Taman Nasional Komodo, Jurassic Park Indonesia

Siapa bilang Jurassic Park hanya ada di film? Indonesia juga punya Jurassic park yang gak kalah keren bahkan hewannya pun legendaris banget. Ya, selamat datang di Taman Nasional Komodo di Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Inilah rumah dari salah satu satwa purba kebangaan Indonesia, Komodo.

Kenapa sih destinasi wisata unggulan di Labuan Bajo ini digadang-gadang sebagai Jurassic Park-nya Indonesia? Pertama tentu saja dari lanskap geografis kawasan ini. Kawasan ini terdiri dari 3 pulau utama; Komodo, Rinca, dan Padar serta ratusan pulau kecil lainnya. Pulau-pulau ini memiliki bentuk dramatis, dengan bukit-bukit menjulang, jarang ditempati penduduk, dan mayoritas terdiri dari padang rumput. Rasanya seolah-olah seperti di pulau pada film Jurassic Park.

Kedua, pastinya tak lepas dari kehadiran satwa legendaris penghuni tetap kawasan ini. Tak lain dan tak bukan adalah Komodo. Hewan dengan nama latin Varanus Komodoensis ini menjadi ikon taman nasional ini, bahkan menjadi satwa kebanggaan Indonesia. Hewan jenis kadal ini sudah ada sejak jutaan tahun lamanya dan merupakan keturunan dari kadal raksasa yang telah punah, Megalania Presca. Keren banget kan?

Gunakan aplikasi Sweetrip Indonesia untuk membaca resep lebih mudah
Unduh

Artikel Terkait:

Ketiga, status Taman Nasional Komodo sebagai salah satu situs warisan dunia UNESCO/UNESCO World Heritage Site sejak 1986 menjadikan tempat ini begitu istimewa. Inilah habitat kadal purba legendaris yang tersisa di alam liar, hanya ada satu-satunya di dunia. Tak heran banyak yang rela jauh-jauh ke sini demi menyaksikan sang naga.

Bukan hanya alam daratan dan hewan komodonya saja yang luar biasa, kawasan ini juga dianugerahi kekayaan alam bawah laut yang luar biasa. Pertemuan arus laut dari Samudra Hindia dan Samudra Pasifik membuat perairan ini kaya nutrien seperti plankton sehingga mengundang banyak biota laut datang kemari. Terumbu karangnya termasuk yang terindah dan bisa dibilang perairan Komodo merupakan salah satu spot diving favorit di Indonesia.

Dengan segala kekayaan dan keindahan alamnya, Taman Nasional Komodo sangat layak untuk dikunjungi. Minimal sekali seumur hidup karena memang seindah itulah alam di sini. Datang langsung dan buktikan sendiri dengan mata kepala Anda!

Sweet Couple berencana wisata ke sini? Biar gak bingung, mendingan simak dulu yuk artikel tentang Taman Nasional Komodo selengkapnya berikut ini!

Lokasi Taman Nasional Komodo

Taman Nasional Komodo berlokasi di sebelah barat Pulau Flores, yakni di perairan yang memisahkan antara Pulau Sumbawa, Provinsi NTB dengan Pulau Flores, Provinsi NTT. Secara administratif, letaknya masuk ke dalam Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Taman Nasional Komodo bukan hanya terdiri dari Pulau Komodo. Ada juga Pulau Rinca dan Pulau Padar yang menjadi habitat sang naga purba. Selain itu, ada juga pulau-pulau lain seperti Pulau Banta, Pulau Siaba, Pulau Kanawa, dan masih banyak lagi. Banyak di antaranya yang tidak berpenghuni dan masih alami begitu saja.

Berdasarkan data dari indonesiabaik, Taman Nasional Komodo memiliki total luas 2.321 km persegi. Semuanya sudah mencakup wilayah daratan dan perairan. Luas sekali kan? Sehari saja tak cukup untuk mengelilinginya.

Karena wilayahnya sebagian besar berupa perairan, Sweet Couple hanya bisa mencapainya dengan kapal. Anda bisa menyewa kapal di Labuan Bajo ataupun mengikuti agen trip yang menyediakan paket ke lokasi ini.

