10 Makanan Viral 2020

2021 baru saja dimulai. Tentunya kita semua berharap tahun 2021 akan jauh lebih baik daripada tahun 2020. Kita tahu hampir sepanjang 2020 kemarin kita berkutat dengan pandemi virus Corona yang mengubah gaya dan perilaku hidup kita.

Walau aktivitas kita selama 2020 terbatas karena adanya pandemi virus Corona, tetapi kreativitas kita malah semakin terasah di masa-masa seperti itu. Salah satunya adalah makanan. Kreasi dan inovasi orang-orang dalam hal makanan di 2020 membuat sejumlah makanan naik daun bahkan viral di 2020.

Hal ini juga membuktikan bahwa makanan memang sudah menjadi bagian fundamental dan pokok dalam kehidupan manusia, terutama di masa pandemi virus Corona. Banyak makanan viral bermunculan di 2020 silam, beberapa di antaranya bahkan bisa kita buat sendiri resepnya di rumah.

Kami ajak Sweet Couple semua untuk melihat kilas balik mengenai sejumlah makanan viral 2020 yang ada di Indonesia. Pastinya beberapa di antaranya tidak asing lagi di telinga kita. Kami sajikan 10 makanan viral 2020 yang ada di Indonesia. Yuk langsung saja kita simak ulasannya berikut ini!

1. Odading

Makanan viral 2020 yang pertama adalah Odading. Ya, siapa sih yang ga tau Odading? Rasanya berkat video viral review Odading oleh Ade Londok membuat Odading langsung viral hingga se-Indonesia Raya.

Hal tersebut tidaklah berlebihan karena Odading berhasil viral dan membuat banyak orang mencarinya. Berkat video Odading tersebut, warung Odading Mang Oleh di Bandung pun kecipratan rejekinya karena banyak yang datang dan mengantri untuk merasakan Odading Mang Oleh.

Odading sendiri sebenarnya adalah roti goreng biasa. Bentuknya kotak dan ada juga yang agak bulat menggembung dengan taburan wijen di atasnya. Citarasanya ada yang tawar, gurih, dan manis. Pastinya paling enak disantap selagi hangat.

Odading juga termasuk salah satu jajanan legendaris karena istilah ini ada sejak era penjajahan Belanda di Indonesia. Oleh karena itu, wajar saja jika kita menemukan beragam Odading di tempat lain di Indonesia dengan nama-nama yang berbeda. Yang terpenting rasanya tetep sama-sama lezat.

Sebagai salah satu makanan viral 2020 di Indonesia, kehadiran Odading juga membuat banyak orang yang mencoba membuat resep Odading di rumah. Seperti Masterchef Devina Hermawan yang mencoba membuat resep Odading melalui channel YouTube miliknya.

Jadi, sudah tahu kan mengapa Odading menjadi list teratas makanan viral 2020 di Indonesia?

2. Mentai

Makanan viral 2020 di Indonesia yang kedua adalah Mentai. Hayo, Sweet Couple Millenials pasti sudah tidak asing lagi dong ya dengan Mentai? Apalagi buat yang suka model makanan Jepang, pasti minimal pernah mencicipi Mentai.

Apa sih Mentai itu? Mentai adalah makanan khas yang berasal dari Jepang dan terbuat dari telur ikan tarako yang diberi bumbu lada dan sering diolah di berbagai makanan. Salah satu olahan makanannya adalah Saos Mentai, telur ikan yang sudah dicampur dengan mayonais.

Lalu, mengapa Mentai begitu viral di 2020 ini? Karena semenjak pandemi virus Corona, banyak orang yang mulai membuat resep Mentai dan menjualnya di media sosial. Kreasi resep mentai yang dibuat pun beragam. Tak hanya itu, Mentai juga mudah dibuat sehingga orang pun belajar untuk membuatnya.

