Transportasi ke Pantai Pangandaran yang Paling Mudah

Destinasi wisata Pantai di Jawa Barat yang sering dikunjungi oleh kebanyakan wisatawan adalah Pantai Pangandaran. Terdapat banyak hal yang bisa kita nikmati ketika berkunjung ke Tempat Wisata tersebut.

Tak hanya keindahan air laut jernih dan pasir putih yang bersih, para wisatawan dapat mencoba aneka wahana watersport, seperti banana boat, jet ski, aqua glade, dan lain sebagainya.

Sebelum berlibur ke Pantai Pangandaran, sebaiknya Sweet Couple perlu merencanakan beberapa hal. Misalnya, memilih penginapan jika Anda ingin berlibur lebih dari sehari. Selain itu, Sweet Couple harus menentukan transportasi yang akan digunakan saat pergi ke tempat tujuan.

Gunakan aplikasi Sweetrip Indonesia untuk membaca resep lebih mudah
Unduh

Artikel Terkait:

Ada berbagai pilihan transportasi yang digunakan untuk berangkat ke pantai tersebut. Jadi, Anda tidak perlu khawatir kalau tidak menggunakan kendaraan pribadi. Kali ini kami memberikan rekomendasi transportasi ke Pantai Pangandaran dengan beberapa rute.

Transportasi ke Pantai Pangandaran dengan Bus Umum

1. Rute Jakarta – Pangandaran

Bus yang mengantar penumpang dari Jakarta ke Pangandaran berada di Terminal Kampung Rambutan dengan jurusan Kp. Rambutan-Pangandaran. Jarak antara Jakarta dengan Pangandaran adalah 355 km.

Bus tersebut akan tiba sampai terminal Pangandaran. Jarak antara terminal Pangandaran dengan pantai hanya 300 meter. Dengan jarak yang sangat dekat, Sweet Couple dapat berjalan kaki atau naik becak hingga sampai ke pantai.

Baca Juga :  5 Cara Menuju Pantai Klayar Pacitan

2. Rute Bandung – Pangandaran

Jarak tempuh dari Bandung ke Pangandaran adalah 236 km. Anda bisa naik bus dengan rute Bandung – Tasikmalaya – Banjar – Pangandaran. Bus yang melayani penumpang dari Bandung menuju terminal Pangandaran adalah bus Budiman.

Bus tersebut berangkat dari Terminal Cicaheum. Bus yang melayani penumpang Bandung menuju Pangandaran adalah bus Budiman. Ada bus yang dilengkapi dengan fasilitas AC dan ada juga yang non-AC.

3. Rute Yogyakarta – Pangandaran

Dengan jarak 385 km, Sweet Couple bisa naik bus Budiman dengan rute Yogyakarta – Cilacap – Kalipucang – Pangandaran.

Menggunakan Jasa Travel

Selain naik bus, Sweet Couple bisa menggunakan jasa travel (door to door service). Belakangan ini, banyak orang yang memilih layanan mobil travel yang dengan penjemputan langsung dari rumah.

Salah satu layanan travel rute Jakarta – Pangandaran adalah ABM Travel. Jadwal berangkat dari Jakarta adalah pukul 18.00, sedangkan jadwal berangkat dari Pangandaran adalah pukul 16.00 WIB.

Harga tiket jasa travel ABM adalah Rp350.000 dengan fasilitas AC, TV, DVD, dan reclining seat. Mobil terbaru yang mereka gunakan biasanya adalah Toyota Hiace dan Isuzu Elf Giga.

Bagaimana dengan jasa mobil travel yang berangkat dari Bandung? Biasanya orang-orang memilih layanan myPangandaran Travel. Harga tiketnya sekitar Rp150.000 per orang dengan fasilitas kendaraan New Luxia, Hiace, Elp Long (sesuai dengan jumlah penumpang). Ada 3 jadwal keberangkatan, yaitu pukul 06.00, 21.00 WIB, dan 22.00 WIB.

Baca Juga :  5 Pantai di Jawa Barat yang Paling Populer untuk Liburan

myPangandaran Travel juga menyediakan layanan perjalanan dari Yogyakarta dan Semarang. Harga tiket jasa travel rute Yogyakarta – Pangandaran adalah Rp150.000 dengan armada Hiace dan jadwal keberangkatan pukul 07.00 serta 19.00 WIB.

Harga tiket jasa travel rute Semarang – Pangandaran adalah Rp225.000 dengan kendaraan Hiace. Ada 2 jadwal penjemputan, yaitu pukul 07.00 WIB dan 19.00 WIB.

Jalur Kereta Api ke Pangandaran

Transportasi ke Pantai Pangandaran yang berikutnya adalah kereta api. Kalau dari Jakarta, Sweet Couple berangkat dari stasiun Gambir dengan jurusan Banjar. Rute yang dilewati adalah stasiun Gambir – Bandung – Banjar. Silakan lanjutkan perjalanan dengan bus atau angkutan umum lainnya yang mengantarkan Anda sampai Pantai Pangandaran.

Transportasi ke Pantai Pangandaran dengan Jalur Udara – Pesawat

Mau coba pergi ke Pangandaran dengan transportasi jalur udara meskipun Anda hanya berangkat dari Jakarta? Tenang saja, Sweet Couple dapat mencoba trasportasi ke Pantai Pangandaran dengan naik pesawat dari Bandara Halim Perdanakusuma menuju Nusawiru Pangandaran. Harga tiket pesawatnya sekitar Rp520.000

Jadwal penerbangan Jakarta Ke Pangandaran berlangsung setiap hari pukul 10.30 sampai 11.30 WIB. Jadi, waktu perjalanan yang ditempuh adalah 1 jam. Transportasi pesawat tentunya membuat waktu perjalanan Anda lebih singkat dibandingkan naik kendaraan jalur darat.

Baca Juga :  Pantai Carita dengan Berbagai Wahana Watersport

Penerbangan dari Bandung ke Pangandaran yang bisa Anda pilih adalah Susi Air dengan harga tiket Rp445.000. Waktu penerbangan Bandung – Pangandaran tentunya lebih singkat, yaitu 40 menit. Jadwal penerbangannya berlangsung pada pukul 08.00 WIB.

Transportasi ke Pantai Pangandaran dengan Mobil Pribadi

Menggunakan kendaraan pribadi saat berlibur ke tempat yang jauh memang lebih nyaman dan menguntungkan. Sweet Couple dapat mengatur sendiri perjalanan yang akan ditempuh, bisa beristirahat ketika lelah.

Rute transportasi ke Pangandaran ketika berangkat dari Jakarta cukup mudah. Anda dapat melintasi rute Jalan Raya Banjar (lewat Tol Cikopo, Palimanan) menuju Pangandaran. Waktu perjalanan yang ditempuh kira-kira mencapai 7 hingga 8 jam.

Itulah berbagai pilihan transportasi ke Pantai Pangandaran yang bisa Sweet Couple pilih, terutama saat Anda berangkat dari Jakarta, Bandung, dan Yogyakarta. Jarak yang jauh bukan menjadi alasan untuk Anda tidak mengunjungi tempat wisata pantai yang sangat menawan ini.

Pantai Pangandaran yang pernah dinobatkan sebagai pantai terbaik di Jawa Barat oleh Asia Rooms memiliki pesona keindahan alam yang menakjubkan. Oleh karena itu, Sweet Couple tidak akan menyesal ketika berlibur ke Pantai Pangandaran.

Artikel disadur dari mypangandaran.com