Transportasi ke Karimun Jawa yang Paling Praktis

Akhir-akhir ini Karimun Jawa menjadi destinasi wisata utama, baik masyarakat lokal maupun mancanegara. Kepulauan yang berada di Kabupaten Jepara ini menarik perhatian para wisatawan karena pemandangan alam yang indah dari berbagai objek wisatanya.

Ada banyak objek wisata yang bisa Sweet Couple kunjungi saat berlibur ke Karimun Jawa, seperti Pantai Ujung Gelam, Hutan Mangrove, Pantai Pancuran, Pantai Nirwana, dan lain-lainnya.

Terkadang banyak orang yang ingin berlibur ke Karimun Jawa, tapi kebingungan dengan akses transportasi dan rute yang harus ditempuh. Padahal, aksesibilitas menuju tempat wisata tersebut tidak terlalu sulit. Jadi akses transportasi seharusnya tidak menjadi kendala saat Anda berencana melakukan perjalanan ke tempat wisata.

Berikut ini kami sajikan informasi mengenai transportasi ke Karimun Jawa beserta jalur/rute dari masing-masing lokasi keberangkatan.

Transportasi ke Karimun Jawa dari Semarang

Perjalanan menuju Karimun Jawa memang membutuhkan usaha ekstra dalam akses transportasi. Anda masih harus melanjutkan perjalanan laut untuk sampai ke tempat wisata Karimun Jawa.

Salah satu titik keberangkatan perjalanan laut yang paling banyak dipilih oleh wisatawan adalah pelabuhan di Semarang. Jadi, wisatawan yang berasal dari Jakarta, Bandung, Yogyakarta, dan lain sebagainya berangkat menuju Semarang terlebih dahulu. Kemudian melanjutkan perjalanan laut ke Karimun.

Kalau ingin berangkat dari Semarang, Sweet Couple bisa naik kapal laut dari Pelabuhan Tanjung Emas. Akses menuju ke Tanjung Mas dari Semarang cukup mudah. Anda bisa menggunakan BRT, taksi atau ojek online.

Ada 3 pilihan transportasi laut yang berangkat dari Pelabuhan Tanjung Mas menuju Karimun Jawa, yaitu Kapal KMC Kartini, Kapal Pelni, dan Express Bahari.

1. Kapal KMC Kartini

Kapal KMC Kartini berangkat menuju Karimun setiap hari Sabtu pukul 9 pagi dengan waktu penyebrangan sekitar 2 jam. Kapal ini menyediakan 2 macam kelas, executive dan bisnis. Harga tiket kapal ke Karimunjawa kelas eksekutif sebesar Rp400.000 sedangkan tiket bisnis sebesar Rp350.000.

2. Kapal Pelni

Akses dengan kapal Pelni dari Semarang menuju Karimun Jawa membutuhkan waktu sekitar jam. Jadwal pelayaran hanya tersedia 2 kali dalam sebulan, yaitu keberangkatan dari Semarang pada hari Jumat pukul 23.00 WIB dan kembali pada hari Minggu pukul 12.00. Harga tiket dimulai dari Rp150.000 – Rp300.000 (kelas ekonomi).

3. Kapal Express Bahari

Waktu tempuh kapal Express Bahari jauh lebih cepat daripada kapal Pelni dan KMC Kartini. Waktu pelayaran dengan kapal ini hanya sekitar 3 jam. Jadwal pelayaran kapal ini berlangsung setiap hari Jumat, berangkat pukul 08.00 WIB dan kembali pada hari Minggu pukul 12.00 WIB.

Tiket Express Bahari menyediakan 2 macam pilihan, yaitu kelas executive dan VIP. Harga kelas executive sekitar Rp325.000 – Rp600.000, sedangkan harga kapal kelas VIP sekitar Rp425.000 – Rp800.000.

Transportasi ke Karimun Jawa dari Jepara

Selain Semarang, Jepara juga menjadi lokasi keberangkatan awal pelayaran menuju kepulauan Karimun. Jadi bagi Anda yang berangkat dari Jakarta, Bandung, Surabaya, dan daerah lainnya berangkat menuju Pelabuhan Kartini, Jepara terlebih dahulu. Kemudian melanjutkan perjalanan laut ke Karimun. Ada 2 macam transportasi ke Karimunjawa jalur laut, yaitu kapal Express Bahari dan kapal Ferry KMP Siginjai.

1. Kapal Ferry Siginjai

Transportasi ke Karimun Jawa dari Jepara yang pertama adalah kapal Ferry Siginjai. Perjalanan dari Pelabuhan Kartini, Jepara ke Karimunjawa menghabiskan waktu sekitar 4 jam.

Kapal Ferry Siginjai yang berangkat dari Jepara ke Karimun tersedia setiap hari Senin, Rabu, dan Sabtu pada pukul 07:00 WIB. Untuk hari Jumat, kapal berlayar pada pukul 06:00 WIB.

Kemudian kapal berangkat dari Karimunjawa kembali ke Pelabuhan Kartini setiap hari Selasa, Kamis, Jumat, dan Minggu. Sweet Couple bisa memilih kelas ekonomi atau eksekutif.

2. Kapal Express Bahari

Selain Ferry Siginjai, Sweet Couple dapat memilih kapal Express Bahari. Naik kapal ini jauh lebih cepat, yakni hanya butuh waktu sekitar 3 jam.

Kapal Express Bahari berangkat dari Jepara ke Karimun Jawa setiap hari Senin, Selasa, Jumat dan Sabtu. Setiap hari Senin, Selasa, dan Jumat, kapal berlayar pada pukul 09:00. Khusus hari sabtu, kapal berlayar pada pukul 10:00.

Kapal kembali dari Karimun Jawa ke Pelabuhan Kartini, Jepara setiap hari Senin, Rabu, Sabtu, dan Minggu. Ada 2 pilihan kelas bagi penumpang kapal Express Bahari, yaitu kelas executive dan VIP. Harga tiket kelas executive sekitar Rp225.000, harga untuk kelas VIP adalah Rp400.000.

Itulah pilihan transportasi ke Karimun Jawa dengan 2 jalur keberangkatan yang berbeda. Meskipun Sweet Couple berangkat dari Bandung, Jakarta, Medan, Surabaya, dan lain sebagainya, Anda tetap harus menempuh perjalanan laut dengan kapal yang berangkat dari Jepara atau Semarang.

Ingin membaca artikel kami yang lainnya? Download aplikasi Sweetrip Indonesia dengan klik di sini

Artikel disadur dari warukarimunjawa.com