5 Ide Tumpeng 17 Agustus Unik dan Kreatif untuk HUT RI

Tumpeng 17 Agustus unik dan kreatif ini merupakan tradisi yang pastinya selalu kita jumpai saat sedang merayakan Hari Kemerdekaan atau Hari Ulang Tahun Republik Indonesia pada 17 Agustus. Perlombaan membuat tumpeng ini tentunya sudah menjadi keharusan.

Kata tumpeng merupakan singkatan dari tumapaking penguripan-tumindak lempeng tumuju pangeran yang artinya hidup hanya tertuju pada Tuhan. Nasi tumpeng yang berbentuk kerucut bermakna sebagai rasa syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa. Rasa syukur tersebut diungkapkan atas berkah yang melimpah.

Makna lain dari bentuk kerucut pada nasi kuning adalah melambangkan konsep ketuhanan yang tinggi. Sementara itu, aneka lauk pauk yang disajikan di sekeliling nasi merupakan simbol dari kondisi manusia satu sama lainnya.

JADI CONTENT CREATOR SWEETRIP DAN RASAKAN MANFAATNYA
GABUNG

Artikel Terkait:

Tumpeng 17 Agustus Unik dan Kreatif

Tumpeng 17 Agustus unik dan kreatif ini sudah menjadi perlombaan yang paling populer. Tumpeng sendiri sudah termasuk sebagai kuliner atau masakan tradisional bagi masyarakat Indonesia.

Makanan ini biasanya selalu menjadi pilihan apabila sedang mengadakan acara sebagai simbolis untuk mengucapkan syukur dan juga sebagai pembukanya acara. Tumpeng saat perlombaannya biasanya dibuat dengan sangat menarik. Berikut adalah ide 5 tumpeng 17 Agustus unik dan kreatif:

Baca Juga :  Resep Nasi Rempah Kambing dengan Citarasa yang Khas

1. Tumpeng Merah Putih

5 Ide Tumpeng 17 Agustus Unik dan Kreatif untuk HUT RI
Gambar diambil dari Instagram.com/silviasoen_meisan/

Tumpeng merah putih sudah pasti menjadi langganan untuk dibuat saat sedang mengikuti acara lomba tumpeng 17 Agustus unik dan kreatif. Warna tumpeng merah putih ini berasal dari perpaduan antara nasi merah dan nasi putih yang dibuat menjadi tumpukan.

Warna merah putih sendiri merupakan warna bendera negara Indonesia kita. Tumpeng ini juga diberikan berbagai macam hiasan dari lauk pauk dan sayur-sayuran yang dibentuk dengan indah.

2. Tumpeng Kebun Bunga

5 Ide Tumpeng 17 Agustus Unik dan Kreatif untuk HUT RI
Gambar diambil dari food.detik.com

Tumpeng kebun bunga meruoakan salah satu bentuk tumpeng paling unik yang dibuat. Nasi dibentuk kerucut yang bertingkat-tingkat, kemudian bagian nasi maupun lauk pauk di sekelilingnya oleh lauk paun yang dibentuk menyerupai bunga.

Untuk membuat berbagai lekukan yang menyerupai bunga ini, dibutuhkan keahlian dan juga kesabaran yang tinggi agar menjadi tumpeng yang spesial. Antusiasme dalam lomba tumpeng ini selalu sangat tinggi. Tidak heran kalau perlombaan ini selalu ada saat 17 Agustusan.

3. Tumpeng Kincir Angin

5 Ide Tumpeng 17 Agustus Unik dan Kreatif untuk HUT RI
Gambar diambil dari instagram.com/depoermilaca

Tumpeng kincir angin ini termasuk sebagai salah satu ide tumpeng 17 Agustus unik dan kreatif. Tingginya antusiasme para peserta yang mengikuti perlombaan tumpeng ini membuat acara ini menjadi sangat seru dan menarik.

Baca Juga :  Resep Nasi Liwet Ikan Asin dengan Rice Cooker

Membuat tumpeng kincir angin ini ialah nasi dibentuk dengan cetakan khusus berbentuk spiral seperti kincir angin, dan di sekelilingnya aneka lauk pauk ditata dengan cantik.

4. Tumpeng Kue Basah

5 Ide Tumpeng 17 Agustus Unik dan Kreatif untuk HUT RI
Gambar diambil dari detik.com

Tumpeng kue basah merupakan salah satu ide tumpang yang unik dan menarik untuk dibuat. Tumpeng biasanya dibuat menggunakan nasi kuning atau saat Hari Kemerdekaan biasanya dibuat menggunakan nasi merah dan putih.

Kue basah ini merupakan hal yang out of the box dari biasanya. Beberapa jenis kue basah disusun hingga membentuk seperti tumpukan gunung dan menyerupai tumpeng. Kue basah yang digunakan bisa seperti pie buah, dan berbagai jenis kue yang dibentuk seperti buah mini.

5. Tumpeng Buah

5 Ide Tumpeng 17 Agustus Unik dan Kreatif untuk HUT RI
Gambar diambil dari tribunnews.com

Tumpeng buah adalah tumpeng yang termasuk unik untuk dibuat saat mengikuti perlombaan 17 Agustusan. Berbagai macam buah ditumpuk dari bawah hingga tinggi dan menyerupai tumpeng pada umumnya.

Buah yang digunakan pun bisa berbagai jenis. Namun, buah yang biasa digunakan seperti jeruk, salak, apel, jambu dan pisang. Buah tersebut biasanya selalu dipilih karena bisa langsung dimakan saat diambil tanpa memerlukan alat untuk membukanya.

Begitulah beberapa referensi untuk mengikuti lomba tumpeng 17 Agustus unik dan kreatif di daerah sweet couple. Gimana tertarik membuat salah satunya? Kalau tertarik, ide dari tumpeng ini bisa banget dibuat sesuai dengan kreasi masing-masing lho!

Baca Juga :  Resep Corndog Nasi, Camilan Simpel dan Mengenyangkan

Selamat Hari Kemerdekaan!

Ingin membaca artikel kami yang lainnya? Download aplikasi Sweetrip Indonesia dengan klik di sini

Artikel disadur dari beberapa artikel