Asal-Usul Tomyam, Sup Populer Khas Thailand

Selain dikenal sebagai destinasi wisata yang murah meriah dan unik, Thailand juga memiliki daya tarik pada wisata kulinernya. Tidak heran kalau saat ini Thailand menjadi salah satu destinasi liburan utama bagi warga mancanegara.

Makanan khas Thailand yang paling populer adalah tomyam. Hidangan ini berupa sup yang terdiri dari aneka seafood. Ciri khas makanan ini adalah perpaduan cita rasa yang agak pedas, asam, gurih, dan segar.

Jika menelusuri asal-usul tomyam lebih lanjut, makanan ini mengalami perkembangan yang menarik. Penasaran bagaimana asal-usul tomyam hingga terkenal sampai saat ini? Simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

JADI CONTENT CREATOR SWEETRIP DAN RASAKAN MANFAATNYA
GABUNG

Artikel Terkait:

Asal-Usul Tomyam

Dalam bahasa Thai, kata Tom berarti panas atau mendidih, sedangkan istilah Yum memiliki arti pedas dan asam. Asal-usul tomyam bermula di Thailand Tengah, tepatnya di dekat sungai Chao Phai Phraya.

1. Berawal dari Kawasan Sungai Chao Phai Phraya

Kawasan sungai Chao Phai Phraya merupakan daerah penghasil udang segar. Masyarakat setempat akhirnya mulai membuat olahan udang dicampur jenis seafood lainnya menjadi makanan berkuah yang segar.

Pada dasarnya sebagian besar wilayah Thailand merupakaan daerah pesisir sehingga masyarakatnya lebih sering mencoba kreasi olahan seafood. Resep tomyam yang pada awalnya hanya dikenal oleh penduduk sekitar Chao Phai Phraya akhirnya menyebar luas ke berbagai daerah.

Baca Juga :  6 Masakan Berkuah Segar yang Paling Mudah untuk Dibuat

2. Kepopuleran Tomyam saat Krisis Asia Tahun 1997

Tomyam mulai dikenal oleh masyarakat dari berbagai negara pada tahun 1997. Sebenarnya ada cerita menarik dan unik di balik kepopuleran asal-usul tomyam pada tahun 1997.

Pada waktu itu terjadi krisis di kawasan Asia. Krisis finansial ini dijuluki Tom Yum Goong Crisis karena krisis tersebut pertama kali berawal dari Thailand. Tomyam sebagai identitas Negeri Gajah Putih akhirnya dipilih sebagai julukan atau sebutan untuk krisis ekonomi tahun 1997.

3. Tomyam Menjadi Salah Satu Makanan Terpopuler di Dunia

Pada akhirnya masyarakat asing mulai mencari tahu makanan tomyam dan ternyata kebanyakan orang menyukai hidangan tersebut.

Awalnya resep tomyam menggunakan rempah-rempah khas Thailand. Namun, kini sudah banyak bumbu tomyam yang dijual sehingga lebih praktis. Oleh karena itu, banyak orang yang mencoba sendiri resep tomyam hingga menghasilkan sup Thailand ala rumahan.

Itulah asal-usul tomyam, mulai dari ide masyarakat penghasil udang hingga menciptakan sup seafood yang segar, gurih, pedas, dan asam.

Kalau Sweet Couple mau mencoba juga cara membuat tomyam, Sweet Couple bisa mengikuti artikel mengenai resep tomyam kuah segar. Selamat mencoba!

Ingin membaca artikel kami yang lainnya? Download aplikasi Sweetrip Indonesia dengan klik di sini

Baca Juga :  Resep Tomyam Kuah Segar untuk Buka Puasa

Artikel disadur dari anakrantau.id