5 Kuliner (Halal) Wajib Dicoba Di Bali

Saat berlibur ke Bali, pasti belum lengkap tanpa mencicipi kuliner khas daerah sana. Belum lagi jika kuliner di Bali lebih banyak kuliner non-halal, untuk kalian yang mencari kuliner halal, yuk ajak pasangan kalian untuk mencicipi hidangan khas Bali! Berikut list kuliner halal yang wajib kalian cicipi di Bali.

1. Ayam Betutu

Ayam Betutu Bali

Siapa yang tidak pernah mendengar tentang Ayam Betutu? Menu yang satu ini gak boleh kelewatan di list wisata kuliner selama di Bali. Bagi kamu pencinta masakan pedas, bersiaplah untuk jatuh cinta dengan Betutu yang berlimpahkan rempah-rempah dengan tekstur pedas yang bikin ketagihan!

Uniknya, bumbu tersebut dimasukan ke bagian dalam perut ayam kampung. Lantas dagingnya dibungkus dengan daun pisang dan dipanggang menggunakan bara api sekam yang memakan waktu hingga 24 jam, agar bisa menghasilkan rasa gurih, lembut dan pedas yang otentik.

Baca Juga :  Maja House Bandung, Restoran Romantis untuk Momen Manis

Selain daging ayam, ada juga yang menggunakan daging bebek lho!

2. Nasi Campur Ayam Bali

familygoers

Nasi Campur Ayam adalah salah satu makanan khas Bali yang paling populer. Bagi penduduk asli Bali, ini adalah salah satu menu makanan mereka sehari-hari.

Sate lilit, suwiran ayam sisit bumbu Basa Genep Bali, sayur urap, dan lawar ayam siap untuk disantap menemani nasi putih hangat. Makan Nasi Campur bakal lebih nikmat, ketika kalian mencampurnya dengan sambel matahatau sambel embe khas Bali.

Menariknya lagi, menu ini selalu tampil dengan lauk yang bervariasi di setiap rumah makan di Bali, misalnya ada yang menghidangkannya dengan ayam betutu, telur sambal tomat, kulit ayam goreng, daun umbi pedas, ikan pindang, maupun taburan kacang tanah goreng.

Baca Juga :  La Plancha, Rebahan Santai di Pinggir Pantai Seminyak Bali

3. Serombotan

serombotan
cookpad

Apa yang muncul dipikiran kalian ketika dengar nama Serombotan? Pasti banyak yang bingung karena namanya sedikit asing. Serombotan adalah kuliner sayur-sayuran khas Bali, cocok untuk kalian yang vegetarian. Kuliner khas Klungkung ini menyajikan campuran sayur-sayuran seperti kacang panjang, bayam, kangkung, buncis, terong bulat, tauge, dan pare.

Sementara itu bumbunya dikenal dengan nama Kalas, yakni semacam santan berisi campuran kunyit tumbuk, lengkuas, bawang merah, bawang putih, ketumbar dan kencur. Bumbu ini dikombinasikan lagi dengan bumbu kacang dan bumbu pedas yang siap menggugah selera kalian.

4. Tipat Blayag

Tipad Blayag
factsofindonesia

Kalian mungkin sudah cukup familiar mendengar kuliner Tipat Cantok di Bali. Namun bagaimana dengan Tipat Blayag khas Buleleng?

Tidak seperti tipat cantok yang menggunakan bumbu kacang, Blayag memiliki bumbu yang berasal dari olahan tepung beras dan campuran bumbu bali. Tekstur bumbunya yang sangat kental mirip santan ini sangat nikmat ketika bertemu potongan-potongan tipat blayag, sayur urab, ayam suwir, gorengan ceker ayam, kerupuk kulit ayam, dan kacang kedelai.

Baca Juga :  Restoran Dengan Suasana Romantis di Sekitar Legian

5. Rujak Bulung dan Rujak Kuah Pindang

Sudah pernah mencicipi rujak dengan bumbu kuah ikan tuna? Di Bali, kalian bisa mencoba kuliner unik yang banyak dijual di warung kecil di pinggir-pinggir jalan.

Di Bali, rujak rumput laut yang menggunakan bumbu kuah pindang ini dikenal dengan nama Rujak Bulung. Rasakan sensasi pedas sekaligus segar di lidah, saat kamu menyantap rumput laut Kuah Pindang dan cabe super pedas..

Selamat mencoba sensasi segar yang muncul dari kombinasi rumput laut dan kuah pindang!


Credits: liburanbali.net

Leave a Reply