Gunung Bromo, Gunung Suci dengan Keindahan Abadi

Siapa sih yang tidak tahu Gunung Bromo? Gunung berapi ini sudah lama menjadi salah satu destinasi wisata di Jawa Timur yang terkenal hingga mancanegara. Bagaimana tidak? Keindahannya mampu membuat siapapun terkesima terlebih saat matahari tiba.

Sebagai salah satu tujuan wisata alam unggulan tanah air, tak heran bila banyak wisatawan yang mengunjunginya. Biasanya, wisatawan datang dari Probolinggo atau Malang. Sweet Couple sendiri apakah sudah pernah bertandang ke Gunung Bromo?

Jika belum pernah, maka kami akan sajikan informasi lengkap mengenai wisata Gunung Bromo. Yuk simak informasi lengkapnya berikut ini!

Gunakan aplikasi Sweetrip Indonesia untuk membaca resep lebih mudah
Unduh

Artikel Terkait:

Sejarah Gunung Bromo

Gambar diambil dari instagram.com/zhulyh

Gunung Bromo sudah ada sejak lama dan merupakan bagian dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Gunung ini merupakan salah satu gunung yang dianggap suci khususnya oleh masyarakat Suku Tengger, penduduk sekitar lereng gunung.

Asal nama Bromo diambil dari kata Brahma (Bahasa Sansekerta), yang merupakan salah satu dewa utama dalam agama Hindu. Tak heran bila gunung ini dianggap sebagai tempat suci di pulau Jawa. Saking terkenalnya gunung ini, bahkan PT Kereta Api Indonesia (Persero) menjadikannya sebagai nama salah satu layanan kereta api kelas eksekutif unggulan milik mereka yakni KA Argo Bromo Anggrek jurusan Gambir-Surabaya Pasar Turi PP.

Gunung Bromo sendiri merupakan gunung berapi yang masih aktif dan rutin meletus. Bentuknya agak seperti perisai dan bisa didaki hingga ke pinggir kawahnya. Di sekelilingnya, juga terdapat gunung lain seperti Gunung Batok, Gunung Widodaren, dan Gunung Semeru.

Jika melihat secara keseluruhan, maka kawasan ini lebih tepat disebut sebagai Kaldera Tengger karena bentuknya seperti mangkuk besar. Konon katanya, dulunya gunung ini pernah mencapai ketinggian hingga 4000 meter lalu meletus hingga menyisakan kaldera dengan gunung-gunung di dalamnya.

Lokasi Gunung Bromo

Gunung Bromo bisa dikatakan memiliki lokasi yang strategis. Bagaimana tidak? Gunung dengan ketinggian 2329 m ini berada di 4 kabupaten sekaligus. Ia berada di perbatasan Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Lumajang, dan Kabupaten Malang. Semuanya berada di Provinsi Jawa Timur.

Cara Menuju Gunung Bromo

Ada banyak cara menuju Gunung Bromo. Berikut ini beberapa di antaranya:

Naik Pesawat

Cara tercepat menuju Gunung Bromo adalah dengan menggunakan pesawat. Gunakan pesawat tujuan akhir Surabaya atau Malang. Tersedia banyak penerbangan menuju ke kedua kota tersebut dari berbagai kota di tanah air.

Sesampainya di Surabaya atau Malang, Anda bisa melanjutkan perjalanan menuju Gunung Bromo dengan mobil atau kendaraan sewaan.

Klik di sini untuk melihat penerbangan menuju Surabaya dan Malang.

Naik Kereta Api

Ingin merasakan sensasi perjalanan yang berbeda? Sweet Couple bisa menggunakan kereta api untuk menuju Gunung Bromo. Anda bisa mengambil perjalanan kereta api menuju Surabaya, Malang, Pasuruan atau Probolinggo. Tersedia banyak perjalanan kereta api dari berbagai kota di pulau Jawa menuju ketiga kota tersebut.

