11 Tempat Wisata di dekat Gunung Merapi Jogja

Gunung Merapi yang berada di perbatasan provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta sudah lama menjadi ikon Jogja. Gunung Merapi merupakan salah satu gunung berapi teraktif yang ada di Indonesia, bahkan dunia. Letusannya bahkan sempat memendam Candi Borobudur di masa silam. Terakhir, Gunung Merapi erupsi pada 3 Maret 2020 pagi tadi dan sempat mengeluarkan kolom abu setinggi 6 km. Hujan abu pun turun di Kawasan sekitar seperti Klaten, Boyolali, hingga Solo.

Di saat tidak erupsi, Gunung Merapi memiliki kecantikan yang mempesona. Gunung Merapi menjadi salah satu alasan kenapa banyak orang yang berwisata ke Jogja. Alamnya asri dan gunungnya pun sering dijadikan tempat pendakian para pecinta alam serta pendaki gunung. Tak hanya itu, wilayah sekitarnya pun juga banyak yang dijadikan tempat wisata. Apa saja tempat wisata yang ada di dekat Gunung Merapi Jogja? Yuk simak ulasannya berikut ini!

Kaliadem, Suasana dan Pemandangannya bikin Adem

Tempat wisata yang ada di dekat Gunung Merapi Jogja yang pertama adalah Kaliadem. Kaliadem berlokasi di Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, sekitar 35 km sebelah utara kota Yogyakarta. Di Kaliadem, Sweet Couple bisa melihat sungai-sungai bekas aliran lahar dingin letusan Gunung Merapi yang terbentang luas. Tak hanya itu, Sweet Couple juga bisa mengunjungi bunker Kaliadem, sebuah tempat untuk berlindung dari awan panas/wedus gembel letusan Gunung Merapi. Udara di sini adem, segar, dan sejuk karena berada dekat Gunung Merapi.

Kaliadem Merapi Jogja

LokasiKinarejo, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55582
KoordinatKlik di sini
Jarak dari Stasiun Tugu Yogyakarta:27,8 km (1 jam 3 menit berkendara)
Harga Tiket Masuk:Bunker kaliadem Rp10.000,00 per orang.
Harga tiket parkir Rp5.000,00 per motor dan Rp10.000,00 per mobil
Jam Operasional:Setiap hari

Museum Sisa Hartaku, Sisa-Sisa Saksi Bisu Kedahsyatan Letusan Gunung Merapi 2010

Tempat wisata kedua yang bisa Sweet Couple kunjungi di dekat Gunung Merapi Jogja adalah Museum Sisa Hartaku. Museum Sisa Hartaku merupakan museum yang dibangun untuk mengenang pemukiman warga setempat yang hancur akibat letusan Gunung Merapi pada 2010 silam. Di Museum Sisa Hartaku ini Sweet Couple bisa menyaksikan sejumlah barang peninggalan milik warga setempat yang ditinggalkan oleh pemiliknya kala Gunung Merapi erupsi dahsyat pada tahun 2010. Ada motor, radio, tv, sepeda, buku, dan furniture lainnya yang menjadi saksi bisu dahsyatnya letusan Gunung Merapi pada saat itu.

Baca Juga :  Menikmati Malioboro Jogja yang Romantis Saat Musim Hujan

Museum Sisa Hartaku

LokasiJl. Petung Merapi, Petung, Kepuharjo, Kec. Cangkringan, Kabupaten Sleman,
Daerah Istimewa Yogyakarta 55583
KoordinatKlik di sini
Jarak dari Stasiun Tugu Yogyakarta26,1 km (1 jam berkendara)
Harga Tiket MasukSukarela
Jam OperasionalSetiap hari pukul 08.00-17.00 WIB

Museum Ullen Sentalu, Museum Pusat Kebudayaan Jawa dan Sejarah Mataram dekat Gunung Merapi Jogja

Tempat wisata selanjutnya yang lokasinya dekat dengan Gunung Merapi Jogja yakni Museum Ullen Sentalu. Museum Ullen Sentalu ini tak jauh dari Museum Gunung Merapi dan berada di kawasan Kaliurang, dekat Gunung Merapi sehingga udaranya dingin dan sejuk. Tak seperti lokasi wisata lain di sekitar Gunung Merapi yang agak rawan soal cuaca, Museum Ullen Sentalu ini cocok dikunjungi saat musim hujan. Jadi gak perlu risau saat berkunjung di sana kala musim hujan ya.

