Kuliner Jogja yang Pas untuk Musim Hujan

Jogja memang selalu istimewa. Walaupun di musim hujan seperti ini, Jogja tetap menarik untuk dikunjungi. Jika musim hujan seperti ini, rasanya akan menyenangkan jika bisa wisata kuliner saat jalan-jalan di Jogja apalagi sambil menyantap kuliner yang bisa menghangatkan badan di tengah dinginnya cuaca Jogja kala musim hujan. Yuk simak ulasan kuliner Jogja yang pas untuk musim hujan berikut ini!

Wedang Jahe, Wedang Nikmat Penghangat Badan

Kuliner Jogja yang pas untuk disantap saat musim hujan tentu saja Wedang Jahe. Minuman ini terbuat dari irisan jahe, gula jawa, atau gula batu yang disajikan bersama air hangat/panas di dalam gelas/cangkir. Wedang Jahe juga bisa ditambahkan susu agar semakin nikmat. Minuman ini cocok banget disantap saat musim hujan di Jogja. Enak banget ya!

Wedang Ronde, Kuliner Hangat Pengganjal Perut di Musim Hujan

Kuliner Jogja berikutnya yang pas untuk disantap saat musim hujan yakni Wedang Ronde. Minuman ini terdiri dari tepung ketan berbentuk bulat mungil, kacang, dan kuah hangat yang manis. Minuman ini juga bisa buat pengganjal perut loh jadi Sweet Couple ga akan kelaparan deh usai minum wedang ronde. Selain itu kuliner ini juga dipercaya bisa menjaga kebugaran tubuh loh. Cocok banget deh kalo pas di Jogja minum ini saat musim hujan!

Wedang Tahu, Kuliner Lembut Nan Menghangatkan Tubuh di Musim Hujan

Kuliner Jogja lainnya yang pas banget disantap saat musim hujan seperti ini adalah Wedang Tahu. Wedang Tahu terbuat dari saripati tahu, kulit tahu, yang kemudian disiram dengan kuah jahe dan gula aren. Pastinya kuliner ini hangat dan bisa membuat tubuh kita merasa lebih enak Sweet Couple. Kalau musim hujan di Jogja, jangan lupa cicipi kuliner ini ya Sweet Couple!

Baca Juga :  Menikmati Malioboro Jogja yang Romantis Saat Musim Hujan

Wedang Uwuh, Minuman “Sampah” ala Jogja yang Super Nikmat

Kalau Sweet Couple sedang jalan-jalan di Jogja saat musim hujan seperti ini, jangan lupa untuk mencicipi kuliner Wedang Uwuh. Uwuh dalam bahasa Jawa berarti sampah, tetapi bukan berarti Sweet Couple harus makan atau minum sampah beneran ya di sini. Sampah atau Uwuh yang dimaksud di sini adalah tampilan dan bahannya yang dianggap sebagai sampah yakni campuran daun-daunan herba kering.

Biasanya daun-daunan tersebut dibiarkan saja bahkan dibuang karena dianggap sampah, tetapi wedang uwuh justru menggunakan daun-daun kering sebagai bahan utamanya. Selanjutnya, dicampur dengan air jahe hangat. Nikmat banget minum wedang uwuh ini saat musim hujan di Jogja.

Wedang Secang, Kuliner Hangat di Musim Hujan Penambah Stamina

Saat musim hujan di Jogja, paling nikmat menikmati kuliner wedang secang. Wedang secang merupakan minuman dari jenis tanaman secang, yang diambil kayunya atau kulit kayunya sebagai rempah-rempah. Tentunya minuman ini disajikan dengan menggunakan air hangat/panas. Minum wedang secang juga mampu meningkatkan stamina tubuh loh Sweet Couple. Cocok banget kan untuk dikonsumsi kala musim hujan?

Jamu, Kuliner Herbal khas Nusantara yang Berkhasiat

Musim hujan di Jogja seperti ini paling pas buat minum jamu. Ya, kuliner yang berupa minuman rempah-rempah berkhasiat ini sudah lama dikenal sebagai salah satu kekayaan kuliner di Jogja bahkan Indonesia. Jamu juga dikenal sebagai minuman obat herbal khas Indonesia sehingga banyak yang mengonsumsinya demi kesehatan. Mau jamu beras kencur? Ada. Jamu temulawak? Ada. Jamu Kunyit Asem? Ada. Jamu Langsing? Juga ada. Lengkap banget deh pokoknya! Apalagi diminum saat musim hujan, bikin badan lebih hangat dan sehat.