Baca Juga :  Pantai Papuma yang Cantiknya Bikin Terpesona

Sesampainya di Surabaya, Malang, Pasuruan, atau Probolinggo, Anda bisa melanjutkan perjalanan menggunakan mobil, bus, ataupun kendaraan sewaan.

Untuk perjalanan kereta api menuju Surabaya, Malang, Pasuruan, dan Probolinggo, silakan cek di sini.

Naik Bus

Bagi yang ingin naik kendaraan umum dengan harga terjangkau, maka naik bus menuju Gunung Bromo bisa menjadi pilihan transportasi. Untuk kota yang dituju, Sweet Couple bisa memilih Surabaya, Malang, atau Probolinggo. Perjalanan biasanya ditempuh hingga 14 jam.

Setibanya di kota tujuan, maka Anda tinggal melanjutkan perjalanan menuju Gunung Bromo dengan mobil atau motor sewaan. Tidak terlalu susah bukan?

Lihat di sini untuk mengetahui PO Bus yang beroperasi menuju Surabaya, Malang, dan Probolinggo.

Naik Mobil

Ingin yang praktis dan langsung mencapai Gunung Bromo? Tentu saja naik mobil dong. Cukup dengan satu transportasi, maka Anda sudah bisa mencapai Gunung Bromo dengan mudah.

Bila Sweet Couple naik mobil ke Gunung Bromo, maka ada beberapa rute yang bisa diambil:

  • Probolinggo-Sukapura-Putus-Gunung Bromo
  • Pasuruan-Warungdowo-Puspo-Wonokitri-Gunung Bromo
  • Malang-Tumpang-Gubukklakah-Gunung Bromo

Naik Motor

Buat yang hobi riding, bisa banget loh naik motor menuju Gunung Bromo. Selain mudah, praktis, juga murah meriah. Cocok banget untuk Sweet Couple yang suka backpacker-an.

Rute yang bisa diambil dengan motor sama saja kok dengan rute bermobil menuju Gunung Bromo. Berikut ini rutenya:

  • Probolinggo-Sukapura-Putus-Gunung Bromo
  • Pasuruan-Warungdowo-Puspo-Wonokitri-Gunung Bromo
  • Malang-Tumpang-Gubukklakah-Gunung Bromo

Naik Angkutan Perintis DAMRI

Bingung mau naik kendaraan apa dari Surabaya dan Malang menuju Gunung Bromo? Tak usah khawatir! Sweet Couple bisa menggunakan angkutan perintis DAMRI menuju ke tempat wisata tersebut. Angkutan yang digunakan yakni berupa mobil minibus Toyot Hi-Ace

Untuk saat ini, Angkutan Perintis DAMRI tersedia di kota Surabaya dan Malang. Berikut ini rinciannya:

Dari Surabaya

  • Stasiun Surabaya Pasar Turi-Wonokitri-Tosari-Bromo
  • Stasiun Surabaya Gubeng-Sukapura-Bromo
  • Bandara Juanda-Tosari-Wonokitri-Bromo

Dari Malang

  • Stasiun Malang-Tosari-Bromo
  • Bandara Abdulrahman Saleh-Tosari-Bromo

Untuk harga tiket dan jadwal keberangkatan Angkutan Perintis DAMRI Bromo silakan cek di sini.

Harga Tiket Masuk Gunung Bromo

Untuk mengunjungi Gunung Bromo, tentunya Anda harus membeli tiket. Bagi wisatawan domestik, dikenakan harga sebesar Rp29.000,00 per orang untuk hari biasa dan Rp34.000,00 untuk akhir pekan serta hari libur.

Bagi wisatawan mancanegara, harga tiket masuknya lebih mahal yakni Rp200.000,00 per orang untuk hari biasa dan Rp320.000 per orang untuk akhir pekan serta hari libur.

Jangan lupa juga siapkan uang sebesar Rp10.000,00 untuk membuka portal Gunung Bromo.

Jam Operasional Gunung Bromo

Kabar baik bagi Sweet Couple yang berencana berkunjung ke kawasan Gunung Bromo. Anda tak perlu khawatir karena jam operasional Gunung Bromo buka selama 24 jam. Jadi, Anda bisa berkunjung ke sana kapanpun dan jam berapapun dengan leluasa.

