo.

Baca Juga :  Manta Point Komodo, Sambil Menyelam Lihat Manta

Jam Operasional Taka Makassar

Sebenarnya tidak ada jam operasional tertentu di tempat wisata ini. Namun, waktu terbaik mengunjungi Taka Makassar adalah pagi hingga jelang sore hari agar bisa menikmati keindahan alam di sana. Usahakan datang di atas jam 9 pagi hingga pukul 3 sore.

Selepas jam itu, kami tidak merekomendasikan sebagai waktu kunjungan ke pulau ini. Selain sudah terlalu sore, keamanan Anda juga jadi risikonya karena arus laut yang kuat di perairan sekitar kawasan ini. Arus yang kuat tidak baik untuk berenang dan pelayaran kapal.

Rekomendasi Aktivitas dan Objek Wisata di Taka Makassar

Hunting Foto

Aktivitas yang wajib dilakukan kala berada di Taka Makassar yakni hunting foto. Ya, tempat ini terlalu indah untuk tidak diabadikan. Dengan pasirnya yang bercampur antara putih dan pink, air lautnya yang berwarna biru gradasi, ditambah pula kehadiran pulau-pulau di kejauhan. Cantik sekali.

Bagi para pecinta fotografi, Anda bisa memuaskan hasrat foto selama berada di sini. Seluruh sudut tempat ini layak untuk diabadikan. Makin seru lagi bila Anda menggunakan drone karena bisa menyaksikan keindahan pulau ini secara utuh dari ketinggian. Keren banget!

Bermain Air dan Pasir

Namanya saja pantai, tentu saja gak afdol jika tidak bermain air dan pasir. Di Taka Makassar, Sweet Couple bisa puas-puasin main air dan pasir. Ombak di sini sangat tenang dan aman. Pasirnya pun putih dengan perpaduan warna pink. Tak hanya itu, Anda juga bisa jalan kaki mengelilingi pulau ini dari ujung ke ujung sembari menyaksikan laut berwarna biru gradasi yang sejernih kristal.

Baca Juga :  Menikmati Pantai Parangtritis yang Super Legendaris

Bisa dibilang inilah kepingan surga di tengah-tengah Taman Nasional Komodo dan it’s worth visiting!

Snorkeling dan Diving

Perairan Pulau Komodo dan sekitarnya sudah lama dikenal sebagai area snorkeling dan diving terbaik di Indonesia, termasuk di Taka Makassar ini. Keanekaragaman biota laut, terumbu karang, ditambah dengan arus lautnya yang kuat menarik minat para wisatawan untuk menyelam di sini. Bisa dibilang tempat ini wajib dikunjungi untuk Sweet Couple yang suka diving.

Di sini terdapat area untuk snorkeling yang aman terutama di sekitar pinggiran pulau. Jika ingin yang lebih menantang, maka Anda bisa bergeser sedikit ke Manta Point yang tak jauh dari Taka Makassar. Anda bisa menyaksikan kawanan Ikan Pari Manta berenang di tengah-tengah laut terutama saat sedang musimnya.

Namun, pastikan Anda menggunakan peralatan yang aman dan memadai serta menaati arahan guide karena arus di dekat sini tergolong kuat. Bila tidak berhati-hati, Anda bisa terbawa arus laut. Jadi pastikan jaga keamanan dan keselamatan diri Anda ya.

Itulah rekomendasi aktivitas yang bisa Anda nikmati selama mengeksplorasi keindahan Taka Makassar. Inilah definisi kepingan surga yang sesungguhnya.

Yuk jalan-jalan ke sini!

Ingin membaca artikel kami yang lainnya? Download aplikasi Sweetrip Indonesia dengan klik di sini