Inilah Asal Usul Sapi Lada Hitam yang Tidak Terduga

Siapa sih yang tak tahu sapi lada hitam? Hidangan olahan daging sapi yang satu ini begitu banyak digandrungi. Citarasanya yang lezat dengan aromanya begitu menggoda membuat siapapun tak kuasa menahannya.

Hidangan sapi lada hitam biasa disajikan di restoran-restoran. Walau demikian, Anda bisa kok membuat resep olahan daging ini di rumah sendiri dengan mudah. Pastinya soal citarasa tidak akan kalah dengan yang dijual di restoran. Anda bisa menyimak resepnya di sini.

Tak hanya lezat, daging sapi lada hitam ternyata memiliki banyak kandungan nutrisinya loh. Pasti Sweet Couple tak percaya akan hal ini. Bagaimana mungkin bisa? Ya, di dalamnya terdapat protein, lemak, dan karbohidrat. Semuanya baik dikonsumsi tubuh asalkan tidak berlebihan.

Gunakan aplikasi Sweetrip Indonesia untuk membaca resep lebih mudah
Unduh

Dengan kandungannya tersebut, maka sudah pasti sapi lada hitam punya banyak manfaat. Apa saja sih manfaatnya? Beberapa di antaranya adalah menjaga kesehatan tulang, menambah energi bagi tubuh, menyembuhkan anemia, bahkan hingga mencegah flu. Luar biasa kan? Tak heran jika hidangan ini difavoritkan banyak orang karena rasa dan khasiatnya.

Namun, tahukah Sweet Couple asal usul sapi lada hitam? Pasti banyak yang belum tahu kan? Gak afdol rasanya jika menyantap makanan tanpa mengetahui asal usul dan sejarahnya. Apalagi makanan ini sudah sering dijumpai dan disantap.

Baca Juga :  4 Resep Gulai Kambing Super Top untuk Idul Adha

Seperti apa sih asal usul sapi lada hitam? Yuk langsung saja simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Asal Usul Lada Hitam

Membahas asal usul sapi lada hitam, tentu tak lengkap tanpa membahas lada hitam itu sendiri. Apa sih lada hitam itu? Lada hitam berasal dari tanaman lada yang disebut Pepper Nigra dengan buah yang bentuknya bulatan kecil.

Citarasa lada ini pedas, hangat, sedikit pahit kala dikonsumsi. Citarasa pedasnya berasal dari sebuah zat yang bernama Piperine di dalam tanaman tersebut. Jadi, tak usah heran jika rasanya pedas.

Lalu mengapa bisa ada lada hitam? Rupanya lada hitam berasal dari buah lada yang belum terlalu matang saat dipetik. Jika matang, maka biasanya akan menjadi lada putih. Karena belum matang, biasanya akan direbus agar dinding kulitnya pecah. Selanjutnya, ia akan dijemur selama beberapa hari di bawah sinar matahari hingga mengering dan terlihat keriput serta menggelap.

Di Indonesia sendiri, lada sudah dikenal sejak dulu kala bahkan saat masa kolonial. Saat itu Indonesia menjadi salah satu penghasil lada terbesar dan banyak diperebutkan oleh bangsa-bangsa Eropa. Bisa dibilang inilah salah satu komoditas unggulan tanah air.

Baca Juga :  Resep Sate Kambing Bumbu Kecap Spesial Makanan Idul Adha

Saat ini, salah satu daerah penghasil lada terkenal dan terbesar di tanah air adalah Sumatra tepatnya di Lampung. Dengan tanah yang subur dan iklim yang tropis membuat kualitas lada begitu bagus dan cocok dijadikan bahan makanan untuk dikonsumsi.

Jadi, sudah tahu kan asal usul lada hitam seperti apa?

Sejarah Sapi Lada Hitam

Keberadaan sapi lada hitam di Indonesia sudah ada sejak lama. Hidangan ini berasal dari Cina dan di Indonesia sendiri tergolong sebagai hidangan peranakan. Anda akan mudah menjumpainya di restoran Chinese Food kaki lima hingga bintang lima.

Bangsa Cina yang dari dulu sudah suka merantau dan berpetualang membawa resep masakan ini ke berbagai tempat tujuan mereka. Di sana, mereka membuat dan mengolah kembali hidangan ini sembari menyesuaikan dengan kearifan lokal setempat. Tak heran bila hidangan ini mudah dijumpai di banyak tempat di dunia, termasuk Indonesia.

Dari bahan-bahan yang digunakan seperti paprika, daging sapi yang juicy, saus, dan kecap, serta tentu saja lada hitam itu sendiri. Di situ tercermin perpaduan budaya yang kompleks dan membuat hidangan ini terasa luar biasa.

Ternyata seperti itulah asal usul sapi lada hitam. Tak menyangka ya hidangan ini memiliki asal usul yang luar biasa. Pantas saja jika banyak yang menyukainya di berbagai belahan dunia.

Baca Juga :  Resep Sop Buntut Kuah Segar

Jadi, kapan nih mau masak hidangan ini di rumah?

Ingin membaca artikel kami yang lainnya? Download aplikasi Sweetrip Indonesia dengan klik di sini

Artikel disadur dari sweetrip.id, bobo.grid.id, bango.co.id, dan masakapahariini.com