Fasilitas Gunung Bromo

Sebagai destinasi wisata kelas dunia, Gunung Bromo memiliki sejumlah fasilitas guna menunjang kunjung wisatawan.

Baca Juga :  Rekomendasi 10 Tempat Sewa Motor Malang

Mulai dari akomodasi yang tersebar di sejumlah titik. Akomodasinya pun beragam. Mulai dari yang sekelas guest house dengan rumah-rumah penduduk setempat hingga sekelas resort mewah berbintang lima.

Tempat makan dan toko suvenir pun juga tersedia banyak di wilayah ini. Jadi bagi Anda yang kelaparan atau ingin membeli buah tangan, tak usah khawatir susah menemukan kedua tempat ini di Gunung Bromo.

Tersedia juga fasilitas penyewaan mobil jeep di Gunung Bromo. Mengapa mobil jeep? Karena hanya mobil ini yang mampu melibas jalanan Gunung Bromo terutama saat melintasi lautan pasir Tengger. Untuk penyewaannya, berada di kisaran Rp500.000,00 hingga Rp600.000,00.

Aktivitas dan Objek Wisata Gunung Bromo

Dengan kecantikan alamnya yang mengesankan, Gunung Bromo menawarkan sejumlah aktivitas dan objek wisata yang dapat dikunjungi. Apa sajakah itu?

Sunrise Bromo di Bukit Penanjakan

Gambar diambil dari instagram.com/ekosap_

Aktivitas yang tak boleh di Gunung Bromo adalah menyaksikan sunrise di Bukit Penanjakan. Inilah primadona Gunung Bromo yakni pemandangan matahari terbit yang spektakuler. Di sini, Anda bisa menyaksikan Gunung Bromo dan gunung-gunung di sekitarnya dengan leluasa. Ketika fajar menyingsing, Anda akan disuguhkan dengan panorama alama yang membuat mulut ternganga. Memang secantik itu sunrise di Gunung Bromo.

Usahakan untuk tiba di Bukit Penanjakan tidak lebih dari pukul 04.00 dini hari karena selepas itu biasanya spot sudah terisi penuh oleh wisatawan yang berburu momen sunrise. Jangan lupa kenakan pakaian tebal ya karena udara di sini sangat dingin. Tidak mau kan momen sunrise terganggu karena Anda meringkuk kedinginan?

Kawah Gunung Bromo

Gambar diambil dari instagram.com/albertcornus

Sebagai gunung berapi aktif, Gunung Bromo tentunya memiliki kawah. Sweet Couple juga bisa loh mengunjungi kawah tersebut. Tak perlu bersusah payah karena tersedia anak tangga untuk mencapai kawah. Namun, siapkan tenaga ya karena anak tangganya jumlahnya sangat banyak.

Hati-hati dan waspada saat sudah berada di puncak karena jarak antara area aman dengan tebing kawah sangat sempit. Salah-salah, Anda bisa terjatuh ke dalam kawah. Cukup nikmati kawah dari kejauhan sembari melihat pemandangan indah di sekelilingnya, niscaya Anda akan tetap aman berada di sini.

Lautan Pasir Tengger

Gambar diambil dari instagram.com/tripbromo_id

Pernah menonton film atau mendengar istilah Pasir Berbisik? Ternyata tempat tersebut memang benar-benar ada loh. Lokasinya berada di Lautan Pasir Tengger, kawasan Gunung Bromo. Mengapa sih namanya Pasir Berbisik? Ternyata dulunya kawasan ini sangatlah sepi, yang ada hanyalah pasir dan angin. Tak jarang, terdengar suara bisik-bisik yang ditimbulkan dari angin dan pasir sehingga disebut sebagai Pasir Berbisik.

Jangan lewatkan momen berfoto di lautan pasir Tengger karena suasananya seperti berada di luar angkasa. Jika ingin berpetualang dan berkeliling, maka Anda bisa menyewa jasa berkuda dengan pawang atau naik jeep. Dijamin seru dan berkesan.