Seperti apa sih rasa dari Mentai? Mentai memiliki kombinasi rasa gurih, asin, manis, dan agak sedikit pedas. Selain itu, Mentai juga akrab bagi mereka yang suka dengan makanan Jepang. Hal inilah yang membuat Mentai menjadi banyak disukai dan viral di 2020 kemarin.

Mentai sendiri bisa diolah dengan beragam varian. Beberapa yang viral di antaranya seperti Salmon Mentai, Chicken Mentai, dan Rice Mentai. Semuanya bisa dicoba sendiri kok di rumah.

Wajar sekali kan jika Mentai tergolong salah satu makanan viral 2020?

3. Korean Garlic Cheese Bread

Makanan viral 2020 di Indonesia yang ketiga yakni Korean Garlic Cheese Bread. Wah, kalau melihat dari namanya sih sepertinya sudah jelas ya ini bukan makanan Indonesia. Walau demikian, Korean Garlic Cheese Bread ini sempat viral loh di Indonesia pada 2020 silam.

Banyak postingan di media sosial maupun artikel di Google yang mengulas tentang Korean Garlic Cheese Bread ini. Oleh karena itu tidak heran jika Korean Garlic Cheese Bread ini menjadi viral diperbincangkan oleh orang-orang.

Tak hanya sekadar membicarakan Korean Garlic Cheese Bread, tetapi banyak juga toko roti yang berlomba-lomba membuat Korean Garlic Cheese Bread. Mulai dari toko roti brand terkenal hingga ke usaha kecil dan menengah secara online. Benar-benar viral sekali ya Korean Garlic Cheese Bread ini di 2020.

Citarasanya sendiri perpaduan gurih dan asin karena namanya saja Korean Garlic Cheese Bread yang menggunakan bawang putih dan keju sebagai bahan utamanya. Pastinya rotinya lembut dan sangat wangi sehingga membuat siapapun tergiur untuk mencicipinya.

Saking viralnya Korean Garlic Cheese Bread ini di 2020, orang-orang pun juga banyak yang iseng untuk membuat resep Korean Garlic Cheese Bread ini. Penasaran seperti apa resep salah satu makanan viral 2020 ini? Sweet Couple bisa langsung menyimaknya di sini ya.

4. Bakso Mercon

Sweet Couple pecinta makanan pedas? Pastinya masih ingat dengan salah satu makanan viral 2020 yang satu ini. Ya, Bakso Mercon. Bisa dibilang bakso mercon adalah salah satu makanan viral 2020 yang banyak diburu mereka yang suka pedas.

Jangan ngaku pecinta pedas kalau belum mencicipi bakso mercon. Namanya saja Bakso Mercon, rasanya benar-benar meledak seperti mercon kala disantap. Bagaimana tidak? Di dalam Bakso Mercon, terdapat potongan cabai rawit nan pedas yang siap membuat mulut kita terbakar laksana mercon.

Paling mantap menyantap Bakso Mercon di kala cuaca sedang dingin dan hujan. Pasti mata langsung melek dan semangat langsung menyala-nyala jika sudah menyantap kedahsyatan pedasnya Bakso Mercon yang viral ini.

Mau Bakso Mercon viral? Gampang, karena Bakso Mercon ini mudah ditemui di warung-warung Bakso. Kalian bisa mendatanginya langsung atau memesannya lewat aplikasi ojek online.

Malas buat beli Bakso Mercon viral? Gimana kalau bikin sendiri resep Bakso Mercon viral ini? Bakso Mercon bisa kita olah sendiri kok di rumah. Langsung saja simak resep Bakso Mercon viral ini di sini.

5. Klepon

Kalau makanan yang satu ini sempat viral di 2020 karena hal yang cukup kontroversial. Loh? Kok bisa sih Klepon menjadi makanan viral 2020 yang kontroversial? Mengapa begitu?

Klepon sempat menjadi salah satu makanan viral 2020 dan kontroversial karena ada yang membuat postingan bahwa Klepon merupakan makanan yang tidak islami. Setelah diselidiki, ternyata hoax. Sungguh disayangkan ya ada yang membuat postingan seperti itu.

