Hari Lahir Pancasila, 5 Tempat Wisata Bandung ini Cocok untuk Liburan

Setiap tanggal 1 Juni, bangsa Indonesia memperingati Hari Lahir Pancasila. Hari besar nasional ini telah memiliki sejarah yang cukup panjang.

Berawal dari Ir. Soekarno yang menyampaikan 5 gagasan dasar negara pada tanggal 1 Juni 1945. Kemudian 5 gagasan ini mendapatkan persetujuan pada sidang BPUPKI.

Pada awalnya 5 gagasan dasar negara yang diusulkan terdiri dari Kebangsaan, Perikemanusiaan, Demokrasi, Keadilan Sosial, dan Ketuhanan yang Mahaesa.

Gunakan aplikasi Sweetrip Indonesia untuk membaca resep lebih mudah
Unduh

Artikel Terkait:

Setelah melewati proses yang panjang, pada 18 Agustus 1945 Pancasila dinyatakan sah sebagai dasar negara dalam sidang BPUPKI dengan kelima sila yang kita kenal sampai saat ini.

Penetapan Hari Lahir Pancasila sebagai Hari Libur Nasional

Sejak tahun 2016, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menetapkan tanggal 1 Juni sebagai Hari Lahir Pancasila. Melalui Keputusan Presiden (Keppres) No. 24 Tahun 2016, pemerintah RI menetapkan Hari Lahir Pancasila sebagai hari libur nasional.

Penetapan hari libur nasional ini tentunya mengakibatkan berbagai tempat wisata di Indonesia ramai pengunjung. Banyak keluarga yang merencanakan liburan dalam hari spesial tersebut.

Tempat Wisata Bandung untuk Dikunjungi Saat Libur Hari Lahir Pancasila

Bandung merupakan salah satu kota tujuan untuk berlibur saat Hari Lahir Pancasila yang diperingati setiap tanggal 1 Juni. Kota ini memang memiliki banyak destinasi wisata sehingga ramai dikunjungi masyarakat dari berbagai wilayah.

Berikut ini terdapat beberapa tempat wisata Bandung yang bisa Sweet Couple kunjungi selama liburan Hari Lahir Pancasila. Mari simak ulasannya!

1. Bukit Moko

Gambar diambil dari instagram.com/indoflashlightjabar/

Bukit Moko terletak di Kampung Buntis Bongkor, desa Cimenyan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Meskipun tempat wisata ini tidak berada di kawasan kota Bandung, tetapi Sweet Couple tidak akan menyesal saat mengunjungi tempat ini.

Baca Juga :  Rekomendasi 3 Cara ke Labuan Cermin Paling Praktis

Anda akan menikmati keindahan panorama alam di bukit ini. Kawasan Bukit Moko memiliki ketinggian yang hampir mencapai 1.500 meter di atas permukaan air laut. Udara di daerah tersebut sejuk sehingga membuat Anda nyaman dan segar.

Bukit Moko merupakan tempat terbaik bagi Anda yang ingin menyaksikan sunrise dan sunset dengan sempurna. Banyak pengunjung yang berkemah di sekitar hutan pinus sambil menikmati keindahan langit malam.

Salah satu potret suasana terbaik di Bukit Moko adalah pemandangan di malam hari dari bukit. Sweet Couple dapat menyaksikan kilauan cahaya Bandung secara menyeluruh. Jika ingin mengetahui akses transportasi menuju Bukit Moko, harga tiket masuk, dan objek wisata, maka Anda bisa membaca artikel selengkapnya tentang Bukit Moko ini.

2. Situ Patenggang

Gambar diambil dari instagram.com/agheza_/

Kalau mau berlibur di tempat yang sejuk dengan pemandangan asri, maka Situ Patenggang termasuk rekomendasi destinasi wisata Bandung yang tepat untung Anda kunjungi. Situ Patenggang termasuk salah satu hidden gem di Bandung. Lokasi persisnya terletak di Patengan, kecamatan Rancabali, Bandung.

Salah satu objek wisata yang menarik di kawasan ini adalah keberadaan pulau kecil di tengah danau, yaitu pulau Batu Cinta. Menurut mitos yang beredar, di daerah tersebut terdapat batu keramat yang berhubungan dengan kisah cinta Raden Kian Santang dan Dewi Rengganis.

Anda bisa menikmati fasilitas perahu untuk mengitari danau dan singgah untuk melihat Batu Cinta. Tarif harga untuk naik perahu dan mengelilingi danau cukup variatif. Kalau mau berkeliling di lingkaran luar dan berhenti di Batu Cinta selama setengah jam, maka Anda akan dikenakan biaya Rp20.000 per orang.

