6 Bumbu Seblak Bandung yang Tak Boleh Terlewatkan

Sweet Couple penggemar seblak? Selain bahan utamanya yang lezat, bumbu seblak Bandung memberikan kenikmatan tersendiri bagi para pencinta seblak, khususnya orang-orang yang menyukai makanan pedas.

Seiring dengan perkembangan waktu, penyajian seblak semakin bervariasi. Pada awalnya seblak lebih dikenal sebagai olahan kerupuk bersama sayur sawi, bakso, dan lain sebagainya. Kini Anda dapat menyantap seblak dalam berbagai jenis bahan, seperti seblak ceker, seblak mie, seblak kwetiau, dan lain sebagainya.

Bumbu Seblak Bandung

Meskipun seblak memiliki berbagai jenis bahan, bumbu seblak Bandung tetaplah sama. Mau tahu apa saja bumbu dapur apa saja yang wajib digunakan ketika membuat seblak agar rasanya semakin sedap? Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

1. Cabai

Cabai merupakan bumbu seblak Bandung utama yang wajib digunakan. Cabai yang biasa dipakai dalam resep seblak Bandung adalah cabai cabai merah, cabai keriting merah, dan cabai rawit merah.

Semua jenis cabai nantinya dihaluskan bersama bumbu lainnya sampai tercampur rata. Tingkat kepedasan seblak memang tergantung pada porsi cabai yang kita gunakan. Oleh karena itu, jumlah takaran cabai ketika membuat seblak harus sesuai dengan selera masing-masing.

Baca Juga :  Resep Seblak Setan Indomie Pedas ala Masterchef Jerry Andrean

2. Tomat

Bumbu seblak Bandung yang berikutnya adalah tomat. Kandungan tomat yang berair dibutuhkan dalam membuat seblak. Tomat juga menjadi bahan penyegar untuk masakan, termasuk seblak.

3. Bawang Merah

Seblak Bandung yang Anda buat tidak akan lezat tanpa menggunakan bawang merah. Bumbu yang satu ini sangat dibutuhkan supaya menghasilkan seblak yang gurih. Idealnya, Anda bisa menggunakan perbandingan penggunaan bawang merah dan bawang putih, yaitu 2:1. Namun, Anda bisa menyesuaikannya dengan selera masing-masing.

4. Bawang Putih

Hampir semua masakan tidak luput dari penggunaan bawang putih sebagai bumbu halusnya. Tidak terkecuali dengan resep seblak Bandung yang membutuhkan bawang putih.

Selain menghasilkan rasa sedap pada makanan, bawang putih juga memberikan aroma harum dan tekstur yang lebih gurih di makanan. Namun, Sweet Couple harus mengolah bawang putih dengan benar.

Usahakan untuk menumis bawang putih bersama bumbu lainnya sampai harum. Bawang putih yang harum menandakan bahwa bumbu sudah matang sehingga menghindari rasa yang terkesan mentah.

5. Kencur

Salah satu keunikan seblak yang membedakannya dengan masakan lain adalah bumbu kencur. Kalau biasanya kencur disajikan sebagai campuran pada jamu, Anda akan mencoba rasa yang berbeda dari kencur sebagai komponen bumbu seblak.

Baca Juga :  7 Rekomendasi Tempat Makan Seblak Bandung yang Paling Enak

Kencur tidak hanya sebagai penambah aroma yang khas dan unik pada seblak. Kencur justru digunakan supaya seblak tidak terkesan hambar. Namun, kencur yang terlalu banyak digunakan pada seblak bisa menimbulkan rasa pahit.

6. Garam dan Gula Pasir

Makanan tanpa garam? Rasanya pasti akan hambar. Begitu juga dengan seblak yang membutuhkan garam sebagai penyedap. Selain garam, seblak juga membutuhkan bumbu penyeimbang lainnya, yaitu gula. Sweet Couple bisa menggunakan gula dengan takaran sesuai selera.

Itulah 6 bumbu seblak Bandung yang wajib digunakan supaya rasa seblak lebih nikmat, gurih, dan pedas sesuai selera masing-masing. Kalau ingin mencoba resep lengkapnya, Sweet Couple bisa mengikuti langkah-langkah memasak pada artikel resep seblak Bandung. Selamat mencoba!

Ingin membaca artikel kami yang lainnya? Download aplikasi Sweetrip Indonesia dengan klik di sini