Pastinya jangan sampai kita terpengaruh apalagi sampai berpikir bahwa Klepon makanan yang tidak lezat karena hal itu. Apalagi bahan-bahan utama Klepon yang viral ini tidak menggunakan bahan yang diharamkan dalam ajaran Islam.

Daripada kemakan hoax, tentu lebih enak jika makan Klepon dong Sweet Couple. Klepon merupakan hidangan kue jajanan tradisional alias cemilan kebanggaan Indonesia yang terbuat dari tepung beras ketan dengan warna hijau dan putih, berisi gula aren/merah cair, dan diberi taburan parutan kelapa.

Bentuk Klepon mirip bola salju. Rasanya manis. Cara memakannya adalah langsung memasukannya dan menguyahnya bulat-bulat di dalam mulut. Hal ini karena gulanya sangat lumer dan meledak di dalam mulut saat kita menyantap Klepon. Pokoknya manis banget deh!

Klepon juga viral di 2020 karena bahannya mudah didapat dan cara pembuatannya yang mudah. Yakin deh, Sweet Couple semua bisa dengan mudah mempelajari cara membuat Klepon viral 2020 ini. Penasaran seperti apa? Simak langkah-langkahnya di sini.

6. Bakso Lobster

Makanan viral 2020 di Indonesia yang cukup menyita perhatian publik adalah Bakso Lobster. Bagaimana tidak menyita perhatian? Bakso Lobster ini benar-benar perpaduan bakso dengan lobster secara harafiah. Dapat baksonya, dapat juga lobsternya.

Dari namanya saja, mungkin Sweet Couple sudah menduga bahwa Bakso Lobster ini berukuran besar. Memang benar. Ukuran bakso lobster besar, ditambah lagi terdapat lobster utuh yang dibalut bakso. Dijamin super kenyang jika sudah menyantap Bakso Lobster ini.

Kehadiran bakso Lobster yang luar biasa ini sontak langsung viral di jagad maya karena bentuk dan ukurannya yang tak biasa. Ditambah lagi saat itu belum banyak warung bakso yang menjual varian menu bakso Lobster sehingga bagi mereka yang ingin mencobanya harus jauh-jauh ke warung bakso tertentu yang memang menjual bakso Lobster.

Jika Bakso Mercon cocok banget untuk pecinta pedas, maka Bakso Lobster ini cocok banget buat Sweet Couple pecinta bakso dan seafood. Hasrat kalian akan bakso dan seafood langsung terpenuhi jika sudah menyantap Bakso Lobster. Sudah kenyang, puas pula. Nikmat sekali bukan?

Bagaimana? Setuju kan jika Bakso Lobster ini layak menjadi salah satu makanan viral 2020 di Indonesia?

7. Dessert Box

Makanan viral 2020 di Indonesia yang berikutnya adalah Dessert Box. Makanan viral ini terkenal banget di kalangan Sweet Couple pecinta dessert dan makanan yang manis-manis. Pastinya kalian pernah mencoba menyantapnya atau bahkan membuatnya.

Apa sih Dessert Box itu? Sesuai namanya, dessert box merupakan hidangan pencuci mulut bercitarasa manis yang diletakkan di sebuah wadah berbentuk kotak bening. Biasanya, dessert box ini dibentuk seperti layaknya kue. Walau demikian, dessert box ini belum tentu kue.

Dessert Box mulai viral di 2020 terutama saat pandemi virus Corona. Banyak orang yang mencoba berkreasi dengan makanan dan menjualnya secara online, salah satunya dengan membuat Dessert Box. Jadi, tak hanya Mentai yang viral di dunia maya 2020 ya.

Dessert Box ini tidak hanya nikmat disantap, tetapi juga nikmat dipandang. Hal ini karena dessert box ini ditata dan dihias sedemikian rupa, seperti diberi hiasan crumble cookies atau topping dari cokelat dan lain sebagainya.

Bisa dibilang jika Dessert Box merupakan salah satu makanan viral 2020 di Indonesia yang paling cantik luar dalam. Setuju kan?