Museum Ullen Sentalu merupakan museum dengan koleksi sejarah dan budaya Jawa khususnya Kerajaan Mataram yang saat ini terpecah menjadi dua yakni Surakarta dan Yogyakarta. Arsitekturnya luar biasa indah, menyatu dengan alam. Koleksinya juga bernilai tinggi, tetapi jangan sekalipun memotret di area dalam museum ya Sweet Couple.

Museum Ullen Sentalu

LokasiJl. Boyong No.KM 25, Kaliurang, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kabupaten Sleman,
Daerah Istimewa Yogyakarta 55582
KoordinatKlik di sini
Jarak dari Stasiun Tugu Yogyakarta26,2 km (54 menit berkendara)
Harga Tiket MasukRp40.000,00
Jam OperasionalPukul 08.30-16.00 WIB. Senin tutup.

Museum Gunung Merapi, Museum Serba-Serbi dan Sejarah Letusan Merapi

Tempat wisata berikutnya yang berada dekat dengan Gunung Merapi di Jogja adalah Museum Gunung Merapi. Dari Namanya saja, kita pasti sudah tahu bahwa Museum Gunung Merapi ada di dekat Gunung Merapi dan koleksinya berhubungan dengan Gunung Merapi. Museum Gunung Merapi tentunya menampilkan segala hal tentang Gunung Merapi, mulai dari sejarah dan proses pembentukannya, riwayat letusan, bagian-bagian gunung, hingga film tentang Gunung Merapi. Museum Gunung Merapi layak dikunjungi sebagai sarana edukasi yang informatif dan atraktif tentang Gunung Merapi dan pengaruhnya bagi masyarakat Jogja.

Baca Juga :  20 Oleh-Oleh Khas Jogja yang Bikin Kangen Jogja!

Museum Gunung Merapi

LokasiJl. Kaliurang No.Km, Banteng, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kabupaten Sleman,
Daerah Istimewa Yogyakarta 55582
KoordinatKlik di sini
Jarak dari Stasiun Tugu Yogyakarta23,9 km (52 menit berkendara)
Harga Tiket MasukRp5.000,00
Jam OperasionalPukul 08.00-15.30 WIB. Jumat Pukul 08.00-14.30. Senin tutup.

Lava Jeep Tour Merapi, Petualangan Keliling Merapi Jogja

Wisata lainnya yang identik dengan Gunung Merapi dan berada di dekat Gunung Merapi Jogja adalah Lava Jeep Tour Merapi. Di Lava Jeep Tour Merapi, Sweet Couple akan diajak berkeliling Kawasan Merapi dengan menggunakan mobil jeep. Jadi benar-benar terasa banget petualangannya. Aktivitas petualangan naik mobil Jeep di Merapi ini juga menjadi salah satu rekomendasi buat Sweet Couple yang sedang honeymoon di Jogja loh.

Di sini, kalian bisa menyaksikan bekas-bekas letusan Gunung Merapi dan sungai bekas aliran lahar dingin Gunung Merapi dengan batu-batuannya yang besar dan eksotis. Untuk penyewaan jeep-nya sendiri berada di kisaran Rp350.000,00-Rp600.000,00 tergantung jarak dan jumlah tempat yang dikunjungi. Tertarik berpetualang ala Gunung Merapi Jogja?

