Asal Usul Lontong Balap Surabaya

Asal usul makanan memang unik, termasuk asal usul lontong balap. Makanan khas Surabaya yang satu ini menjadi salah satu hidangan favorit yang dicari orang-orang. Siapapun yang berkunjung ke Surabaya wajib mencicipi hidangan yang satu ini.

Kenapa sih hidangan ini dinamakan lontong balap? Apa karena saat makan hidangan ini kita harus lari dan balap-balapan? Atau saat disantap rasanya balap-balapan?

Daripada menduga-duga, yuk langsung saja kami ajak Sweet Couple menyimak pembahasan asal usul lontong balap berikut ini!

Gunakan aplikasi Sweetrip Indonesia untuk membaca resep lebih mudah
Unduh

Sejarah Lontong Balap

Lontong Balap memiliki sejarah panjang. Bisa dikatakan hidangan ini merupakan jajanan legendaris Surabaya. Kehadirannya diperkirakan sudah ada sejak zaman kolonial Belanda.

Awalnya, lontong balap dibuat dari kemaron besar tanah liat yang dibakar. Jajanan ini dijajakan dengan cara dipikul berkeliling jalanan setiap sudut kota Surabaya. Seiring berjalannya waktu, kemaron ini diganti dengan panci logam agar lebih ringan.

Para penjual hidangan ini saling rebutan pembeli kala menjual dagangannya. Selain itu, para penjualnya juga terlihat terburu-buru dan berjalan cepat menuju ke Pasar Wonokromo. Mengapa mereka menuju Pasar Wonokromo? Karena penjualnya didominasi dari penduduk sekitaran Wonokromo sehingga mereka menjadikan Pasar Wonokromo sebagai markas terakhir untuk berdagang.

Baca Juga :  Resep Martabak Manis Mini Praktis di Rumah

Gerak langkah penjual yang terlihat berlarian dan saling mendahului membuat mereka terkesan sedang melakukan balapan. Hal inilah yang menjadikan mereka disebut sebagai pedagang Lontong Balap. Dari situlah nama lontong balap bermula.

Sweet Couple jadi tahu kan asal usul Lontong Balap bernama demikian? Sudah tidak bingung lagi ya.

Isian Lontong Balap

Setelah membahas asal usul lontong balap, tak afdol tanpa membahas isiannya. Dari namanya, tentu saja hidangan ini menggunakan lontong sebagai bahan utamanya. Selain itu, hidangan ini juga menggunakan tauge, tahu goreng, bawang goreng, kecap, sambal, dan lentho.

Cara penyajian lontong balap ini yakni lontong dipotong-potong. Di atasnya diberikan irisan tahu dan remasan lentho. Di atasnya, diberikan lagi tauge yang cukup banyak. Selanjutnya, berikan kuah, sambal, dan kecap. Terakhir, berikan taburan bawang goreng di atasnya.

Biar lebih lengkap, alangkah baiknya menyantap lontong balap dengan sate kerang. Makin nikmat rasanya!

Resep Lontong Balap

Ingin menikmati lontong balap? Sweet Couple tak usah jauh-jauh ke Surabaya. Anda bisa membuat resep lontong balap sendiri di rumah dengan mudah.

Walau rasanya mungkin tidak seotentik lontong balap yang aslinya di Surabaya sana, tetapi setidaknya mampu mengobati kerinduan Anda terhadap kuliner Surabaya yang satu ini.

Baca Juga :  Resep Pisang Nugget Coklat Keju

Simak ulasan lengkap resep lontong balap di sini.

Itulah asal usul Lontong Balap Surabaya. Unik juga ya ternyata. Tak pernah menyangka jika sejarah makanan ini cukup panjang dan legendaris. Selain itu, cara pedagangnya menjual makanan juga penuh semangat dan membuat hidangan ini jadi dikenal oleh masyarakat luas.

Siapa yang mau coba makan Lontong Balap?

Artikel disadur dari id.wikipedia.org