8. Cloud Bread

Seperti yang kita tahu, semenjak 2020 platform TikTok mulai naik daun dan banyak dipakai. Sejak itu pula, muncul beragam video kreatif di TikTok, salah satunya video tutorial membuat makanan.

Makanan viral 2020 di Indonesia yang muncul dan ramai di TikTok adalah Cloud Bread. Wah, dari namanya saja sudah cantik banget ya. Pastinya langsung membayangkan sebuah roti yang bentuknya menyerupai awan dan memiliki rasa manis.

Cloud Bread memiliki tekstur yang sangat empuk dan halus, sehalus kapas. Kapas sendiri bentuknya menyerupai awan sehingga tak heran jika roti ini disebut sebagai Cloud Bread. Rasanya seperti menyantap lembutnya awan.

Kenapa sih Cloud Bread ini viral di 2020? Pertama, bentuknya yang unik apalagi kita bisa memberi warna sendiri sesuai selera untuk Cloud Bread ini. Kedua, karena bahannya mudah dan tidak ribet. Cukup tepung maizena, gula pasir, dan putih telur saja sudah bisa membuat Cloud Bread.

Pantas saja Cloud Bread ini viralnya tidak kalah dengan Korean Garlic Cheese Bread ya.

9. Boba Toast

Siapa sih yang tidak tahu Boba? Ya, Boba ini tak hanya viral dari 2020 karena dari tahun sebelumnya pun Boba tergolong kuliner yang viral di berbagai belahan dunia. Apalagi Boba Drink yang rasanya manis dan memiliki banyak penggemar.

Namun, siapa bilang Boba hanya sebatas minuman? Kreativitas orang memang tiada duanya hingga ada yang membuat makanan bernama Boba Toast. Ya, Toast alias roti panggang dengan butiran boba di atasnya. Hmmm… buat pecinta boba, dessert, dan yang manis-manis pasti suka banget.

Boba Toast ini viral karena ada salah satu brand minuman dan makanan ringan yang membuat inovasi Boba Toast. Hal itu sontak langsung membuatnya viral dan orang-orang berbondong-bondong mencari tahu tentang makanan ini.

Sudahkah kalian mencicipi Boba Toast viral ini selama 2020?

10. Hotdog Kentang (Hottang)

Kalau Hotdog pasti Sweet Couple sudah banyak yang tahu. Namun, bagaimana kalau Hottang alias Hotdog Kentang? Wah mungkin tergolong baru ya makanan ini. Tapi percaya gak sih kalau makanan ini merupakan salah satu makanan viral 2020 di Indonesia?

Ya, Hottang alias Hotdog kentang ini termasuk salah satu makanan viral 2020 di Indonesia. Bentuknya mirip corndog. Banyak yang mengiranya Corndog, padahal keduanya hanya mirip.

Teksturnya renyah karena digoreng, tetapi bagian dalamya lembut dan lumer karena biasanya diisi keju mozarella. Ukurannya pun tergolong besar. Benar-benar menggugah selera dan layak untuk dinobatkan sebagai salah satu makanan viral 2020 di Indonesia.

Itulah 10 makanan viral 2020 di Indonesia. Dengan melihat kilas balik makanan viral 2020 di Indonesia ini, kita jadi tahu sejumlah makanan yang pernah ngetren di tanah air. Kita jadi tahu apa saja yang membuat makanan ini viral di 2020. Pastinya, kita bisa mempelajarinya untuk membuat hal yang bisa viral juga di 2021 ini.

Intinya adalah jangan pernah lelah berkreasi dan berinovasi dalam menciptakan tren, salah satunya makanan. Buatlah satu keunikan yang membuat makanan kita menarik dan berbeda dengan yang lainnya. Lalu, manfaatkan kekuatan media sosial agar viral.

Siap untuk makanan viral di 2021 ini? Yuk kita tunggu gebrakan makanan viral di tahun 2021 ini!

Artikel disadur dari woke.id