Inilah Asal Usul Seblak Bandung yang Wajib Kalian Ketahui

Siapa sih yang ga tahu Seblak Bandung? Makanan yang satu ini sudah menjamur di berbagai tempat. Citarasanya yang pedas dengan aroma dan bumbu yang kuat cocok banget di lidah orang Indonesia. Maklum saja, kebanyakan orang Indonesia suka dengan makanan pedas.

Kalau selama ini Sweet Couple cuma bisa makan dan bikin resepnya, maka sekarang kami ajak Anda untuk menyimak asal usul seblak bandung. Pastinya kita tak hanya membahas dari asal usul tempatnya, tetapi juga nama dan bahan-bahan yang digunakan.

Daripada berlama-lama, yuk langsung saja simak ulasan lengkap asal usul seblak bandung berikut ini!

Gunakan aplikasi Sweetrip Indonesia untuk membaca resep lebih mudah
Unduh

Artikel Terkait:

Asal Usul Nama Seblak Bandung

Apa sih seblak itu? Mungkin banyak yang mengira bahwa makanan ini merupakan kerupuk yang direbus dan diberi kuah pedas serta bumbu-bumbu rempah. Hal tersebut benar karena mayoritas menggunakan kerupuk di dalamnya. Tak ayal, banyak yang menganggap bahwa seblak adalah nama lain dari kerupuk rebus.

Namun, tahukah Sweet Couple bahwa seblak yang sebenarnya bukanlah kerupuk? Ya, seblak adalah bumbu. Di Jawa Barat, terutama wilayah Sunda, seblak merupakan nama bumbu yang terbuat dari kencur atau cikur. Jadi, bukan berarti kerupuk ya.

Baca Juga :  Resep Thai Tea ala Kedai Masa Kini

Asal Usul Bahan Seblak Bandung

Seperti yang sudah dibahas tadi, seblak merupakan jenis bumbu yang terbuat dari kencur. Hal ini membuatnya memiliki aroma kencur yang kuat terutama kuahnya.

Dalam pembuatannya, seblak menggunakan beragam bahan. Mulai dari bawang merah, bawang putih, dan kencur. Semuanya cukup dihancurkan dan dicampur menjadi satu. Selanjutnya tinggal ditumis dengan cabai dan air. Tentunya juga tak lupa menambahkan garam dan gula agar citarasa lebih mantap.

Hal yang tak kalah penting dalam seblak tentunya topping. Tanpa topping, hidangan ini bukan apa-apa dan hanya akan menjadi seonggok kuah dengan bumbu. Pada mulanya, topping seblak sederhana saja. Biasanya, di dalamnya terdapat kerupuk yang direbus hingga teksturnya lembek dan lembut. Namun, sekarang toppingnya sudah bervariasi seperti mie, ceker, tulang, bakso, kwetiau, aci, bahkan rendang. Hal ini berkat kreativitas dan inovasi pembuatnya yang tak henti bereksperimen.

Mau yang lebih praktis? Bisa coba seblak instan yang banyak dijual di supermarket maupun marketplace. Rasanya juga gak kalah sedap dengan yang versi biasanya kok.

Asal Usul Tempat Seblak Bandung

Jika merujuk pada namanya, maka sudah pasti semua beranggapan jajanan ini berasal dari Bandung. Hal tersebut tak sepenuhnya salah karena di Bandung dan Jawa Barat pada umumnya banyak yang menjual seblak. Maklum saja, wilayahnya yang didominasi dataran tinggi serta pegunungan dengan hawa dingin membuat banyak orang ngidam makanan serta minuman panas. Salah satunya ya si seblak ini.

Baca Juga :  Resep Kolak Srikaya Istimewa Khas Sidoarjo

Seblak sendiri baru mulai dikenal dan naik daun pada tahun 2000-an. Namun, kehadirannya sendiri rupanya sudah ada sejak era pra kemerdekaan. Ada makanan sejenis dari wilayah selatan Cianjur. Ada juga yang mengatakan bahwa seblak ini mirip dengan kerupuk godog alias kerupuk rebus dari Jawa Tengah. Kalau begini, yang mana nih yang benar?

Sebenarnya, asal usul tempat tidaklah terlalu krusial. Dalam dunia kuliner, ada banyak tempat di dunia yang memiliki hidangan dengan bentuk serupa. Wajar saja karena kuliner merupakan produk budaya sehingga ia dinamis dan fleksibel, bisa berubah-ubah sesuai selera masyarakat setempat. Pastinya semuanya semakin menambah khazanah kuliner itu sendiri.

Kesimpulan

Sekarang Sweet Couple sudah tahu kan mengenai asal usul Seblak Bandung? Kalau begini pasti jadi makin paham soal seblak ya. Gak bakal bingung lagi deh kalau ada orang yang bertanya tentang seblak.

Pastinya, apapun itu, Seblak Bandung merupakan salah satu hidangan wajib coba buat Sweet Couple yang tengah berkunjung ke Bandung. Kalaupun belum bisa berkunjung ke sana, maka Anda cukup bikin resep seblak saja di rumah. Praktis kan?

Ingin membaca artikel kami yang lainnya? Download aplikasi Sweetrip Indonesia dengan klik di sini

Baca Juga :  Resep Es Buah Timun Suri

Artikel disadur dari merdeka.com dan id.wikipedia.org.