Baca Juga :  5 Cara Menuju Pantai Klayar Pacitan

Padang Rumput Sabana dan Bukit Teletubies

Gambar diambil dari instagram.com/indrawidjaya

Siapa bilang Gunung Bromo hanya ada gunung, kawah, dan pasir? Di balik itu semua, Anda bisa menikmati eksotisme padang rumput sabana dan edelweiss yang menghijau. Lokasinya memang tidak terlihat dari ketinggian di Bukit Penanjakan lantaran berada di balik Gunung Bromo.

Tempat ini bagaikan surga tersembunyi di kawasan Gunung Bromo. Pemandangan padang rumput sabana yang menghijau ditambah dengan tanaman bunga Edelweiss yang bermekaran membuat mata ini terasa segar. Jangan lewatkan kesempatan berfoto di kawasan ini, khususnya dengan latar bukit hijau bak bukit teletubies.

Ingat ya, jangan sekali-kali mencabut apalagi membawa pulang Edelweis yang hidup di kawasan ini. Tetap jaga kawasan ini agar tetap lestari.

Pura Luhur Poten

Gambar diambil dari instagram.com/putrantiningrum

Kawasan Gunung Bromo dihuni oleh Suku Tengger yang beragama Hindu. Tak heran bila Anda akan menemukan sebuah pura di tempat ini. Pura tersebut bernama Pura Luhur Poten. Lokasinya sangat unik karena berada di tengah-tengah lautan pasir Tengger. Tidak ada bangunan lain di kawasan tersebut selain bangunan pura.

Pura Luhur Poten ini merupakan tempat sembahyang umat Hindu Suku Tengger dan digunakan untuk memuja Dewa Brahma. Pura yang didirikan pada tahun 2000 ini rupanya diambil dari kata empot-empoting ati (hati yang terdalam). Arsitekturnya memadukan budaya Jawa dan Bali dengan sangat harmonis.

Upacara Yadnya Kasada

Gambar diambil dari instagram.com/harikukotaku

Aktivitas yang juga tak boleh dilewatkan bagi Sweet Couple pecinta wisata budaya kala berada di Gunung Bromo adalah menyaksikan upacara Yadnya Kasada. Upacara tradisional ini merupakan momen penting bagi masyarakat Suku Tengger.

Upacara Yadnya Kasada digelar setiap bulan Kasada pada tanggal 1 hingga 14 berdasarkan penanggalan kalendar Saka Suku Tengger. Ritual ini sudah diselenggarakan sejak ratusan tahun lamanya oleh Suku Tengger. Upacara ini tak boleh dilewatkan oleh masyarakat setempat walau dalam kondisi apapun, termasuk saat Gunung Bromo sedang meletus.

Upacara Yadnya Kasada ini menjadi simbol untuk menolak bala dan memohon perlindungan kepada Sang Hyang Maha Widhi agar diberikan rezeki yang berlimpah di tanah Tengger. Selain itu, upacara ini juga menjadi bukti janji kepada Raden Hadi Kusuma, anak dari Roro Anteng dan Joko Seger yang dianggap sebagai asal muasal penduduk Suku Tengger.

Kontak Gunung Bromo

Bagi Sweet Couple yang tertarik mengunjungi Gunung Bromo, maka bisa hubungi kontak Gunung Bromo melalui website di sini.

Itulah sejumlah informasi mengenai Gunung Bromo dan sekitarnya. Tentunya tempat ini sangatlah indah dan wajib dikunjungi dalam agenda Anda. Jangan sampai Anda tidak mengunjunginya karena keindahannya terlalu sayang untuk dilewatkan begitu saja.

Yuk berkunjung ke Gunung Bromo!

Ingin membaca artikel kami yang lainnya? Download aplikasi Sweetrip Indonesia dengan klik di sini

Artikel disadur dari dolanyok.com, wikipedia.or.id, dan maioloo.com