Lava Jeep Tour Merapi

LokasiNgipiksari, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kabupaten Sleman,
Daerah Istimewa Yogyakarta 55582
KoordinatKlik di sini
Jarak dari Stasiun Tugu Yogyakarta27,6 km (1 jam 4 menit berkendara)
Harga Tiket MasukRp350.000,00-Rp600.000,00
Jam OperasionalPukul 07.00-18.00 WIB

Kaliurang, Tempat Ngadem Orang Jogja yang dekat dengan Gunung Merapi

Siapa sih orang Jogja yang ga kenal Kaliurang? Kaliurang sudah lama menjadi ikon wisata Jogja yang identik dengan Gunung Merapi. Letaknya yang berada di kaki sekaligus lereng Gunung Merapi ini memiliki suasana yang adem, dingin, segar, dan sejuk, cocok sebagai tempat wisata untuk tetirah menikmati alam pegunungan. Ada banyak villa di Kawasan ini yang cocok untuk tempat penginapan. Selain itu, ada juga museum seperti Museum Ullen Sentalu dan Museum Gunung Merapi yang lokasinya masih di wilayah Kaliurang. Wisata kuliner pun juga tersedia di sini seperti Jadah Tempe atau Sate Kelinci. Nikmat banget ngadem di sini kalua jalan-jalan di Jogja.

Kaliurang

LokasiJl. Siaga, Kaliurang, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah
Istimewa Yogyakarta 55582
KoordinatKlik di sini
Jarak dari Stasiun Tugu Yogyakarta24,9 km (53 menit berkendara)
Harga Tiket MasukRp5.000,00
Jam OperasionalSenin-Jumat Pukul 08.00-16.00 WIB. Sabtu Pukul 06.00-18.00 WIB. Minggu Pukul 05.45-18.00 WIB

Stonehenge Merapi Jogja, Replika Stonehenge Inggris dengan Pemandangan Gunung Merapi ala Jogja

Tempat wisata di Cangkringan, Sleman, dekat Gunung Merapi Jogja yang satu ini bisa dibilang replica atau miniature dari Stonehenge Inggris. Ya, Stonehenge Merapi Jogja didesain dengan monumen-monumen batu yang diatur dan didirikan sedemikian rupa menyerupai Stonehenge Inggris. Ada yang mengatakan bahwa batu-batu yang ada di Stonehenge Merapi Jogja ini merupakan batu-batu bekas letusan Gunung Merapi. Pastinya, datang ke sini bikin berasa sedang berada di Stonehenge Inggris sana.

Baca Juga :  10 Penginapan Instagramable dan Unik di Jogja

Stonehenge Merapi

LokasiTrutan, Kepuharjo, Kec. Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55583
KoordinatKlik di sini
Jarak dari Stasiun Tugu Yogyakarta:25,8 km (59 menit berkendara)
Harga Tiket MasukRp5.000,00
Jam OperasionalPukul 07.30-18.00 WIB

The Lost World Castle, Kastil ala Benteng Takeshi di kaki Gunung Merapi Jogja

Tempat wisata yang ada di dekat Gunung Merapi Jogja ini memiliki desain arsitektur bangunan seperti kastil dan benteng. Kabarnya, The Lost World Castle ini menggunakan batu-batuan dari letusan Gunung Merapi sebagai salah satu bahan bakunya. Di The Lost World Castle, Sweet Couple bisa menjumpai sejumlah spot foto yang menarik seperti bangunan kastil dari The Lost World Castle itu sendiri, pohon sakura yang bermekaran, atau berfoto dengan latar belakang Gunung Merapi yang menjulang gagah di kejauhan. Dijamin foto-foto di sini bakal mempercantik feeds Instagram kalian!

The Lost World Castle

LokasiPetung, Kepuharjo, Kec. Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55583
KoordinatKlik di sini
Jarak dari Stasiun Tugu Yogyakarta27,2 km (1 jam berkendara)
Harga Tiket MasukRp25.000,00 (hari biasa/weekdays) dan Rp30.000,00 (weekend/hari libur).
Parkir Rp2.000,00 (Motor) Rp5.000,00 (Mobil)
Jam OperasionalPukul 07.00-18.00 WIB

The World Landmarks-Merapi Park, Sensasi Keliling Dunia dalam Sehari di Jogja

The World Landmarks-Merapi Park termasuk salah satu tempat wisata yang ada di dekat Gunung Merapi Jogja, tepatnya Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Tempat wisata ini menawarkan sensasi berkeliling dunia dengan mudah, murah, dan praktis dalam sehari karena adanya replica/miniature monument-monumen ikonik dari berbagai penjuru dunia seperti Menara Big Ben London, Menara Pisa Italia, Patung Liberty New York, hingga Kincir Angin Belanda. The World Landmarks-Merapi Park semakin cantik dengan taman dan bunga-bunga yang mengelilinginya serta Gunung Merapi yang menjulang tinggi di kejauhan. Keren banget!