Baca Juga :  10 Penginapan Instagramable dan Unik di Jogja

Kopi Joss, Kuliner Jogja yang Jos Banget Saat Musim Hujan

Jalan-jalan di Jogja saat musim hujan gini, rasanya pas dan jos banget kalau menikmati kuliner Kopi Joss. Kopi Joss merupakan salah satu kuliner khas Jogja yang istimewa yakni segelas kopi panas yang dicampur dengan sebongkah batu arang yang juga panas. Kenapa namanya kopi joss? Karena ketika batu arangnya dicemplungkan dan bercampur dengan kopi, bunyinya Josss…. Pastinya minum kopi Joss bakal jos banget dan ga bikin kalian kedinginan selama musim hujan di Jogja.

Bakmi Jawa, Bakmi ala Jogja yang Bikin Semangat saat Musim Hujan

Siapa yang suka mie? Nah musim hujan gini rasanya pas banget kalau makan mie apalagi mie kuah yang hangat. Nikmat banget! Salah satu yang paling pas disantap saat musim hujan di Jogja adalah kuliner bakmi Jawa. Bakmi Jawa merupakan mie khas Jogja yang terdiri dari 2 jenis yaitu Bakmi Goreng dan Bakmi Godog. Saat musim hujan gini, paling pas makan Bakmi Jawa Godog alias Bakmi Jawa Kuah. Mienya termasuk tebal, porsinya banyak, lengkap dengan sayur kol, daun bawang, bawang goreng, dan suwiran ayam. Enak banget kalau makan ini saat lagi musim hujan di Jogja.

Soto, Kuliner Jogja Termantap saat Musim Hujan

Kuliner Jogja yang satu ini memang paling pas disantap saat musim hujan. Semua tentu setuju jika soto merupakan kuliner yang pas disantap saat musim hujan. Semangkuk soto dengan nasi hangat rasanya gak akan pernah salah saat musim hujan seperti ini. Apalagi dengan taburan bawang goreng, suwiran daging atau ayam, dan cabe. Jadi pengen nyoto ya rasanya!

Baca Juga :  20 Oleh-Oleh Khas Jogja yang Bikin Kangen Jogja!

Bakso dan Mie Ayam, Kuliner Murah, Mengenyangkan, dan Menyenangkan ala Jogja saat Musim Hujan

Ga ada yang bisa mengalahkan nikmatnya bakso dan mie ayam saat musim hujan di Jogja. Siapa sih yang ga doyan menyantap kuliner yang satu ini kala musim hujan? Simpel, tapi mengenyangkan dan menyenangkan. Di Jogja ada begitu banyak warung bakso dan mie ayam yang bisa Sweet Couple kunjungi saat musim hujan. Kuliner yang satu ini memang menjamur hampir di seluruh penjuru Jogja jadi akan mudah menemuinya. Oh ya, jangan kaget dengan harganya ya karena kalau di Jogja harga kuliner ini tergolong sangat murah dan terjangkau, beberapa mulai dari 5 ribu aja semangkok!

Oseng-Oseng Mercon, Kuliner khas Jogja yang Meledak-ledak di Mulut

Satu lagi kuliner Jogja yang pas dan cocok disantap saat musim hujan yaitu oseng-oseng mercon. Mendengar namanya saja, tentu sudah bisa dibayangkan seperti apa kan? Oseng-oseng mercon merupakan hidangan kuliner yang terbuat dari tumisan daging sapi tetelan, koyor (lemak) sapi, dan potongan cabe rawit. Rasanya? Nikmat sekaligus pedas abis! Meledak-ledak banget di mulut! Kuliner Jogja yang satu ini lebih cocok buat Sweet Couple penggila pedas. Pas banget kan buat dimakan saat musim hujan di Jogja?

Nah itulah daftar hidangan kuliner Jogja yang cocok dan pas untuk dinikmati saat musim hujan. Sebenarnya, semuanya cocok disantap kapan saja, hanya saja kuliner-kuliner tersebut punya tujuan yang sama yakni menghangatkan badan sehingga akan lebih nikmat dan pas disantap saat musim hujan. Setuju kan? Yuk wisata kuliner di Jogja!

Leave a Reply