Asal Usul Permen Dalgona Squid Game Super Viral Sejak Dulu

Sweet Couple suka nonton drakor? Pasti tahu serial Squid Game dong? Drakor yang satu ini viral dan jadi perbincangan karena jalan cerita yang menarik. Tak hanya jalan ceritanya, tetapi ada juga makanan yang ikutan viral karena serial ini. Ya, Permen Dalgona Squid Game ini banyak dicari dan ditiru orang.

Apa sih sebenarnya permen ini? Permen ini terbuat dari gula merah dan soda kue. Di permen ini, terdapat pola cetakan tertentu. Rasa dari camilan ini tentu saja manis. Wajar saja, hampir sebagian besar isinya mengandung gula.

Berkat kehadirannya dalam film Squid Game, permen Dalgona ini viral dan orang pun berbondong-bondong membuatnya. Banyak yang penasaran, mampukah mereka membuatnya dan melakukan yang serupa seperti pada film.

Gunakan aplikasi Sweetrip Indonesia untuk membaca resep lebih mudah
Unduh

Artikel Terkait:

Banyak yang mengira jika hidangan ini baru ada karena serial Squid Game. Padahal kehadirannya sudah ada lama loh. Sweet Couple juga tentunya penasaran kan kira-kira seperti apa sih asal usul permen dalgona squid game ini?

Daripada menerka-nerka dan cuma bisa makan, yuk langsung saja simak ulasan lengkap asal usulnya berikut ini!

Asal Mula Permen Dalgona

Ngomongin makanan tentu tak lengkap tanpa membahas asal mula alias asal usulnya. Mungkin Sweet Couple mengira dalgona baru ada saat awal Pandemi Corona pada 2020 silam yang bermula dari minuman viral Kopi Dalgona. Padahal, kehadirannya sudah ada sejak lama.

Ada yang mengatakan jika permen ini populer pada era 1970-an hingga 1980-an. Ada juga yang mengatakan jika permen ini dibuat pada era 1950-an usai Perang Korea, ketika prajurit dari Amerika Serikat memberikan permen kepada anak-anak kecil di Korea.

Karena saat itu orang Korea banyak yang belum mampu membeli permen, maka mereka pun membuatnya sendiri. Dengan gula merah sebagai bahan utamanya, mereka membentuk permen berukuran besar mirip lolipop dengan aneka bentuk seperti hati, lingkaran, dan bintang.

Tradisi Tantangan Permainan Permen Dalgona

Tak hanya asal-usulnya yang unik, terdapat pula tradisi permain permen dalgona yang menginspirasi film serial Netflix Squid Game. Pastinya Sweet Couple tahu dong dengan hal ini apalagi buat para pecinta drakor dan Netflix.

Tradisi ini adalah penjaja permen dalgona diberi tantangan untuk memotong bagian pinggiran permen sesuai dengan pola yang ada. Jika berhasil dan tanpa cacat, maka pemenang akan menerima hadiah seperti permen gratis, makanan, atau uang. Tentunya kalau yang kalah tidak akan ditembak mati ya.

Baca Juga :  Resep Chicken Tangsuyuk ala Korea

Hal inilah yang kemudian membuat jajanan ini begitu populer terutama di kalangan anak-anak saat itu. Sebagai target pasar utama, banyak anak yang berusaha mengikuti tantangan tersebut. Mereka tertartik dengan hadiah yang ditawarkan. Maklum saja, saat itu permen merupakan suatu kemewahan tersendiri.

Cara Membuat Permen Dalgona

Jika tadi kita sudah mengetahui asal usul Permen Dalgona Squid Game, maka kami yakin banyak yang penasaran dengan cara membuatnya.

Tak usah pusing sebab bahan-bahannya pun mudah. Hanya dengan gula merah dan baking soda serta alat cetakan, Sweet Couple sudah bisa menghasilkan mahakarya ini.

Kalau mau tahu lebih lanjut, Anda bisa langsung menyimak dan mempelajari resepnya loh.

Itulah asal usul Permen Dalgona Squid Game yang viral itu. Tak menyangka ya jika kehadirannya sudah ada sejak lama dan telah menjadi bagian perjalanan bangsa Korea.

Selamat mencicipi!

Ingin membaca artikel kami yang lainnya? Download aplikasi Sweetrip Indonesia dengan klik di sini

Artikel disadur dari liputan6.com