Harga Tiket Masuk Taman Nasional Komodo

Ada sejumlah tarif tiket masuk jika Anda berkunjung ke Pulau Komodo. Pertama, Anda harus membayar tiket masuk kawasan taman nasional ini. Harganya Rp5.000,00 (weekdays) dan Rp7.500,00 (weekend) untuk WNI. Bagi WNA, harganya Rp150.000,00 (weekdays) dan Rp225.000,00 (weekend).

Untuk mengamati hewan liar di Pulau Komodo, ada harga tersendiri. Harga tiket masuk yang harus dibayarkan oleh setiap pengunjung adalah Rp10.000,00 per orang.

Untuk aktivitas snorkeling, Anda juga akan dikenakan biaya sebesar Rp15.000,00 per orang. Kawasan-kawasan yang bisa Anda gunakan untuk snorkeling yakni Pink Beach, Long Beach, Manta Point, Taka Makassar, dan Gili Lawa.

Selama berkunjung di Pulau Komodo, Anda juga wajib menggunakan ranger demi terjaganya keamanan dan keselamatan. Untuk membayar ranger, harganya Rp80.000,00 dengan rincian 1 ranger untuk 1 grup yang terdiri dari 5 orang.

Bila Anda menggunakan drone, ada biaya yang harus dibayar yakni sebesar Rp1.000.000,00 per hari.

Wah ternyata banyak juga ya biaya yang harus dikeluarkan kala berkunjung ke sini? Jadi mikir-mikir lagi nih. Kira-kira jadi berkunjung ke sini atau tidak ya?

Namun tenang saja! Sweet Couple tak usah pusing karena biasanya para wisatawan yang berkunjung ke Pulau Komodo tak akan repot bolak balik membayar lagi. Hal ini disebabkan sebagian besar pengunjung datang dengan agen tour dan travel/trip mereka sehingga segalanya sudah diurus oleh pihak agen termasuk tiket masuk.

Baca Juga :  Manta Point Komodo, Sambil Menyelam Lihat Manta

Salah satu agen travel yang menyediakan paket wisata ke Labuan Bajo dan Taman Nasional Komodo adalah Eastnesia Trip. Jika tertarik untuk berlibur ke kawasan ini, maka Sweet Couple dapat menghubungi kontak yang tertera di sini.

Jam Operasional Taman Nasional Komodo

Sebenarnya tidak ada jam operasional tertentu di tempat wisata ini. Namun, waktu terbaik mengunjungi Taman Nasional Komodo adalah siang hari agar Anda bisa bertemu Komodo dan menikmati keindahan alam di sana serta melakukan aktivitas wisata lainnya. Usahakan datang mulai pukul 5 pagi hingga pukul 3 sore.

Rekomendasi Aktivitas dan Objek Wisata Taman Nasional Komodo

Melihat Komodo

Gambar Komodo

Aktivitas utama yang bisa dilakukan selama berada di Taman Nasional Komodo yakni melihat Komodo. Gak afdol rasanya berkunjung ke rumah sang naga tanpa menyaksikannya secara langsung. Inilah ikon dari tempat tersebut.

Di sini, Anda bisa melihat Komodo secara langsung di habitatnya. Hewan dengan nama latin Varanus Komodoensis ini memiliki panjang hingga 3 meter dan dikenal karena keganasannya. Mulai dari giginya yang seperti pisau, penciumannya yang tajam, dan air liurnya yang berbisa. Semuanya menjadi daya tarik pengunjung untuk melihatnya.

Anda tetap harus berhati-hati kala berkunjung ke sini. Jangan melenceng dari jalur yang sudah ditetapkan dan selalu dalam jarak dekat bersama para ranger. Untuk pengunjung yang sedang datang bulan usahakan jaga jarak dan tidak mendekati komodo.

