Asal Usul Bumbu Kari yang Paling Disukai Banyak Orang

Kebanyakan makanan yang menggunakan bumbu kari selalu disukai oleh banyak orang, terutama penduduk Asia. Sweet Couple pastinya sudah tak asing lagi dengan kari ayam, kari kambing, kari sapi, dan lain-lainnya.

Saat ini masakan kari memiliki ragam olahan dan resep sesuai dengan ciri khas masing-masing negara. Sweet Couple termasuk penggemar kari? Makanan ini ternyata memiliki sejarah yang panjang hingga keberadaannya terkenal di berbagai belahan dunia.

Sejarah dan Asal-Usul Bumbu Kari

Sebenarnya banyak orang yang mengatakan bahwa kari berasal dari Asia Selatan, tepatnya India. Namun, apakah masakan ini memang dibuat asli oleh orang India? Yuk, telusuri sejarah dan asal-usul bumbu kari berikut ini.

1. Awal Mula Munculnya Bumbu Kari di India

Masakan kari pertama kali diperkenalkan di India, tepatnya oleh orang-orang Dravida. Istilah kari dalam bahasa Dravida berarti sayuran dalam saus. Sementara itu, dalam bahasa Tamil istilah asli kari, yaitu karughi berarti menggoreng dengan banyak minyak.

Baca Juga :  Inilah Perbedaan Kari dan Gulai

Sejak awal kemunculannya, kari merupakan masakan yang dijadikan lauk utama bagi masyarakat India. Oleh karena itu, bahan utama yang digunakan untuk membuat masakan kari adalah daging.

2. Masakan Kari Tersebar ke Kawasan Asia Selatan

Selanjutnya, bumbu kari mulai tersebar ke negara-negara tetangga India yang berada di kawasan Asia Selatan, seperti Pakistan, Sri Lanka, dan lain sebagainya. Tidak heran kalau kari juga sering dianggap sebagai makanan khas Asia Selatan.

3. Abad ke-18, Bangsa Inggris Mengenal Bumbu Kari

Setelah menjadi makanan favorit dan populer di Asia Selatan, bangsa-bangsa dari benua lain mulai mengenal hidangan sedap ini, khususnya Inggris. Ya, India merupakan salah satu negara yang pernah dijajah dan dikuasai oleh Inggris. Pada abad ke-18, kari mulai diperkenalkan kepada orang-orang Inggris.

Bangsa Inggris ternyata menyukai cita rasa kari yang kaya akan rempah-rempah. Masakan dengan banyak rempah tentunya bukanlah ciri khas orang Eropa sehingga bumbu kari dianggap unik oleh orang Inggris.

Kemudian orang-orang di Inggris menginovasi makanan ini dengan membuat bubuk kari. Rasa bubuk ini benar-benar menyerupai kari. Mereka menciptakan bubuk kari karena rindu dengan masakan khas India tersebut.

Baca Juga :  5 Manfaat Bunga Lawang yang Harus Kamu Ketahui

4. Kari Menjadi Makanan yang Mendunia

Seiring dengan perkembangan waktu, kari mulai diketahui oleh banyak orang dari berbagai negara. Popularitas makanan ini tidak luput juga dari peran para wisatawan asing yang datang ke India dan mencicipi kelezatan bumbu kari.

Masakan kari mulai tersebar ke kawasan Asia Timur, Timur-Tengah, dan Asia Tenggara. Makanan kari cukup sangat digemari dan sesuai dengan selera orang-orang Asia Tenggara, seperti Thailand, Singapura, Indonesia, dan lain sebagainya.

Bumbu kari biasanya terdiri dari kapulaga, cengkeh, bunga lawang, kayu manis, bawang putih, bawang merah, cabai, kemiri, jahe, kunyit, santan, dan lain sebagainya. Bahan utama kari pada umumnya menggunakan daging kambing, ayam atau sapi.

Kari khas Asia biasanya identik dengan rasa yang pedas, gurih, dan perpaduan bumbu rempahnya sangat kuat. Berbeda halnya dengan kari khas Jepang yang lebih mengutamakan kekentalan kuah karena dicampur dengan tepung. Bahkan, bumbu kari mulai dipadukan dengan ramen khas Jepang.

Itulah sejarah dan asal-usul bumbu kari yang diciptakan oleh bangsa India sampai mendunia. Mau tahu cara membuat kari? Sweet Couple dapat mengikuti resep kari ayam berikut ini.

Ingin membaca artikel kami yang lainnya? Download aplikasi Sweetrip Indonesia dengan klik di sini

Baca Juga :  5 Manfaat Bunga Lawang yang Harus Kamu Ketahui

Artikel disadur dari pergikuliner.com