5 Camilan dari Kentang yang Paling Enak dan Praktis

Kentang merupakan bahan makanan yang praktis dan mudah untuk dibuat menjadi aneka variasi hidangan. Selain makanan berat, kita bisa menyajikan camilan dari kentang yang gurih dan enak.

Selama ini masyarakat Indonesia memang lebih familiar dengan olahan kentang untuk lauk-pauk, seperti perkedel kentang, sambal goreng kentang, dan semur kentang.

Kalau camilan dari kentang, kebanyakan orang di Indonesia lebih mengenal french fries. Padahal, camilan dari kentang sangat bervariasi dan memiliki keunikan cita rasa masing-masing.

Gunakan aplikasi Sweetrip Indonesia untuk membaca resep lebih mudah
Unduh

Berikut ini terdapat beberapa camilan dari kentang yang bisa Sweet Couple coba di rumah.

1. Potato Wedjes

Gambar diambil dari pexels.com/georgianamirela/

Camilan dari kentang ini menggunakan taburan oregano sebagai ciri khas kelezatan rasa yang bikin banyak orang ketagihan. Kalau Sweet Couple sering makan di cafe atau restoran Western, maka sudah tidak asing lagi dengan potato wedges.

Selain mencoba makanan ala cafe mewah ini, Sweet Couple juga bisa membuatnya sendiri di rumah. Pertama, potong-potong kentang memanjang dengan ketebalan yang sama dan sesuai selera.

Campurkan olive oil, 1 sendok teh oregano bubuk, 5 siung bawang putih yang sudah diparut, 1 sendok teh lada hitam, dan 2 sendok teh garam pada satu wadah. Kemudian masukkan kentang dan aduk rata dengan bumbu. Diamkan selama 30 menit.

Baca Juga :  Resep Stik Kentang Keju yang Paling Gurih

Panggang kentang dengan alumunium foil di dalam oven selama 30 menit. Selanjutnya buka alumunium foil dan panggang lagi kentang selama 10 menit sampai matang.

2. Stik Kentang

Sweet Couple pastinya sudah tidak asing lagi dengan jajanan atau camilan dari kentang yang satu ini. Stik kentang merupan camilan kentang yang gurih dengan rasa asin yang nikmat.

Camilan dari kentang ini menggunakan bahan yang sangat praktis dan ekonomis. Sweet Couple hanya perlu mencampurkan kentang dengan tepung terigu, telur, dan bumbu penyedap.

3. Kroket Kentang

Selain dijadikan adonan untuk perkedel kentang, kentang yang haluskan bisa juga diolah menjadi camilan lezat bernama kroket kentang. Bentuk kroket kentang tidak berbeda jauh dengan combro atau onde-onde.

Cara membuat kroket kentang cukup sederhana. Pertama, haluskan 3 buah kentang yang sudah digoreng dan campurkan dengan 1 kuning telur, 25 gram mentega, merica bubuk, pala bubuk, dan garam secukupnya. Aduk rata semua bahan hingga menjadi adonan yang kalis.

Selanjutnya Sweet Couple harus membuat bahan pencelup, yaitu 1 butir telur kocok dan 300 gram tepung panir di wadah yang berbeda.

Ambil adonan dan buatlah menjadi lonjong. Celup adonan ke telur kocok, lalu gulingkan ke tepung panir. Goreng kroket kentang sampai matang.

Baca Juga :  Makanan Sumber Karbohidrat Selain Nasi Putih yang Menyehatkan

4. Donat Kentang

Gambar diambil dari instagram.com/lawthomaz/

Camilan dari kentang yang berikutnya adalah donat kentang. Salah satu tantangan dalam membuat donat kentang, yaitu mengatur agar adonan bisa mengembang dan tidak hancur.

Resep donat kentang sebenarnya sangat sederhana. Pertama, masukkan 2 kuning telur, 2 sendok makan ragi, dan 3 sendok makan gula pasir ke dalam wadah. Tambahkan 150 gram kentang kukus yang sudah dihaluskan dan uleni adonan.

Campurkan 250 ml air dingin dan 350 gram terigu secara bergantian ke adonan. Setelah itu, wadah yang berisi adonan ditutupi dengan serbet dan diamkan 1 jam sampai mengembang.

Setelah mengembang, kempiskan lagi adonan dan bagi menjadi 30 adonan. Adonan yang sudah dibagi-bagi kemudian dilubangi dan dibentuk menjadi donat. Diamkan adonan donat selama 20 menit, lalu goreng donat sampai matang.

5. Parmesan Potato Chips

Gambar diambil dari pexels.com/icon0.com/

Kalau Sweet Couple mau mencoba camilan dari kentang yang paling gurih, maka parmesan potato chips adalah pilihan yang paling tepat. Kentang ini diolah tipis-tipis dan digoreng sampai garing.

Parmesan potato chips sangat cocok untuk disantap sebagai camilan sore hari atau camilan yang menemani Sweet Couple saat sedang menonton film.

Itulah 5 rekomendasi camilan dari kentang yang paling praktis dan enak. Kelima camilan tersebut cukup mudah untuk dibuat sendiri. Selamat mencoba.

Artikel disadur dari bp-guide.id