Pantai Pangandaran, Destinasi Wisata Primadona di Jawa Barat

Ingin mengeksplorasi wisata pantai selain di Bali dan Yogyakarta? Sweet Couple dapat menelusuri pantai di daerah Jawa Barat, yaitu Pantai Pangandaran.

Pantai ini merupakan destinasi wisata primadona di kabupaten Pangandaran. Dahulu pantai tersebut dijuluki “Kota Nelayan Kecil” karena sebagian masyarakat setempat merupakan nelayan.

Salah satu hal yang menarik perhatian para wisatawan adalah hamparan pasir putih dan bersih di sekitar pantai. Bahkan, tempat wisata ini pernah dinobatkan sebagai pantai terbaik di Jawa Barat oleh Asia Rooms.

Gunakan aplikasi Sweetrip Indonesia untuk membaca resep lebih mudah
Unduh

Kalau Sweet Couple berencana untuk liburan ke Pantai Pangandaran, berikut ini terdapat ulasan lengkap mengenai wisata pantai tersebut, mulai dari lokasi, rute perjalanan, objek wisata hingga harga tiket.

Lokasi Pantai Pangandaran

Pantai Pangandaran berada di sebelah tenggara Jawa Barat. Lokasi persisnya berada di Desa Pananjung, Kecamatan Pangandaran, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Pantai tersebut berjarak sekitar 91 km dari dari Kabupaten Ciamis dan 212 km dari Bandung.

Akses Menuju Pantai Pangandaran

Ada banyak pilihan rute dan transportasi ke Pantai Pangandaran. Perjalanan dengan kendaraan pribadi memang lebih mudah karena Anda hanya perlu menempuh jalur yang biasa dilewati oleh angkutan atau transportasi umum. Namun, Sweet Couple bisa juga menggunakan berbagai jasa transportasi umum.

Baca Juga :  5 Pantai di Jawa Barat yang Paling Populer untuk Liburan

Pertama, Anda bisa menggunakan jasa travel. Jasa transportasi ini biasanya mudah kita temukan di Bandung. Pilihan transportasi lain yang dapat dicoba adalah bus antarkota di Jawa Barat, turun di terminal Kabupaten Ciamis. Kemudian melanjutkan perjalanan dengan bus atau mobil elf ke arah pantai.

Nah, kalau Sweet Couple berangkat dari Jakarta dan ingin menggunakan bus, rutenya cukup mudah. Silakan pilih  bus Gapuraning Rahayu, rute Kampung Rambutan – Pangandaran di terminal Kp. Rambutan dengan tarif tiket Rp90.000 (non-AC) dan Rp95.000 (fasilitas AC). Waktu tempuh perjalanan sekitar 7 jam dengan jarak 355 km.

Kalau akses kereta api dari Jakarta, Anda dapat memilih kereta dengan keberangkatan dari stasiun Gambir menuju stasiun Stasiun Banjar. Waktu perjalanan yang ditempuh sekitar 8 jam. Setelah itu Anda masih harus melanjutkan perjalanan dengan bus ke arah Pangandaran.

Jam Operasional Wisata Pantai Pangandaran

Pantai ini dibuka setiap hari mulai pukul 05.00 WIB. Jadi, Sweet Couple dapat menghabiskan banyak waktu saat berlibur ke pantai yang terletak di Pangandaran ini.

Harga Tiket Masuk Pantai

Tarif tiket masuk wisata Pantai Pangandaran cukup variatif. Biaya yang harus dikeluarkan tergantung dari kendaraan yang kita gunakan. Berikut ini adalah rincian harga tiket masuk Pantai Pangandaran berdasarkan jenis kendaraan.

  • Pejalan kaki: Rp6.000
  • Motor: Rp15.000
  • Kendaraan jenis Sedan atau Jeep: Rp35.000
  • Kendaraan jenis Carry: Rp65.000
  • Mobil penumpang besar – Rp93.000
Baca Juga :  Pantai Carita dengan Berbagai Wahana Watersport

Aktivitas dan Objek Wisata Pantai Pangandaran

Berikut ini terdapat beberapa aktivitas dan wahana wisata yang bisa Sweet Couple nikmati di Pantai Pangandaran.

1. Menyaksikan Sunrise dan Sunset di Pinggir Pantai

Gambar diambil dari instagram.com/taofik_arianto/

Menyaksikan matahari terbit atau terbenam di pantai memang sangat menenangkan dan tampak menakjubkan. Melihat sunrise dan sunset dengan jelas di pantai yang sama bukanlah hal yang mudah ditemukan. Namun, Sweet Couple dapat menyaksikan detik-detik terbaik ketika matahari terbit dan matahari terbenam dari Pantai Pengandaran.

Tidak heran bila banyak wisatawan yang tiba di pantai sebelum matahari terbit atau ramai menjelang matahari terbenam. Aktivitas ini seolah-olah membuat kita menikmati keindahan hidup dan melepas penat.

2. Menikmati Beragam Watersport

Gambar diambil dari instagram.com/mypangandaran/

Terdapat berbagai fasilitas watersport yang bisa Anda nikmati saat berlibur ke Pantai Pangandaran. Sweet Couple dapat mencoba sensasi keseruan mengitari pantai dengan banana boatjetskybig mable boat, aqua glade, dan lain sebagainya. Tarif setiap fasilitas watersport ini beragam, mulai dari kisaran 30 ribu sampai 300 ribu rupiah.

3. Berenang di Pantai

Gambar diambil dari instagram.com/raiifa_/

Keindahan Pantai Pangandaran tampak jelas dari air laut yang jernih dan pasir putihnya yang bersih. Oleh karena itu, banyak pengunjung yang berenang pantai ini.

Baca Juga :  Pantai Ngrawe Gunungkidul, Rekomendasi Wisata Terbaik di Jogja

Pantai ini memang menghadap langsung ke Samudera Hindia. Namun, pantai ini tergolong aman sehingga Sweet Couple bisa bermain dan berenang dengan hati-hati.

Jarak pasang naik dan surutnya tidak berdekatan sehingga Anda tidap perlu khawatir dengan gelombang besar. Bagaimanapun, Anda harus tetap waspada terutama saat membawa anak-anak untuk berlibur ke pantai tersebut.

4. Spot Foto Terbaik

Gambar diambil dari instagram.com/belummaupulang/

Liburan ke pantai rasanya kurang memuaskan tanpa mengabadikan potret setiap momen. Pantai Menganti tentunya memiliki banyak spot foto yang tampak estetis dan menarik.

Hanya dengan berpose di pinggir pantai dengan pemandangan jernihnya air laut, pasir putih, dan langit biru, maka Sweet Couple akan menghasilkan foto yang sempurna.

Itulah ulasan lengkap mengenai wisata Pantai Pangandaran. Selain tarif tiket yang terjangkau dan aksesibilitas yang mudah, Sweet Couple tidak akan menyesal dengan panorama alam yang menakjubkan di sekeliling pantai.

Kalau ingin berlibur dalam beberapa hari, Sweet Couple tidak perlu khawatir karena ada banyak penginapan di Pantai Pangandaran, seperti Bambu House, Pondok Sundawa, dan lain-lainnya.

Artikel disadur dari jejakpiknik.com