Baca Juga :  Curug Nangka, Tempat Wisata Hits di Bogor

Lain halnya kalau Sweet Couple hanya mengelilingi lingkar dalam danau dan pulau Situ Patenggang saja, yaitu dikenakan biaya Rp10.000 per orang. Selain berkeliling danau dengan perahu, Sweet Couple juga bisa menyewa sepeda air yang tidak kalah seru dan menarik.

3. Tebing Keraton

Gambar diambil dari instagram.com/gunawan.popo/

Liburan terasa kurang lengkap tanpa koleksi foto yang diabadikan dengan pemandangan terbaik. Untuk itu, Sweet Couple membutuhkan spot area terbaik untuk menghasilkan foto estetis.

Tebing Keraton merupakan destinasi wisata terbaik bagi Anda yang ingin berburu koleksi foto estetis dengan pemandangan alam menawan. Kalau Bukit Moko menampilkan pemandangan malam wilayah Bandung dari bukit, Tebing Keraton justru menawarkan pemandangan matahari terbit ditambah langit biru yang indah di pagi hari.

Tebing Keraton berada di kawasan Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda. Lokasi persisnya terletak di Kampung Ciharegem Puncak, Desa Ciburial, Bandung. Tebing Keraton memang lebih banyak dikunjungi oleh orang muda atau pasangan kekasih yang ingin mengabadikan momen terbaik mereka di tempat yang menakjubkan.

Sweet Couple sebaiknya mengunjungi tempat ini sebelum matahari terbit untuk menyaksikan detik-detik sunrise yang paling eksotik. Harga tiket masuknya cukup terjangkau, yakni Rp15.000.

4. Taman Bunga Begonia

Gambar diambil dari instagram.com/rwibi5/

Tempat wisata berikutnya yang dapat Sweet Couple kunjungi saat liburan Hari Lahir Pancasila adalah Taman Bunga Begonia. Taman ini memperlihatkan eloknya berbagai bunga dan tanaman dengan aneka warna yang menawan.

Bagi pecinta bunga, maka taman ini merupakan destinasi wisata yang tidak boleh terlewatkan! Lokasi tempat wisata Bandung ini berada di Jalan Maribaya No.120 A, Langensari, Lembang, Kabupaten Bandung.

Baca Juga :  Rute dan Transportasi ke Bukit Moko Paling Dekat

Jam operasional Taman Bunga Begonia dimulai sejak pukul 08.00 sampai 17.00 WIB. Sebaiknya Anda mengunjungi taman bunga ini saat pagi hari dengan cahaya matahari yang tidak terlalu menyengat, udara yang lebih sejuk, dan pemandangan kebun bunga yang cerah serta warna-warni.

5. Wisata Bandung di Jalan Braga

Gambar diambil dari instagram.com/imannurrakhman/

Kalau Sweet Couple berencana untuk berwisata ke Bandung saat libur Hari Lahir Pancasila, jangan lupa untuk singgah di Jalan Braga. Eksistensi Jalan Braga sudah terkenal sejak masa pemerintahan Hindia Belanda. Jalan Braga sebelumnya dikenal dengan julukan Paris van Java.

Kawasan ini dikelilingi dengan bangunan serta pemandangan klasik dan eksotik. Jalan Braga memang dikenal dengan kawasan pertokoan dan bangunan lainnya dengan ciri artistektur kuno khas Eropa. Hal itu membuat para pengunjung tertarik untuk menelusuri tempat ini dan tidak lupa juga untuk mengambil foto dengan berbagai spot terbaik.

Jalan Braga merupakan pusat keramaian di tengah kota Bandung. Tempat ini selalu ramai dikunjungi oleh berbagai wisatawan dari berbagai daerah. Anda juga bisa melakukan wisata kuliner di tempat ini. Salah satunya adalah restoran Braga Punya Cerita

Itulah kelima tempat wisata Bandung yang bisa Sweet Couple kunjungi saat liburan dalam rangka Hari Lahir Pancasila. Walaupun hanya berlibur dalam 1 hari, Anda tidak akan menyesal dengan berbagai objek wisata dan pemandangan yang menakjubkan dari setiap tempat wisata ini.

Mulai dari wisata alam, eksplorasi kebun bunga, hingga menikmati hiruk-pikuk kota klasik, semua dapat Anda telusuri di Bandung. Selamat memperingati Hari Lahir Pancasila dan selamat berlibur!

Artikel disadur dari newsdetik.com