5 Makanan yang Mengandung Omega 3

Omega 3 adalah sejenis lemak tak jenuh yang dibutuhkan untuk kesehatan tubuh manusia. Jenis asam lemak sehat ini berfungsi untuk menjaga kesehatan jantung, otak, mengurangi risiko kanker, dan lain sebagainya.

Ada 3 jenis asam lemak omega 3, yaitu eicosapentaenoic acid (EPA), docosahexaenoic acid (DHA), dan alpha-linolenic acid (ALA). DHA dan EPA merupakan asam lemak omega 3 yang berasal dari ikan, sedangkan ALA merupakan asam lemak omega 3 yang berasal dari minyak sayur, kacang-kacangan, dan beberapa sayuran hijau.

Masih banyak orang yang belum mengetahui makanan yang mengandung omega 3. Padahal, kandungan omega 3 sangat dibutuhkan untuk kesehatan tubuh sebagaimana yang sudah dijelaskan.

Gunakan aplikasi Sweetrip Indonesia untuk membaca resep lebih mudah
Unduh

Mau tahu makanan apa saja yang mengandung omega 3? Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini mengenai aneka jenis makanan yang mengandung omega 3.

1. Salmon

Salmon merupakan salah satu makanan yang mengandung omega 3 jenis DHA dan EPA. Dilansir dari Kompas.com, tiap setengah fillet ikan salmon yang dimasak mengandung sekitar 4.123 mg omega 3 atau 2.260 mg omega 3 dalam 100 gram bahan.

Selain dikenal sebagai makanan yang mengandung omega 3, Ikan salmon juga mengandung vitamin D, selenium, dan vitamin B. Ikan salmon diketahui dapat mencegah risiko penyakit jantung, demensia, dan depresi.

Baca Juga :  Resep Udang Sambal Bawang Goreng ala Chef Juna Masterchef

2. Ikan Tongkol

Makanan yang mengandung omega 3 dan sering dikonsumsi sehari-harinya oleh sebagian besar masyarakat Indonesia adalah ikan tongkol balado. Kebanyakan orang tentunya sudah familiar dengan resep ikan tongkol balado. Masakan ala rumahan ini juga sering kita jumpai di warteg dan rumah makan lainnya.

Ikan tongkol lebih sering diolah menjadi ikan tongkol balado, ikan tongkol suwir, pindang ikan tongkol, dan masih banyak lagi.

Kalau Sweet Couple ingin menyantap makanan yang kaya akan omega 3 ini, silakan ikuti langkah-langkah memasaknya pada artikel resep ikan tongkol balado.

3. Ikan Sarden

Jenis ikan yang satu ini lebih sering kita jumpai dalam kemasan kaleng. Setiap 100 gram atau 1 kaleng sarden mengandung 1.480 mg omega 3. Kandungan nutrisi ikan sarden juga cukup beragam, seperti vitamin B12, selenium, dan vitamin D.

4. Ikan Teri

Makanan yang mengandung omega 3 berikutnya adalah ikan teri. Setiap 45 gram atau 2 ons ikan teri mengandung sekitar 951 mg omega 3. Selain itu, ikan teri juga mengandung niasin, selenium, dan kalsium.

5. Kaviar

Masyarakat Indonesia seringkali menganggap bahwa kaviar termasuk hidangan mewah karena harganya juga lebih fantastis dari kebanyakan bahan makanan pada umumnya. Kaviar adalah makanan semacam sajian telur ikan tertentu.

Baca Juga :  Resep Tomyam Kuah Segar untuk Buka Puasa

Kaviar termasuk makanan yang mengandung omega 3. Kandungan omega 3 pada kaviar bisa mencapai 1.086 mg per sendok makan atau 6.786 mg per 100 gram kaviar. Kaviar juga memiliki kandungan kolin yang baik untuk kesehatan.

Itulah kelima jenis makanan yang mengandung omega 3. Beberapa di antaranya cukup praktis atau mudah untuk dimasak sendiri, terutama resep ikan tongkol balado dan ikan sarden tumis.

Setelah mengetahui pentingnya asam lemak omega 3, Sweet Couple perlu mengonsumsi aneka makanan di atas demi meningkatkan kesehatan tubuh.

Ingin membaca artikel kami yang lainnya? Download aplikasi Sweetrip Indonesia dengan klik di sini

Artikel disadur dari health.kompas.com