The World Landmarks-Merapi Park

Lokasi Jl. Kaliurang No.KM. 22.5, Banteng, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kabupaten Sleman,
Daerah Istimewa Yogyakarta 55582
Koordinat Klik di sini
Jarak dari Stasiun Tugu Yogyakarta 22,9 km (51 menit berkendara)
Harga Tiket Masuk Rp10.000,00-Rp20.000,00
Jam Operasional Pukul 09.00-17.00 WIB

Bukit Klangon, Tempat Sempurna untuk Menyaksikan Kegagahan Gunung Merapi di Jogja

Tempat wisata lain yang berada dekat Gunung Merapi Jogja adalah Bukit Klangon. Bukit Klangon menawarkan pemandangan Gunung Merapi yang gagah dan memukau. Di sini, Sweet Couple bisa menyaksikan kegagahan dan keindahan Gunung Merapi melalui gardu pandang bamboo dan kayu yang bisa dinaiki. Waktu yang paling tepat untuk berkunjung ke Bukit Klangon adalah saat pagi hari dan cuaca cerah karena siang hari biasanya kabut mulai turun menutupi puncak Gunung Merapi sehingga pemandangan kurang leluasa. Tertarik untuk ke sini?

Bukit Klangon

LokasiKalitengah Lor, Glagaharjo, Kec. Cangkringan, Kabupaten Sleman,
Daerah Istimewa Yogyakarta 55583
KoordinatKlik di sini
Jarak dari Stasiun Tugu Yogyakarta33,4 km (1 jam 11 menit berkendara)
Harga Tiket MasukRp2.000,00 (Weekdays) Rp3.000,00 (Weekend/Hari Libur). Parkir Rp2.000,00 (Motor) dan Rp5.000,00 (Mobil)
Jam Operasional Setiap hari

Agrowisata Salak Pondoh, Buah Khas dari kaki Gunung Merapi Sleman Jogja

Tempat wisata Agrowisata Salak Pondoh Jogja terletak di dekat Gunung Merapi. Sentra agrowisata salak pondoh bisa banyak dijumpai di Kawasan Turi, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Di sini, Sweet Couple bisa memetik salak pondoh, membelinya, dan membawanya pulang sebagai oleh-oleh. Salak Pondoh sendiri termasuk salah satu oleh-oleh khas Jogja yang wajib dibawa pulang usai dari Jogja. Citarasa Salak Pondoh yang manis dan segar sehingga cocok juga sebagai kudapan kala jalan-jalan di Kawasan tempat wisata dekat Gunung Merapi Jogja.

Agrowisata Salak Pondoh

LokasiGadung, Bangun Kerto, Kec. Turi, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55551
KoordinatKlik di sini
Jarak dari Stasiun Tugu Yogyakarta19,6 km (47 menit berkendara)
Harga Tiket MasukRp3.000,00 tanpe pemandu. Rp10.000,00 dengan pemandu dan boleh memetik salak serta makan di tempat
Jam OperasionalPukul 08.00-18.00 WIB

Itulah sejumlah rekomendasi tempat wisata yang ada di dekat Gunung Merapi Jogja yang bisa Sweet Couple kunjungi selama di Jogja. Pastinya, tempat wisata tersebut bisa dikunjungi saat Gunung Merapi tidak dalam kondisi Meletus/erupsi.

Oleh karena itu, selalu perhatikan informasi dari pihak yang berwenang terkait kondisi Gunung Merapi agar Sweet Couple bisa mengunjungi tempat wisata yang ada di dekat Gunung Merapi dengan perasaan aman, nyaman, dan tenang. Jika memang tidak memungkinkan, tidak perlu memaksakan diri pergi ke sana ya Sweet Couple!

Leave a Reply