Sailing Komodo

Salah satu aktivitas utama selama berada di Taman Nasional Komodo yang cukup sering dilakukan oleh wisatawan adalah Sailing Komodo atau berlayar dengan kapal mengelilingi kawasan ini. Aktivitas ini seru sekali karena Anda akan menghabiskan waktu di kapal. Mulai dari mandi, makan, tidur, semuanya dilakukan di dalam kapal.

Ada banyak agen trip dan wisata yang melayani paket wisata Sailing Komodo. Mayoritas biasanya bertolak dari Labuan Bajo dan menuju sejumlah kawasan destinasi wisata di Komodo. Ada juga yang menyediakan paket wisata Sailing Komodo dari Lombok ke Labuan Bajo maupun Komodo-Labuan Bajo-Maumere. Pastinya bakal seru banget sailing di laut sembari menyaksikan keindahan alam.

Islands Hopping

Jika Anda sudah melakukan aktivitas Sailing Komodo, maka pastinya Anda juga akan melakukan aktivitas Islands Hopping. Di sini, Anda akan singgah dari satu pulau ke pulau lain. Pulau-pulau yang dikunjungi tentunya pulau yang istimewa, seperti Komodo, Rinca, Padar, Kanawa, Kelor, Kalong, dan lain sebagainya.

Baca Juga :  Taka Makassar, Surga yang Tersasar di Bumi

Pastinya aktivitas ini tak akan membosankan karena Sweet Couple akan disuguhkan oleh pemandangan alam nan memukau. Mulai dari pulau dengan bukit nan menjulang, batu karang di laut, lautan luas, Pantai dengan air sejernih kristal berwarna gradasi, dan langit luas yang membentang, membuat perjalanan islands hopping menjadi semakin menyenangkan.

Trekking

Bagi pecinta petualangan, Taman Nasional Komodo adalah destinasi yang tepat. Di sini, Anda bisa trekking keliling pulau-pulau yang ada. Buat yang suka mendaki, ada sejumlah pulau untuk dikunjungi seperti Pulau Padar dan Kelor.

Yang tak boleh dilewatkan pastinya trekking di Pulau Komodo dan Pulau Rinca untuk menyaksikan Komodo. Tentunya sambil ditemani oleh ranger setempat. Ingat, ini adalah habitat Komodo jadi Anda harus hati-hati saat trekking. Salah-salah, bisa diintai oleh hewan tersebut.

Hunting Foto

Gambar Taka Makassar

Salah satu aktivitas utama yang paling dinantikan oleh para wisatawan adalah hunting foto. Taman Nasional Komodo memiliki banyak tempat yang layak untuk diabadikan. Pulau-pulaunya, pantai-pantainya, bukit-bukitnya, hingga alam bawah lautnya menawarkan keindahan yang menakjubkan. Sayang sekali bila dilewatkan begitu saja.

Snorkeling dan Diving

Perairan di Taman Nasional Komodo terkenal sebagai area snorkeling dan diving terbaik di Indonesia. Keanekaragaman biota laut, terumbu karang, ditambah dengan arus lautnya yang kuat menarik minat para wisatawan untuk menyelam di sini. Inilah lokasi diving yang wajib didatangi bagi para pecinta diving.

Ada banyak titik penyelaman di kawasan ini. Beberapa yang terkenal di antaranya yakni Batu Bolong, Pantai Pink, Gili Lawa Darat, Batu Tiga, Manta Point, Tatawa Besar, dan Castle Rock. Semuanya menawarkan keindahan alam bawah laut yang luar biasa dan sensasi menyelam yang menantang. Anda bahkan bisa menemui ikan hiu, ikan pari manta, dan lumba-lumba bila beruntung. Seru sekali ya?

Itulah ulasan mengenai Taman Nasional Komodo. Ternyata bukan hanya komodo yang jadi daya tarik, tetapi ada banyak keindahan lain yang bisa Anda nikmati di kawasan ini. Tak heran jika semakin lama semakin banyak yang mengunjungi tempat wisata unggulan NTT ini. Tertarik untuk mengunjunginya?

Yuk jalan-jalan ke sini!

Ingin membaca artikel kami yang lainnya? Download aplikasi Sweetrip Indonesia dengan klik di sini